Komunikasi Lebih Lancar & PASTI sampai via email ke anjingdijual@gmail.com | Fitur Baru! Sundul Iklan via E-mail, Praktis & GRATIS!
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
16 Feb 2015 18:55:49
#1
Avatar 016842
016842
Total Post : 3

Guard dog yang tepat untuk pemula?

permisi semuanya, kebetulan saya mau memelihara anjing penjaga buat jaga rumah tetapi sebelumnya saya belum ada pengalaman untuk memelihara anjing setelah observasi dan baca di internet saya tertarik untuk memelihara german sheperd atau mungkin doberman saya belum menentukan mau pilih yang mana dan berikut beberapa pertanyaan yg ingin saya tanyakan:
1. apakah 2 ras anjing tersebut baik untuk pemula seperti saya? atau ada rekomendasi ras anjing penjaga yang lebih baik untuk pemula?
2. apakah benar german sheperd bulunya sering rontok?
3. berapa lama perawatan cropping ears pada doberman?
maaf jika saya terlalu banyak bertanya karena saya bingung mau tanya dimana lagi smile sebelumnya terima kasih banyak smile

Last Edited : 16 Feb 2015 18:56:19
20 Feb 2015 21:21:40
#2
Avatar 016388
016388
Total Post : 8
Dulu saya pernah memelihara keduanya, menurut saya setiap anjing bisa jadi anjing penjaga (guard dog) tapi ada yang serem atau tidak grin, namun untuk pilihan anda antara german sheperd atau dobermann, kedua nya memiliki karakter yang berbeda, german sheperd lebih kalem dan tidak terlalu aktif, berbeda dengan dobermann yang aktif dan sedikit temperamental, tapi kedua nya mudah untuk dilatih dan menyenangkan, dan keduanya harus dilatih keterampilannya karena sayang kalau cuma untuk anjing penjaga saja, saya pribadi lebih menyukai dobermann karena lebih "cakep" heart. Setiap anjing akan mengalami bulu rontok pada waktunya, apabila bulu rontok tidak normal itu artinya ada masalah dengan perawatannya apakah terkena penyakit atau alergi sesuatu. Perawatan cropping ears bisa 1 bulan sampai 2 bulan tergantung perawatan, semakin dewasa semakin lama dan agak sulit.
24 Feb 2015 20:02:57
#3
Avatar 015232
015232
Total Post : 27
Baik setiap jenis anjing, memiliki karakter yang berbeda beda. Herder ada yang hard ada yang soft demikian pula Doberman. Anjing tersebut akan anda rawat se umur hidup dia jadi anda tentukan sendir jenis anjing apa yang anda suka benar. Masalah karakter anda bisa pilih karakter dari indukan2 anjing kennel2 anjing yang anda kenal.
Untuk karakter, anda harus suka karakter indukannya lebih dulu. Nah belilah anakannya. karena buah tidak jatuh jauh dari pohonnya. Jangan berharap beli anjing dari indukan soft anaknya Hard. Baik itu herder atau doberman
25 Mar 2015 11:02:21
#4
Avatar LabsLover
LabsLover
Total Post : 443
Guard Dog? biar nda salah pilih sama nda rancu, ada dua sifat dasar anjing yg tidak bisa dirubah, temperament (hard to soft) dan nerve (stong to weak).

Weak Nerve: mudah gugup/panik/ketakutan terhadap sesuatu yg baru, bila sudah gugup susah untuk kembali tenang, perlu dicatat anjing strong nerve juga kadang kaget/gugup ketika terhadap sesuatu yg baru yg sifatnya ekstrem (petasan misalnya), tp dengan mudah dia kembali tenang dan kadang malah mencari2 asal bunyi tersebut. Anjing dlm kondisi gugup, cenderung menyerang siapa saja yg kurang dikenalnya. Mudah gugup atau tidak, cepat kembali tenang atau tidak, yg menentukan level nerve seekor anjing. Weak nerve susah dilatih dan cenderung menjadi agresif, dan banyak menimbulkan masalah.

Temperament: Ketika melatih anjing dan melakukan koreksi, ada yg hanya cukup disentak leashnya, anjing sudah menganggap itu adalah koreksi (soft temperament). Ada yg harus ditarik keras2, bahkan ada yg harus memakai prong collar, baru dia menganggap itu adalah koreksi (hard temperament). Kl memakai elektrik collar, soft temperamet cukup disetel dimodel getar, hard temperament kadang kudu sisetel dimodel shock (setrum), semakin hard temperament, semaikn kuat level strum yg dibutuhkan. Bila anjing soft temperament diberi koreksi yg terlalu keras, biasanya dia menjadi malas dilatih karena merasa disakiti setiap diberi koreksi. Kenali level temperament anjing anda untuk menentukan level koreksi yg dibutuhkan.

Guard dog ras besar harus dilatih dengan baik paling tidak sampai level basic obidience, dan hanya boleh menyerang apabila emang diperlukan. Nda gampang lho grin.

