Gangguan SMS masuk/terima. Komunikasi lbh lancar krm email ke anjingdijual@gmail.com
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
26 Feb 2015 15:02:22
#1
Avatar Esu.Peta
Esu.Peta
Total Post : 40

Berapa Biaya Operasi Sesar Untuk Anjing (Caesarean Section / C-Section) Dan Biaya Tak Terduga??

Saya sering menemukan pertanyaan mengenai berapa sih biaya persalinan secara sesar untuk anjing, saya hanya bisa menjawab untuk biaya operasi sesar biasanya berbeda-beda, tergantung pada berat anjing, jumlah anak, Rumah sakit, rawat inap serta obat-obatannya.

Disini saya akan memberikan gambaran biaya operasi sesar dengan contoh anjing Pitbull saya yang baru saja melahirkan pada awal Februari 2015. Biasanya anjing-anjing saya selalu saya bawa untuk checkup ke dokter langganan saya di klinik hewan yang berada di Kemang secara rutin. Namun dari November sampai Januari saya sedang tidak berada di Indonesia sehingga saya tidak bisa mengawasi secara langsung sehingga saya tidak mengetahui anjing saya hamil dan lost count sudah berapa hari dan tinggal berapa hari lagi anjing saya akan melahirkan. Januari akhir saya kembali dan dilihat dari bentuk besar perut anjing saya, saya menerka tidak akan lama lagi anjing saya akan melahirkan dan betul dalam beberapa hari anjing saya mulai menunjukan bahwa dia dalam proses bersalin. melihat kondisi anjing saya yang sepertinya tidak bisa bersalin secara normal saya menghubungi klinik langganan saya. Dokter disana menyarankan saya untuk segera membawa anjing saya ke Rumah Sakit Hewanan di Ragunan untuk segera dilakukan operasi sesar dengan alasan klinik tersebut tidak bisa melakukan operasi sesar.

Rumah Sakit Hewan ragunan buka selama 24 jam dari Senin hingga Minggu. Saya datang sekitar jam 5 sore dan langsung ditangani secara tanggap oleh dokter dan perawat-perawatnya. entah mungkin saat itu anjing saya dinyatakan butuh penanganan yang emergency makanya langsung di tanganin langsung tidak harus menunggu berlama-lama atau memang kondisi Rumah Sakit sedang sepi tapi apapun alasannya saya menarasa lega sekali anjing saya langsung mendapat perawatan oleh dokter. Setelah di periksa ternyata anak anjing saya ada yang tersangkut dan harus segera dilakukan operasi sesar. Selang menunggu anjing saya operasi, dokter keluar dari ruang operasi dan memberi tau bahwa rahim anjing saya sudah robek-robek karena menampung terlalu banyak anak dan harus disteril. demi keselamatan anjing saya, saya menyetujui anjing saya di steril. anjing saya melahirkan 10 ekor lebih ada yang selamat dan ada yang tidak selamat. dokter menyarankan agar anjing saya dan anak-anaknya dirawat di Rumah Sakit selama beberapa hari sampai kondisinya benar-benar baik. anjing saya menginap RS selama 3 hari.

Biaya persalinan secara sesar, rawat inap dan obat-obatan untuk anjing saya, saya harus mengeluarkan uang sebesar Rp. 6.261.200

foto

foto

foto

foto

Rp. 5.132.600 + Rp. 957.000 + Rp. 61.600 + Rp. 110.000 = Rp. 6.261.200

Selang 2 minggu anjing saya yang baru saja operasi sesar tiba-tiba mengalami pendarahan hebat, darah keluar dari kemaluannya seperti air keran dan juga keluar gumpalan darah yang menyerupai hati sapi. Saya segera membawa anjing saya kembali ke Rumah Sakit Hewan di Ragunan dan sampai sana jam 10 malam. kali ini saya tidak langsung mendapat penanganan dokter dengan tanggap seperti disaat anjing saya akan melakukan oprasi sesar. Anjing saya hanya di cek sebentar dinyatakan oprasiannya harus dibuka kembali dan diberikan infus. saya menunggu kurang lebih selama 50 menit di ruang operasi hanya dengan anjing saya, suami saya dan satu orang perawat yang kerjaannya mondar mandir nyariin dokter yang entah kemana. Selama saya menunggu di ruang oprasi anjing saya mulai menunjukan gejala anemia. anjing saya sudah lemas sekali, kuping dan kakinya dingin, gusi dan dalam kelopak mata sudah putih, mata sudah tidak bisa melek dengan lebar dan cairan infus sudah tidak bisa masuk karena vena yang mengecil.

