Gangguan SMS masuk/terima. Komunikasi lbh lancar krm email ke anjingdijual@gmail.com
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
13 Dec 2014 11:09:44
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Alasan Mengapa Grooming Sangat Baik untuk Kesehatan Anjing Anda

foto

Grooming atau perawatan anjing sebenarnya merupakan suatu kebutuhan dan memiliki manfaat yang baik untuk anjing Anda.

Menjaga anjing Anda tetap terawat dengan baik tidak hanya akan membuat teman peliharaan Anda bersih dari bau, juga membantu mereka merasa lebih nyaman dan memungkinkan Anda untuk menemukan lebih dini masalah kesehatan yang ada, sebelum menjadi bertambah serius, atau bahkan mengancam jiwa.

Seberapa penting sih grooming bagi kenyamanan dan kesehatan anjing Anda?
Untuk yang wanita, mungkin tahu bagaimana rasanya saat ikatan rambut terasa terlalu ketat, pasti rasanya tidak nyaman bukan. Nah, ini sama halnya seperti apa yang dirasakan anjing Anda saat ada bulu kusut ditubuhnya. Bayangkan jika hal itu dirasakan di seluruh bagian tubuh akibat bulu-bulu kusut yang tidak digrooming.

Anjing Anda tidak perlu merasakan itu jika Anda menyisir dan menyikat bulunya secara teratur. Dengan perawatan atau grooming secara rutin juga dapat memungkinkan Anda untuk menemukan benjolan, bengkak atau luka ketika sedang membersihkan bulu kusut dan kutu dari bulunya. Jika Anda menemukan ada benjolan yang janggal, segera tindaklanjuti ke dokter hewan.

Untuk jenis anjing berbulu pendek, menjaga kulit dan bulunya sangat mudah. Usapkan tangan Anda ditubuhnya setiap hari dan sikat bulunya seminggu sekali, itu saja.

Untuk jenis lain, dibutuhkan perawatan yang lebih. Jenis anjing seperti Collie, Chowchow, dan Alaskan Malamute memiliki "double coat" yang artinya mereka memiliki bulu lapisan dalam halus yang ditutupi oleh bulu lapisan luar panjang yang lebih kasar. Bulu lapisan dalam tsb bisa kusut jika dibiarkan tidak terawat. Untuk mencegah ini, bagi bulu menjadi beberapa bagian kecil dan sikat bulu berlawanan dengan arah tumbuh bulu (grain) dari kulit ke luar dimulai dari kepala ke ekor, bagian per bagian.

Anjing berbulu halus seperti cocker spaniel dan maltese juga perlu sering disikat untuk menjaga agar tidak kusut. Sama caranya seperti anjing double coat, lakukan dengan dibagi menjadi bagian kecil, sikat dengan arah dari kulit ke luar dan lalu sikat kembali searah pertumbuhan bulu untuk hasil yang indah. Jenis bulu ini sangat membutuhkan banyak perhatian.

Bulu keriting dan ikal, seperti Poodle dan Terrier, perlu disikat seminggu sekali, disikat berlawanan dengan arah tumbuh bulu dan lalu sikat kembali searah tumbuh bulu. Bulu keriting perlu dipangkas setiap 6 minggu sekali; untuk bulu ikal, 2 atau 3 kali dalam setahun.

foto

Grooming yang baik juga memberikan manfaat bagi Anda berdua. Grooming secara rutin bisa membuat anjing Anda yang sudah terbiasa dengan grooming lebih rileks, dan menjadi waktu yang spesial bagi Anda berdua. Bulu yang bebas dari kusut dan kulit yang bebas dari kutu selain membuat anjing Anda lebih nyaman, juga membuat pakaian Anda lebih bersih ketika berada dekat dengan anjing Anda.

Manfaat lainnya untuk Anda: Gosok lembut perut anjing anda setiap sesi grooming selesai pasti akan memrilekskan Anda (dan anjing Anda, tentunya) dan mengurangi stres Anda.

Sumber:
http://www.vetstreet.com/dr-marty-becker/why-grooming-your-dog-is-great-for-his-health

Last Edited : 13 Dec 2014 11:44:25

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.