INFO Komunikasi Lebih Lancar & Pasti Sampai via Email ke AnjingDijual@gmail.com (Prioritas, dibalas lebih cepat!)
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
17 Nov 2014 20:59:05
#1
Avatar Esu.Peta
Esu.Peta
Total Post : 40

Open Debate: Boleh atau Tidak Anjing Dilepas Begitu Saja Di Luar Rumah?

Di daerah saya tinggal ada beberapa anjing yang saya suka lihat seliweran di jalanan. Ada yang memakai kalung ada yang tidak. Kebanyakan anjing ras seperti labrador dan anjing medium lainnya dan ada pula anjing yg sepertinya mix. Anjing-anjing ini ada yg terlihat terawat dan ada juga yang kumel. Yang jd bikin perasaan gak enak itu kenapa anjing-anjing ini sliweran di jalan begitu aja kasihan suka main dan ngais-ngais di tumpukan sampah, apakah mereka anjing hilang atau memang sengaja dilepas begitu aja. Anjing-anjing ini kebanyakan cuek sama anjing lain tapi ada juga yang aggresif. Anjing saya sudah pernah terkena gigitan salah satu dari anjing-anjing ini sampai hidungnya berdarah sewaktu sore-sore saya bawa jalan.

Kalau memang anjing-anjing ini adalah anjing yg hilang saya ingin sekali bantu utk mencarikan siapa ownernya masalahnya saya gak bisa bedain apakah mereka benar2 anjing yg hilang apa memang sengaja dilepas gitu aja.. Saya tanya orang yg buka warung dekat tempat saya tinggal mereka kebanyakan geleng-geleng kepala gak tau anjing2 ini dari mana.. Mau di intilin anjingnya mana mungkin karena saya kerja pagi sampai sore. Pengen saya rescue tapi takut malah dikira nyulik pengen saya tegor ownernya tp entah punya siapa karena personally saya tidak pernah dukung cara owner yg suka ngelepas anjingnya begitu saja di jalanan seharian. Kok seperti tidak bertanggung jawab.. Kalau saya dibilang kok ngatur idup org sih? Suka2 dong ownernya mau apa.. Saya akan jawab ya karena konsep ngeluarin anjing begitu aja di jalanan memang bukan tindakan yg tepat.. Kasihan seperti setengah2 mau ngerawat anjing. Saya yakin ownernya tidak akan tau anjing itu ngapain aja diluar dan makan apa saja diluar dan juga bisa membahayakan jiwa anjing itu kalau ada orang yg ngincer utk dijual secara hidup atau utk makanan.. Dan juga akhirnya buat bingung org2 sekitar anjing2 ini butuh di tolong atau tidak..

Pertanyaan saya ada dua.. Yang pertama apa yg harus saya lakukan? Haruskah saya merescue anjing-anjing ini?

Yang kedua apakah kalian setuju atau tidak setuju dengan konsep anjing boleh dilepas begitu saja keluar rumah tanpa pengawasan sang owner?

Last Edited : 17 Nov 2014 21:21:02
18 Nov 2014 12:53:01
#2
Avatar Angelina.Dykstra
Angelina.Dykstra
Total Post : 3
Di Indonesia, saya ga setuju binatang peliharaan dikencar (dilepas begitu saja diluar rumah).

Soalnya banyak pencuri anjing, kucing, dan burung. Biasanya yang udah ditangkap dijual di pinggir jalan di tempat-tempat tertentu penjual binatang dadakan (di setiap kota biasanya ada). Selain itu pengendara kendaraan bermotor banyak yang ga peduli sama hewan, misalkan ada binatang menyebrang ada yang sengaja ditabrakin aja trus pengemudinya kabur gitu aja. Soalnya siapa yang berani menuntut mereka? Jangankan nabrak binatang, kasus tabrak lari orang aja banyak. Belum lagi ada orang "kurang kerjaan" yang suka ngeracunin binatang, yang suka males tempat sampah mereka diacak-acak oleh hewan liar atau yang merasa terganggu halamannya teronggok kotoran hewan yang bukan milik mereka. Belum lagi kalo anjing dikencar tau-tau dipukulin orang nanti difitnah gigit orang padahal enggak. Kalo kucing dibilangnya nyolong makanan tau-taunya disiram air panas sampai kulitnya melepuh. Biasanya saya sering lihat yang gini: anjing liar cacat, dan kucing liar kulit melepuh.

