Komunikasi Lebih Lancar & PASTI sampai via email ke anjingdijual@gmail.com | Fitur Baru! Sundul Iklan via E-mail, Praktis & GRATIS!
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
13 Mar 2015 10:20:39
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Anjing Paling Setia di Dunia, Hachiko Akhirnya Bisa Bertemu Kembali Tuannya

foto
photo by Asahi shinbun

TOKYO - Setelah terpisah selama 90 tahun, akhirnya kisah anjing Jepang yang setia, Hachiko, kembali dipertemukan dengan tuannya yaitu Profesor Hidesaburo Ueno, dosen teknik pertanian di Universitas Imperial Tokyo (kini Universitas Tokyo atau Todai).

Pertemuan itu ditandai dengan peresmian patung Hachiko bertemu Ueno, di halaman Todai Minggu (8/3/2015).

Ini adalah kisah nyata masa lalu di Tokyo. Profesor Ueno memiliki seorang anjing sangat setia. Namun, saat mengajar Profesor Ueno mendadak terkena serangan jantung dan meninggal pada 1925 atau 90 tahun lalu.

Karena meninggal, Ueno tentu saja tidak pulang lewat stasiun kereta api Shibuya Tokyo. Padahal, Hachiko selalu setia menunggu.

Selama 10 tahun setelah Ueno meninggal, Hachiko dengan setia setiap hari nongkrong di depan Stasiun Shibuya menantikan Ueno pulang. Sampai akhir hayatnya pada 1935, Hachiko akhirnya meninggal dunia.

Kesetiaannya itulah yang menjadi alasan patung Hachiko dibuat di depan stasiun kereta api Shibuya. Hachiko diperlihatkan duduk menghadap pintu ke luar stasiun kereta api Shibuya yang juga ada Pos Polisi (Koban) di sana.

Kisah sedih dan sekaligus kesetiaan Hachiko bahkan dibuatkan film oleh Jepang dan beberapa tahun lalu dibuatkan pula versi Amerika dalam bahasa Inggris yang dibintangi aktor Richard Gere.

Untuk menutup kesedihan tersebut, sekaligus memperingati 90 tahun Profesor Ueno yang meninggal pada 1925, kemarin (8/3/2015) diresmikanlah patung bersama, Hachiko dengan bahagia menyambut pulang tuannya.

foto
photo by university of tokyo

Patung ini dibuat atas pengumpulan dana bersama, antara pribadi warga Jepang dan beberapa sponsor perusahaan Jepang dengan nilai sekitar 10 juta yen. Patung perunggu tinggi sekitar 1,9 m, dan dengan berat sekitar 280 kg.

foto
photo by university of tokyo

"Banyak anak muda Jepang yang masih belum tahu kisah Hachiko ini, padahal dia sangat populer di dunia. Ini perlu dilestarikan agar lebih banyak orang lagi yang mengetahui hal kesetiaan ini," tutur Ichinose Masaki, pencetus ide patung tersebut.




Sumber:
http://internasional.kompas.com/read/2015/03/12/06244631/Setelah.90.Tahun.Akhirnya.Hachiko.Bertemu.Tuannya

Last Edited : 13 Mar 2015 10:28:30

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.