Komunikasi Lebih Lancar & PASTI sampai via email ke anjingdijual@gmail.com | Fitur Baru! Sundul Iklan via E-mail, Praktis & GRATIS!
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
18 Jul 2012 10:58:08
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Anjing Anda hamil di Luar Nikah? Kenali Tanda-Tanda Kehamilannya.

Saat pemilik merencanakan kehamilan anjingnya (dengan mengawinkannya) mungkin akan lebih mudah untuk memperhitungkan dan mempersiapkan kehamilan tersebut, namun bagaimana jika kehamilan anjing tersebut diluar sepengetahuan pemiliknya?

Mungkin sulit untuk mengetahui apakah anjing anda sedang hamil pada beberapa minggu pertama, namun ada beberapa perubahan yang bisa dilihat. Amati anjing anda secara dekat untuk melihat apakah dia memperlihatkan satu atau beberapa tanda yang ada dibawah ini:
  • Nafsu Makan Berkurang
    foto
    Berkurangnya nafsu makan biasanya adalah salah satu tanda awal bahwa anjing anda sedang hamil. Tidak semua anjing betina yang sedang hamil akan mengalami “Morning Sickness” seperti manusia, namun sebagian kecil anjing akan makan lebih sedikit selama beberapa minggu pertama kehamilan dan biasanya akan bertambah pada usia kehamilan berikutnya.
    Jika anjing anda kehilangan selera makan selama minggu-minggu awal kehamilan, jangan mencoba untuk memaksanya makan. Anda bisa membujuknya dengan memberikan sedikit daging sapi rebus dan nasi yang dicampurkan dengan makanannya, tetapi cobalah untuk tidak terlalu khawatir jika anjing anda tetap menolak untuk makan. Kebanyakan anjing tidak akan melewatkan lebih dari satu atau dua hari tanpa makan, setidaknya mereka akan makan sedikit. Jika anjing anda menolak makan selama 3 hari berturut-turut, maka saatnya memanggil dokter hewan untuk meminta sarannya.

  • Nafsu Makan Bertambah
    foto
    Beberapa anjing akan mengalami peningkatan nafsu makan tidak berapa lama setelah dia hamil. Jika hal ini terjadi, anjing mungkin akan melahap habis makanannya dengan cepat dan tetap menunggu di mangkuknya seakan dia meminta lebih banyak.Tidak apa-apa untuk membiarkannya makan lebih banyak, namun berhati-hati untuk tidak membebani perutnya. Daripada memberikan sekali makan sekaligus, paling baik adalah setiap hari memberikan dua atau tiga kali makan dalam sehari. Hal ini akan membantunya untuk memuaskan dan memenuhi ekstra nutrisi yang diperlukan perkembangan bayinya.

  • Aktivitas Menurun
    foto
    Jika anjing anda biasanya energik lalu tiba-tiba aktivitasnya menurun, hal ini bisa menjadi indikasi lainnya bahwa anjing sedang mengandung. Sama seperti manusia, si anjing mungkin juga mengalami perasaan kelelahan akibat dari perubahan hormon untuk mendukung perkembangan embrio.

  • Pertumbuhan Puting
    foto
    Perkembangan puting adalah indikasi yang sangat baik bahwa tubuh anjing anda mengalami perubahan kehamilan. Puting pada anjing betina yang tidak hamil biasanya kecil dan daerah disekitarnya terasa datar. Begitu proses kehamilan, payudara akan berkembang di sekitar puting dan akan terus sedikit berkembang untuk persiapan produksi susu. Anda bisa melihat pertumbuhan puting dan bisa merasakan perkembangan payudara sekitar 2 minggu setelah kelahiran.

  • Perubahan Warna Puting
    foto
    Selain perkembangan puting, warna puting juga akan berubah sedikit terutama puting ke 4 – 6 yang berada paling dekat dengan kaki belakang anjing. Puting biasanya berwarna pink muda sedikit abu-abu. Saat kehamilan, warna puting berubah menjadi semakin pink dan akan terlihat sedikit memerah berkaitan dengan peningkatan aliran darah ke daerah tersebut.

  • Perubahan Perilaku
    foto
    Hampir semua anjing yang hamil akan menampilkan beberapa perubahan perilaku. Beberapa anjing akan menjadi sedikit penyayang, dan beberapa bahkan mungkin akan menjadi sangat lengket dengan pemiliknya karena mereka merasa tidak yakin tentang semua perubahan yang mereka rasakan. Anjing lainnya mungkin menjadi sedikit pemarah dan memilih untuk menyendiri.

Apa yang harus dilakukan?
Jika anda berencana untuk mengawinkan anjing anda, maka anda mungkin hanya harus meyakinkan bahwa proses perkawinan tersebut berjalan sukses. Jika anda tidak mengetahui perkawinan tersebut dan hanya menduga bahwa anjing anda mungkin hamil, maka anda harus memeriksanya ke dokter hewan.

Jika anjing anda hamil, maka dia yang akan menangani sebagian besar kehamilannya sendiri. Tugas utama anda adalah:
  1. Bawa anjing anda ke dokter hewan untuk memeriksakan kandungannya dan memastikan tidak ada gangguan pada kehamilannya.
  2. Memberikan nutrisi sebaik mungkin yang bisa anda berikan.
  3. Pastikan dia mendapat latihan yang ringan atau tidak berlebihan. tidak ada kegiatan yang terlalu berat atau melelahkan. Anda hanya membantu agar stamina anjing anda tetap terjaga dan tidak menjadi overweight.
  4. Pastikan anjing anda mendapat tempat yang nyaman untuk beristirahat, terutama ketika perutnya sudah semakin membesar.
  5. Cobalah untuk meminimalkan gangguan di rumah yang mungkin ada.
  6. Siapkan tempat yang akan dia gunakan ketika akan melahirkan bayinya.





Last Edited : 18 Jul 2012 11:54:43
10 Apr 2013 08:42:37
#2
Avatar darmabrutal
darmabrutal
Total Post : 1
Good
24 Aug 2013 14:23:16
#3
Avatar 011197
011197
Total Post : 5
Tks infonya
03 Oct 2013 16:02:22
#4
Avatar nick_keny
nick_keny
Total Post : 1
apakah buntutnya akan terus turun saat sedang hamil? tks infonya.

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.