AnjingDijual.com
Info: Per 2 Nov 2020, Jam Operasional Resmi 10.00-17.00 WIB. Batas Konfirmasi jam 16.00 WIB.
Buat Thread Baru Kirim Komentar
25 Oct 2012 07:09:28
#1
Avatar drgreg1974
drgreg1974
Total Post : 8

Penyakit Batuk pada Anjing

foto

Jangan remehkan penyakit batuk pada anjing. Batuk pada anjing terdengar seperti suara tercekik atau tersedak. Penyakit batuk pada anjing terutama mengenai daerah trachea dan bronchus. Peradangan dan infeksi pada daerah ini disebut tracheobronchitis.
Penyakit ini dapat disebabkan oleh iritasi zat tertentu, infeksi virus, atau infeksi bakteri. Penyakit batuk yang sering mengenai kennel atau peternakan anjing disebut kennel cough. Penyebab kennel cough dapat berasal dari infeksi virus seperti distemper, adenovirus, parainfluenza, corona virus, dapat juga berasala dari bakteri seperti Bordetella brochiseptica. Penyakit ini cepat menular ke anjing-anjing lainnya.
Apabila tidak diatasi dan dirawat maka anjing sering kali mengalami tracheal collapse (saluran napas menyempit) dan anjing tidak bisa bernapas sehingga menimbulkan kematian mendadak.
Cara perawatan dan penanganan anjing dengan batuk-batuk:
  • Bawalah ke dokter untuk mendapat pengobatan antibiotik, antitusif, dekongestan, dan imunostimulant
  • JAga agar ruangan tidak berdebu, kotor, dan kering. Ajak anjing anda masuk kamar mandi yang lembab 4-5 x sehari, atau berikan penguapan nebulizer dengan NaCl fisiologis.
  • Pastikan anjing anda mau makan dan minum. Bila susah makan, berikan makanan kesukaannya, bila perlu disuapin atau dicekok.
  • Bila ada satu anjing yang batuk maka segera pisahkan dengan anjing-anjing lainnya agar tidak terjadi proses penularan penyakit.
Demikian penjelasan tentang batuk pada anjing. Semoga bermanfaat bagi kita semua.


Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.