Komunikasi Lebih Lancar & PASTI sampai via email ke anjingdijual@gmail.com | Fitur Baru! Sundul Iklan via E-mail, Praktis & GRATIS!
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
22 Jul 2012 15:22:39
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Pertolongan Pertama (P3K) Bagi Anjing saat terluka

foto
Anjing merupakan hewan yang penuh rasa penasaran. Mereka akan mencoba dan menyelidiki apa saja dan segala sesuatu yang melintasi jalan mereka. Hal ini sangat umum bagi mereka apabila mengalami kecelakaan kecil ataupun luka goresan kecil. mereka bisa saja lari diatas benda tajam, menginjak kaca, atau terjebak pada kabel berduri.

Saat kecelakaan kecil itu terjadi, sebuah pertolongan sederhana sangat diperlukan untuk mencegah agar luka kecil tersebut tidak semakin parah dan berhenti berdarah.

Dibawah ini adalah langkah-langkah untuk mengatasi pendarahan anjing anda:
Untuk menghentikan pendarahan, anda perlu menekan kuat tepat di daerah luka. Hal ini bisa dilakukan dengan handuk atau sepotong kain bersih. Tekan dengan ibu jari atau telapak tangan anda. Pendarahannya kemudian akan mulai melambat setelah beberapa menit. Namun, dalam kasus pendarahan yang lebih serius, Anda mungkin perlu untuk menerapkan tekanan langsung ke arteri. Anjing memiliki 3 daerah titik tekanan yang dapat Anda tekan untuk menghentikan pendarahan serius yang terjadi di bagian tubuh lainnya.
* Menekan bagian atas kaki belakangnya bisa membantu mengendalikan pendarahan kaki belakang bagian bawah.
* Menekan bagian atas kaki depannya akan membantu memperlambat pendarahan - kaki depan bagian bawah.
* Menekan bagian bawah ekornya akan membantu mengontrol pendarahan ekor.

Setelah pendarahan sudah dapat diatasi, pangkaslah bulu di sekitar daerah luka dengan menggunakan cukur listrik atau gunting. Ini akan membuat luka bersih dan membantu mempercepat proses penyembuhan.

Anjing yang sedang terluka akan lebih merasa bingung dan takut. Jika anda merasa ada kemungkinan anjing anda akan mengamuk dan menggigit ketika anda sedang menyembuhkan lukanya, maka cara yang terbaik adalah menggunakan Muzzle (Penutup moncong).
foto

Jika anda memiliki anjing kecil, maka anda bisa membungkusnya dengan handuk, selimut atau sarung bantal sebelum anda mulai memberikannya pertolongan pertama. pastikan anda tidak membungkusnya dengan ketat dalam waktu lama karena anjing anda bisa mengalami kesulitan bernapas.

Selain itu, biasa anjing juga sering menjilati lukanya, maka gunakanlah Cone untuk anjing, contohnya seperti di gambar.
foto

Jika anda mengalami kesulitan dalam menghentikan darahnya, maka anda mungkin perlu mengikatkan perban secara longgar disekitar luka untuk membantu memperlambat aliran darahnya. Jika perban cepat terserap basah, maka lebih baik dibiarkan jangan menyingkirkan kain tersebut. bagaimanapun anda mungkin perlu membawa anjing anda ke dokter hewan apabila darahnya tidak juga berhenti.

foto

Peringatan: hindari menggunakan tourniquet (alat medis berbentuk pembalut yang dipergunakan untuk menghentikan pendarahan dengan cara menekan pada pembuluh darah hingga aliran darah terhenti untuk sementara). Banyak otot yang hilang karena suplai darah terhenti dalam waktu lama.

Sumber: prsnal.blogspot.com

Last Edited : 15 Jan 2013 10:54:54
17 Aug 2014 23:40:04
#2
Avatar Holly.Spirit
Holly.Spirit
Total Post : 48
Help!! Anjing saya berantem dan lidahnya tergigit hingga berdarah2. Sekarang darahnya tidak mau berhenti dan sangat banyak. Pertolongan pertama sudah saya berikan minum air es (air+es) tapi tetap tidak mau berhenti. Saya gak ada uang untuk bawa ke dokter plus orangtua saya sedang keluar kota. Apa yang harus saya lakukan? Tolong saya cwy

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.