Aku cenderung memilih anjing dengan strong nerve dan medium temperament.
Last Edited : 25 Mar 2015 11:04:56
08 May 2015 17:29:09
#5
Avatar anjing-dijual229
anjing-dijual229
Total Post : 69
pemula yang bagaimana dulu nih? sy juga pemula tapi saya punya pit dan rott dan keduanya maunya nempel terus kayak perangko lol. sebagai tes gini aja, coba anda ajak jalan2 rott, kalo bs nurut bagus, kalo di ngejar kucing dan anda gak bisa tahan, mending jangan milih rott smile. yang disebutkan di atas bukan the best lho, specialis watch/guard dog. german shephard dan dob, keduanya punya spesialisasi mbsing2. bulu gsd sm seperti anjing2 laen (rott juga) untuk kupir kalo masih puppy cepat keringnya, semingguan paling, kalo udah dewasa jangan dicrop, kasihan, lama.
10 Apr 2018 03:02:07
#6
Avatar yurotahe
yurotahe
Total Post : 31
Anjing dgn ras diatas semua memiliki (NALURI MENJAGA) bahkan anjing kampung yg tdk jelas asal usulnya pun memiliki naluri menjaga!
Jangankan GSD atau Dubberman. Bahkan Labrador sekalipun ataupun se ekor mini poddle sekalipun.

Sangat banyak Kasus bgm se ekor Pitbull menjadi manja dan sangat lembut! Tapi se ekor peking sangat agresif!

Anjing Penjaga terbaik menurut saya tdk memiliki agresi berlebihan!
Krn Anjing memiliki kepekaan yg sangat tinggi kpd situasi dan kondisi yg luput dari pandangan manusia!
Mis. Ada orang yg manis dimulut tapi hatinya jahat! Anda mungkin tertipu tapi anjing anda tdk dpt ditipu bgm mana pun mrk berlaku!

Hal ini mungkin blm terbukti kebenarnya secara universal tp sy pribadi merasakanya.
Anjing sangat peka merasakan setiap perubahan emosi bahkan ikut andil di dalamnya spt. Contoh jika anda gelisah maka anjing anda akn ikut gelisah, Bgm karakter anda menangani masalah anjing anda akn belajar dari anda! / dgn kata lain anjing anda adalah cerminan diri anda!
Sbg perbandingan anak dari keluarga broken home kebanyakan mental dan emosionalnya lbh bermasalah drpd yg tdk!

Jika anda adalah seorang yg emosional maka kemungkinan anjing anda menjadi tempramental jauh lebih besar dari jika anda selalu menyelesaikan masalah dgn kepala dingin.

Anjing memiliki naluri yg peka terhadap orang asing dan mrk meresponya secara sepontan! Jika ada tamu dirmh anda jika tamu tsbt tdk suka dgn anjing atau memiliki niat tdk baik anjing anda akn menunjukan sikap intoleran kpd mrk spontanitas! Walaupun hal itu mungkin luput dari pandangan anda!

Penggunan alat2 bantu spt. Electric Collar (dibutuhkan / tdk semua kembali pada masing2) kalau sy lbh memilih tdk menggunakanya!
Krn sy tdk mau belajar jika di sakiti itu saja alasan saya!

* Agr anjing tdk agresif caranya sosialisasikan dia dgn semua hal yg akn dia jumpai! Mis. Hewan lain spt kucing / dst... orang2 baru! Dll
Anda bisa melakukanya ketika anda mengajaknya berjalan keliling konpleks atau berlibur bersama mis. Ke pantai dst.
Anjing menjadi agresif bisa terjadi krn banyak hal salah satu yg paling umum adalah dia merasa dirinya / keluarganya terancam!

* jgn perlakukan anjing anda spt. Budak spt disakiti dihukum berlebih dll... Anggaplah dia sbg anak anda jg! Jgn mengurung Anjing anda terus menerus dalam kandang atau di rantai dan dibatasi ruang geraknya, hal ini berlaku bgm menilai kondisi mental dan emosional seorang terpidana di dalam penjara?
(Sy lbh memilih membebaskan anjing sy secara bebas di dlm rmh tanpa adanya kandang dan di tidur di kamar pribadinya)

* dan yg terpenting adalah bonding (mengikat emosi anjing anda dan diri anda)
jika proses bonding sdh berjalan anda akn memiliki ikatan emosional dgn anjing anda! Ikatan ini sangat kuat dan benar2 kuat! Bisa sy katakan sbg ikatan batin seorang ibu dan anaknya!
Satu contoh ketika anda diluar di tmpt jauh ketika anda memikirkan anjing anda dia akn meresponya dlm hal ini sy pernah buktikan dgn spy cam!
(Dmn proses ini membutuhkan waktu dan pengorbanan) Sama spt manusia bgm anda berlaku / bersikap kpd orang yg baik kpd keluarga anda?
Dan bgm anda merespon tindakan orang yg menyakiti keluarga anda! Semua tdk lepas dari naluri menjaga! Dan anjing anda pun berlaku sama dlm hal ini.

Tp u beberapa ras memang tingkat kedewasaanya lebih lambat daripada ras lainya spt. Husky, Golden memang cenderung aktif berlebihan (suka bermain dan ke kanak2 an)! Kalau itu emang sdh karakter mereka tp rott, GSD atau APBT jg suka bermain walau tdk se aktif golden dst...

Semua yg ditulis di atas sdh pernah sy lakukan secara pribadi tdk ad maksud menggurui para senior!
Last Edited : 10 Apr 2018 03:39:11

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.