Komunikasi Lebih Lancar & PASTI sampai via email ke anjingdijual@gmail.com | Fitur Baru! Sundul Iklan via E-mail, Praktis & GRATIS!
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
06 Nov 2012 11:40:18
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Kenali Jenis-Jenis Bulu Anjing

Bulu anjing terdiri dari berbagai jenis mulai dari lurus, keriting, panjang, pendek, halus dan kasar. bahkan ada beberapa jenis anjing yang memiliki rambut gimbal dan ada yang sedikit atau sama sekali tidak memiliki bulu di bagian tertentu.

Anjing pada dasarnya memiliki dua jenis bulu :
1. Double Coat
foto
Kebanyakan anjing memiliki top coat yang terdiri dari bulu kaku yang anti air. Top Coat berfungsi untuk melindungi kulit dan bulu lapisan bawah (undercoat) yang bulunya lebih halus dan lembut dan lebih pendek daripada top coat. Bulu lapisan bawah (undercoat) berfungsi sebagai penahan untuk menjaga agar anjing tetap hangat saat cuaca dingin. Anjing jenis ini paling banyak merontokkan bulu (bulu lapisan bawah) dua kali dalam setahun.

2. Single Coat

foto
Jenis ini hanya memiliki top coat, yang umumnya lebih sedikit rontok dibandingkan jenis double coat.

Anda bisa mengetahui jenis bulu anjing anda dengan memisahkan bulunya untuk melihat apakah ia memiliki bulu yang panjang, kaku disertai dengan dengan bulu yang lembut dan halus yang berarti adalah jenis double coat atau memiliki jenis bulu yang sama diseluruh bagian bulunya yang berarti adalah jenis single coat.

Selain itu, ada juga beberapa jenis bulu yang dimiliki anjing, yaitu :
Berbulu Halus (Smooth Coat)
foto
Anjing berbulu halus memiliki bulu yang sangat pendek yang dekat dengan kulit seperti Dalmatian dan Bulldog. Jenis ini bisa berupa double coat atau single coat. jenis anjing berbulu halus cenderung tidak merepotkan saat digrooming meskipun mereka tergolong jenis yang rontok/shedding.

Berbulu kasar (Wiry Coat)
foto
Anjing berbulu kasar seringkali memiliki lapisan luar yang kasar dan lapisan bawah yang lembut di dalamnya (double coat), tapi ada juga yang single coat. Bulu tipe ini memiliki bulu yang bergelombang/ikal namun saat anda membelainya bulunya terasa sedikit kasar. Contohnya adalah jenis anjing Terrier.

Berbulu Keriting (Curly Coat)
foto

Anjing berbulu keriting sangat sedikit, namun anda bisa mengenali mereka. Mereka adalah Poodle, Portuguese Water Dog dan Iris Water Spaniel. Anjing ini memiliki bulu keriting yang memerlukan perawatan ekstra termasuk memangkas bulu dan menyisir.

Berbulu Gimbal (Corded Coat)
foto

Bulu tipe ini bentuk bulunya bergulung dan gimbal. Jenis ini membutuhkan perawatan untuk mencegahnya dari kusut. Anjing jenis ini adalah Puli dan Komondor.

Sumber:
dummies.com

Last Edited : 06 Nov 2012 11:48:45
19 Jan 2013 12:33:47
#2
Avatar rienu
rienu
Total Post : 16
yang paling bawah lucu....smile
02 May 2013 21:21:56
#3
Avatar BUZZ
BUZZ
Total Post : 88
yang paling bawah anjingnya Bob Marley.... smile
14 Apr 2014 11:51:08
#4
Avatar adi_swr
adi_swr
Total Post : 7
Leluhurnya bob marley bgt tuh yg bawah
24 Dec 2014 07:27:36
#5
Avatar 016249
016249
Total Post : 17
Yg Bawah enakya dibawa klo mau Ngepel Rumah ajah tuh gak usah di Peres heheh

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.