Komunikasi Lebih Lancar & PASTI sampai via email ke anjingdijual@gmail.com | Fitur Baru! Sundul Iklan via E-mail, Praktis & GRATIS!
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
21 Nov 2014 11:15:38
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Payudara Anjing Membengkak dan Kemerahan Saat Menyusui? Bisa Jadi Itu Gejala Mastitis

foto
Mastitis adalah infeksi bakteri pada salah satu atau beberapa saluran kelenjar susu anjing. Biasa disebut juga dengan istilah mammitis atau mastadenitis.


Pada saat anjing betina menyusui, luka, retak atau goresan kadang terjadi pada puting (salah satunya bisa karena terkena cakar kuku anaknya saat menyusui). Hal ini kemudian membuka jalan bagi bakteri untuk masuk ke dalam saluran susu anjing.

Dalam kondisi normal, sistem kekebalan tubuh mampu melawan bakteri yang masuk, namun kadang saat sistem kekebalan tubuh kewalahan, bakteri mendapatkan tempat dalam jaringan dan menyebabkan infeksi mastitis berkembang. Kemungkinan untuk terkena infeksi akan lebih tinggi lagi jika induk anjing mengasuh anak-anaknya dalam kondisi yang tidak bersih. Selain itu, Mastitis juga bisa disebabkan oleh saluran susu yang tersumbat. Jika dibiarkan dan tidak diobati, maka infeksi ini dapat menyebabkan septic shock dan kematian.

* septic shock atau syok sepsis, yaitu kondisi medis yang diakibatkan oleh infeksi bakteri yang parah dan sepsis/keracunan darah, yang dapat menyebabkan beberapa organ mengalami sindrom disfungsi dan kematian.

Semua anjing betina bisa terkena infeksi mastitis, termasuk anjing betina yang tidak hamil dan anjing betina usia tua. Dalam kasus seperti ini, kanker kelenjar susu juga bisa menjadi salah satu penyebabnya dan harus segera diperiksa.

foto
photo by: http://www.dogbreedinfo.com/breedingdogs/mastitisindogs.htm

Sangat penting bagi pemilik anjing untuk dapat mengenali tanda-tanda infeksi mastitis sehingga saat terkena bisa segera memberikan pengobatan dini, yang tidak hanya akan menyelamatkan anjing betina Anda dari ketidaknyamanan, tetapi juga bisa menyelamatkannya dari infeksi yang lebih serius.

Gejala-gejala mastitis yang perlu diwaspadainya:
- Selera makan yang tiba-tiba menurun
- Demam dan lemas
- Perilaku agresif (disebabkan oleh rasa sakit)
- Rasa nyeri pada salah satu atau beberapa payudara
- Nanah atau goresan yang terlihat dekat puting
- Payudara bengkak, kemerahan, panas, dan keras
- Perubahan warna pada payudara yang terinfeksi
- Cairan susu berubah warna
- Cairan nanah berbau busuk yang keluar dari puting

foto


Anak-anak anjing yang menderita mastitis juga akan menunjukkan tanda-tanda jika meminum susu yang terinfeksi, yaitu:
- Perilaku distress seperti menangis, gelisah
- dehidrasi
- penurunan berat badan
- lemas yang pada akhirnya diikuti dengan kematian

Diagnosa
Mendiagnosis kasus canine mastitis relatif mudah. Dokter hewan biasanya akan memeriksa payudara untuk menemukan jika ada salah satu atau beberapa puting susu yang terinfeksi. Selain mencari tanda-tanda seperti diatas, dokter hewan juga biasanya akan pelan-pelan mengeluarkan cairan payudara untuk memeriksa keberadaan nanah.

Cara Mengobati Mastitis
Jika Anda mencurigai anjing Anda terkena infeksi mastitis, segera hubungi dokter hewan Anda untuk memberitahu apa yang telah Anda amati. Pengobatan untuk infeksi mastitis sangat bergantung pada seberapa jauh infeksi telah berkembang.

Pengobatan umumnya meliputi salah satu atau beberapa hal berikut:
- Memberikan kompres yang hangat pada payudara yang terkena - Hal ini akan meningkatkan sirkulasi dan membuat aliran susu lebih lancar. Dan juga mengurangi tekanan dan rasa sakit.
foto
photo by: http://www.dogbreedinfo.com/breedingdogs/mastitisindogs.htm


- Mengeluarkan susu yang terinfeksi dan cairan nanah yang ada dengan handuk kertas (paper towel) dan membuangnya.

foto
photo by: http://www.dogbreedinfo.com/breedingdogs/mastitisindogs.htm
- Memberikan antibiotik - Hal ini membantu menghilangkan bekas sisa infeksi.
- Melakukan mastektomi - Ini adalah upaya terakhir untuk mengangkat jaringan yang sudah terinfeksi parah dan bisa berakhir pada infeksi mastitis kronis.

Merawat Anak-anak Anjing yang Induknya Terkena Mastitis
Karena susu atau asi dari induk anjing yang terinfeksi bisa membuat anak-anak anjing sakit, maka selama induk anjing belum sembuh, perlu bagi Anda untuk mulai memberikan susu botol kepada anak-anak anjing dengan formula susu khusus anak anjing kecuali mereka sudah cukup umur untuk diberikan makanan dogfood khusus puppy.

Prognosis / Kemungkinan Sembuh
Dengan pengobatan yang tepat, ada kemungkinan bagi anjing betina untuk sembuh dan kembali merawat anak-anaknya. Namun, anjing yang pernah terkena mastitis lebih rentan untuk terkena kembali di masa depan dan pada titik tertentu spay/steril mungkin diperlukan.

Serangan mastitis ini bisa memberikan dampak yang buruk kepada anjing betina dan anak-anaknya jika tidak ditemukan dalam waktu yang tepat atau terlambat mengetahuinya.


Sumber:
http://dogs.lovetoknow.com/wiki/Canine_Mastitis
http://www.dogbreedinfo.com/breedingdogs/mastitisindogs.htm
http://en.wikipedia.org/wiki/Septic_shock

Last Edited : 21 Nov 2014 12:59:07
21 Apr 2015 00:29:01
#2
Avatar Holly.Spirit
Holly.Spirit
Total Post : 48
Maaf mau tanya. Anjing betina saya dari payudaranya keluar cairan warna putih seperti air susu (tapi anjing saya tidak hamil). Anjing saya kenapa ya? Apa itu normal? Oh ya cairannya agak lengket dan tidak berbau. Dan cairannya keluar dari beberapa puting susu saja tidak semuanya. Mohon bantuannya dari teman2 semua disini. Semoga Tuhan membalas kebaikan kalian semua. Terima kasih sebelum & sesudahnya.. GBU
Last Edited : 21 Apr 2015 00:30:29
15 Aug 2015 15:45:01
#3
Avatar 016953
016953
Total Post : 6
Numpang tanya, Untuk betina pasca menyusui (penyapihan anak anjing) untuk mengembalikan payudara agar kembali naik bagaimana ya..?? Payudara'ny turun menggelambir begitu.. Terutama 4 puting yg paling belakang.. Trims...
26 Sep 2016 22:54:12
#4
Avatar angel.yukiu.123
angel.yukiu.123
Total Post : 1
Kak holly uda dapat jawaban belum dr masalah kak bagi info donk soalnya anjing ku jga bgtu.thanks

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.