Komunikasi Lebih Lancar & PASTI sampai via email ke anjingdijual@gmail.com | Fitur Baru! Sundul Iklan via E-mail, Praktis & GRATIS!
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
07 Jul 2012 10:00:46
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Panduan masalah kesehatan anjing, obesitas, alergi dan lain-lain

Menyangkut masalah kesehatan, anjing sebenarnya tidak jauh berbeda dengan manusia. Mereka juga bisa mengalami obesitas, kanker, artritis, perasaan gelisah dan sebagainya. Sangatlah penting untuk mengetahui tanda-tanda gejala awal yang diperlihatkan anjing Anda sebagai petunjuk bahwa ada masalah kesehatan yang sedang dihadapinya.

foto

Ketika anjing sedang merasa tidak sehat, mereka akan mulai menunjukkan tanda-tanda dan hal yang paling mudah dikenali oleh pemiliknya adalah perubahan perilaku anjing. Jika mereka tampak bingung dan sedikit hilang keseimbangan, hal ini bisa jadi sebuah tanda adanya infeksi telinga. Periksa telinga anjing Anda secara teratur dan menjaganya tetap bersih selama perawatan rutin dapat membantu pencegahan infeksi telinga.

Tanda-tanda anjing memiliki masalah kesehatan biasanya akan terlihat pada urin dan fesesnya. Bau yang kuat dari urinnya mungkin adalah indikasi adanya infeksi kandung kemih dan jika seringkali mengeluarkan urin secara berlebihan dibandingkan biasanya maka bisa jadi ini adalah indikasi penyakit Cushing ( gangguan hormon yang disebabkan tingkat cortisol pada darah sangat tinggi).

foto

Masalah kesehatan anjing yang lebih serius adalah obesitas. Obesitas pada anjing dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan seperti penyakit jantung, diabetes dan masalah lain yang berkaitan. Jaga berat badan anjing Anda agar tetap seimbang dengan membaca label pada kantong dog food. Kebanyakan dog food yang harganya murah mengandung bahan tambahan dan gula. Dan juga, dog food yang murah kebanyakan tidak mengandung kalori yang dibutuhkan oleh anjing berusia muda yang aktif untuk membangun sistem kekebalan tubuhnya. Anjing-anjing yang lebih tua dan tidak aktif akan bertambah berat badannya lebih cepat dan mengalami semua masalah kesehatan yang ditimbulkan oleh obesitas.

Beberapa merek dog food dirancang khusus dengan bahan makanan yang disesuaikan dengan usia anjing. Diet adalah cara pencegahan yang tepat untuk masalah kesehatan anjing. Dog food yang berkualitas baik dengan bahan-bahan yang sehat akan mengandung protein untuk pertumbuhan dan kebutuhan untuk anjing aktif sekaligus memberikan sistem kekebalan tubuh yang baik. Dengan memberikan dog food yang tepat sesuai umur dan aktivitasnya, maka Anda bisa berhemat untuk pergi ke dokter hewan yang menghabiskan biaya.

foto

Alergi adalah masalah kesehatan anjing lainnya yang dapat mempengaruhi beberapa anjing. Anjing akan memperlihatkan gejala yang sama seperti manusia saat menderita alergi. Mata berair, bersin, dan hidung berair adalah yang umumnya terjadi. Periksa alat pembersih rumah Anda dan lihat apakah alat ini baik untuk anjing Anda.

Secara umum, saat anjing Anda berusia 10 sampai 12 tahun bisa mengalami masalah kesehatan seperti katarak, gangguan pendengaran, kanker dan nyeri sendi yang berhubungan dengan arthritis. Tanda -tanda yang bisa dilihat adalah lambat berjalan terutama saat naik tangga dan tidak bisa mendengar saat Anda memanggilnya atau menabrak furniture saat mereka berjalan di dalam rumah.

Jika gejala-gejala yang disebutkan di atas terjadi pada anjing Anda segera konsultasikan dengan dokter hewan. Sebagai pemilik, kita harus memperhatikan perilaku anjing, diet dan kebutuhannya sehari-hari, hal ini merupakan pencegahan terbaik untuk menjauhkan anjing Anda dari masalah kesehatan. Sebisa mungkin 2 kali dalam setahun datang ke dokter hewan secara teratur.

foto

Last Edited : 07 Jul 2012 10:03:51
16 Jan 2014 09:31:05
#2
Avatar andreas.ekaatmaja
andreas.ekaatmaja
Total Post : 2
Syallom mohon maaf saya mau nanya saya punya anjing Golden usia 1 Th sekarang anjing saya ada masalah di perut mengembung dan tidak bisa mengecil ini di karenakan faktor apa ya saya masih awam masalah anjing Golden Trimakasih bisa bantu solosi buat saya Trim GBU.

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.