INFO Komunikasi Lebih Lancar & Pasti Sampai via Email ke AnjingDijual@gmail.com (Prioritas, dibalas lebih cepat!)
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
26 Aug 2015 18:01:51
#1
Avatar 018489
018489
Total Post : 1

Cara Melatih Perilaku Anjing

Halo dog lovers!
Saya baru pertama kali memiliki anjing jadi belum banyak pengalaman.

Anjing saya betina usia 8 bulan. Mix breed Shih Tzu dan anjing berbadan besar (tidak tahu apa).

Berikut fotonya:

foto
Kira-kira mix breed apa ya?

Dipelihara sejak usia 2 bulan dan ditaruh di dalam rumah. Waktu umur 2-6 bulan, anjingnya pemalu. Suka sembunyi, Tidak banyak lari ke sana kemari. Kalau diajak jalan keluar anteng.

Tapi sejak umur 7 bulanan perilakunya jadi liar. Di dalam rumah suka lari ke sana kemari, gigit ini itu, bandel sekali. Akhirnya sampai sekarang dirantai terus di teras rumah, sudah 2 bulan tidak pernah dilepas. Hanya diajak jalan saja setiap hari.

Yang menjadi pertanyaan adalah:

1. Dia suka menggigit tangan dan kaki. Memang tidak sakit atau gigit main-main, tapi annoying sekali. Ketika mau elus kepala atau punggung malah mengincar tangan. Saya sudah coba teknik "ouch then ignore" atau kasih mainan gigit. Tapi belum ngefek juga. Apakah ada solusi lain?

2. Kalau diajak jalan, dia maunya narik terus. Kalau saya berhenti, dia masih narik dan muter-muter. Bahkan tidak mau melihat ke saya. Tapi kalau sudah diajak jalan lama, dia bakal capek juga sih dan nariknya gak kurang. Tapi awalnya itu yang annoying sekali. Tidak bisa anteng kalau diajak jalan. Kalau dilepas rantainya, pasti lari ke sana kemari, ke tetangga lah, ke mana lah, dipanggil juga ga noleh meskipun pada akhirnya nanti juga balik ke rumah. Jadi bagaimana ya solusinya?

3. Ketika di ajak jalan juga suka mengendus gitu. Kadang-kadang kalau dia mengendus sesuatu atau pup anjing lain, dia jadi takut gitu, dilihat dari ekornya yg turun dan masuk ke dalem. Apa itu perilaku yang harus dikoreksi ya? Bagaimana caranya supaya dia tidak takut lagi?

4. Saya berencana untuk kembali menjadikan dia anjing indoor tapi saya takut kalau dia tetap liar, lari ke sana kemari dan merusak barang-barang dan dinding. Saya maunya dia anteng di rumah. Adakah step-step yang bisa dilakukan?

5. Dia agak sulit makan. Kalau dikasih dog food tidak langusng dimakan. Tapi kalau ditinggal semalaman pasti habis besok paginya. Apa dia mungkin tidak suka sama makanannya atau bagaimana ya?

Barangkali itu saja dulu yang mau saya tanyakan. Mohon bantuannya karena saya pemula. Terima kasih.

Last Edited : 26 Aug 2015 18:18:57

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.