foto

Operasi berjalan cukup lama. pertamanya anjing saya dioperasi hanya ditangani oleh 1 orang dokter dan 2 orang perawat namun dipertengahan operasi dokter yang menangani anjing saya sesar datang ke Rumah Sakit untuk turut membantu. ternyata pihak Rumah Sakit menghubungi Dokter tersebut untuk membantu operasi anjing saya. tidak lama dokter kembali keluar dan mengatakan kalau kemungkinan anjing saya membutuhkan transfusi darah dari anjing yang beratnya diatas 20Kg. dengan keadaan panik saya meminta tolong orang rumah saya untuk membawa semua anjing-anjing saya ke Rumah Sakit agar dokter bisa memilih anjing mana yang cocok untuk diambil darahnya. oprasi selesai sekitar jam 2 atau 3 pagi. kali ini anjing saya harus dirawat cukup lama di Rumah Sakit tanpa anak-anaknya. salah satu anjing saya juga ikut diinapkan di Rumah Sakit selama semalam untuk berjaga-jaga bila diperlukan transfusi. anjing saya diinapkan selama 6 hari dan dokter menyatakan anjing saya sudah cukup sehat untuk dibawa pulang.
Kali ini saya harus mengeluarkan biaya untuk operasi, rawat inap dan obat-obatan sebesar Rp. 7.294.661

foto

foto

Rp. 4.716.261 + Rp. 2.578.400 = Rp. 7.294.661

Jumlah total biaya operasi sesar dan biaya tak terduga adalah Rp. 6.261.200 + Rp. 7.294.661 = Rp. 13.555.861

Walaupun anjing saya harus melewati penderitaan dengan terjadinya pendarahan hebat efek dari persalinan saya tidak bisa menyalahkan kepada siapapun. Saya merasa puas dengan penanganan terhadap anjing saya selama di Rumah Sakit walaupun saya sempat menunggu kurang lebih 50 menit diwaktu kritis tapi langsung terbayar dengan datangnya dokter anjing saya yang memegang dia disaat operasi sesar dan anjing saya selamat. Hanya saja ada satu hal buruk efek anjing saya dirawat di Rumah Sakit Hewan Ragunan. Sekarang anjing saya terkena kutu dan harus menjalani perawatan extra untuk pemulihan fisik dan juga menghilangkan kutu. Adanya kutu juga menghambat pemulihan anjing saya karena sekarang anjing saya terhinggap parasit darah yang disebabkan oleh gigitan kutu.

Semoga informasi ini berguna untuk pemilik anjing yang membutuhkan informasi mengenai operasi sesar. Ingat biaya persalinan sesar untuk anjing pasti berbeda-beda tergantung tempat, ukuran anjing, biaya rawat inap bila perlu dan obat-obatan. ada yang biayanya jauh dibawah biaya oprasi sesar anjing saya, ada juga yang diatas tergantung kondisi anjingnya juga. Bila anjing anda sedang loop dan terjadi perkimpoian rajin-rajin pergi ke dokter untuk dilihat apakah anjing anda positive hamil, perkiraan kapan anjing anda akan melahirkan, berapa jumlah anak anjing yang ada di dalam perutnya perlukah nutrisi tambahan untuk anjing anda selama hamil dan lain lain.



[email]esu.peta@yahoo.com[/email]

PS: Saya menambahkan foto bill RINCIAN BIAYA untuk memperjelas. semoga informasi ini membantu

Last Edited : 09 Mar 2015 17:14:16
09 Mar 2015 17:13:48
#2
Avatar Esu.Peta
Esu.Peta
Total Post : 40
(Pesan tidak dapat ditampilan)
Last Edited : 09 Mar 2015 17:14:03
10 Mar 2015 19:51:04
#3
Avatar 014189
014189
Total Post : 3
wah mahal banget... kayaknya di dr lain ga semahal itu
12 Mar 2015 17:10:53
#4
Avatar simon.tangka
simon.tangka
Total Post : 3
kalo biaya buat bulldog melahirkan brapa ya?
19 Mar 2015 21:49:31
#5
Avatar 016388
016388
Total Post : 8
Di bandung operasi cesar utk bulldog 1,3jt sdh termasuk obat, untuk chihuahua 750rb sdh termasuk obat, jml anak bebas, kebetulan sy pelihara bulldog dan chiuahua
23 May 2015 09:18:57
#6
Avatar anjing-dijual413
anjing-dijual413
Total Post : 1
Pak sy mau tanya chihua hua sy mau melahirkan, dimana ya alamat cesar yg murah spt bpk bilang td 750 rbu. Tks
06 Oct 2017 13:54:21
#7
Avatar yulodede
yulodede
Total Post : 1
Saya operasi secar anjing kancil 1.300.000 tapi Anak Mati Karena gak keburu keluarin
16 Dec 2017 12:46:57
#8
Avatar matokebenny
matokebenny
Total Post : 1
thank you infonya.....harga segitu memang mahal tp sebanding krn bisa selamat dr pendarahan drpd meninggal bisa nelangsa seumur hidup

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.