Lebih banyak resikonya bagi si peliharaan (anjing, kucing, dll). Kasihan. Kalo alasannya karena kasihan binatangnya di rumah sempit ga ada halaman, lebih baik pelihara binatang yang sesuai dengan tempat tinggal. Buat anjing peliharaan ya sering-sering aja diajak jalan pake leash (tali anjing). Untuk kucing... nah ini yang susah... kalo dimasukin di kandang terus kaya kebanyakan kucing bulu panjang... kayanya kasihan ya.. cwy

Mengenai rescue, menurut saya kalo kita merasa "mampu" memelihara ambil saja. "Mampu" maksudnya mampu memberi makan yang layak (kocek tebel), tempat tinggal mendukung (tetangga ga protes, halaman ada), mengerti perilaku anjing, tau cara menangani dan menjinakkan anjing. Soalnya saya pernah tau ada kelompok yang mengaku me rescue anjing tapi ternyata cuma pengen dipuji-puji dan dianggap "wuidiihh kereen" sama orang. Menangkap anjing yang mereka rescue unuk divaksin saja tidak bisa karena tidak tau cara menjinakan dan menangani anjing. Nah lo??

Yang penting anjing yang di rescue disayang, dididik, dipelihara, bukan diperjual belikan. Kalo yang punya anjing ternyata protes ya resiko dia, siapa suruh punya anjing dikencar? Yang penting kita sudah tanya lingkungan sekitar tempat anjing berkeliaran. Pastikan juga nama orang yang kita tanya soal pemilik si anjing kita tanya dan catat (dihapalin juga mukanya). Anjingnya ga pake kalung kok. Bilang aja saya takut melihat anjingnya hampir ketabrak mobil, dll. Good luck for rescuing the dog wink
18 Nov 2014 17:18:09
#3
Avatar habibie.widodo
habibie.widodo
Total Post : 3
Daerah mana ya mas
18 Nov 2014 19:53:36
#4
Avatar Esu.Peta
Esu.Peta
Total Post : 40
Setuju sekali saya dengan angelina..
Habibie saya tinggal di daerah kemang dalam
21 Nov 2014 12:26:49
#5
Avatar habibie.widodo
habibie.widodo
Total Post : 3
Mas esu minta no cp nya donk
22 Nov 2014 04:52:07
#6
Avatar 015232
015232
Total Post : 27
No Offense, Kita tidak akan bisa mengatur dunia agar sesuai dengan kehendak kita dalam memelihara dan menyayangi anjing. Bahkan pedagang daging anjingpun juga akan susah kita larang karena mereka juga tidak pernah memaksa kita untuk makan daging anjing. Yang ada kita hanya bisa menghimbau dengan menjelaskan akibat makan daging anjing sehingga pembeli mengerti bahayanya makan daging anjing yang tidak ada control kesehatannya seperti tata cara penjualan daging ayam/sapi. Kalau pembeli sudah sadar kebersihan dan kesehatan, pemakan daging babi pun sudah mulai berkurang sekarang kan.

Yang bisa dilakukan adalah meng-kondisi-kan diri kita dan lingkungan agar memiliki rasa saling menghormati misal dengan bikin selebaran himbauan kepada warga lingkungan tersebut agar tidak melepas/meliarkan anjing peliharaannya. Karena makin banyak anjing dijalanan sehingga mengganggu kenyamanan dan ketertiban bersama khususnya berbahaya buat anak2 di lingkungan tersebut. Ini bisa bekerja sama dengan RT/RW setempat.

Jangan emosi sesaat menjadikan kita tidak menghormati kebebasan hidup orang lain bahkan untuk kepentingan anjing2 kita yang juga mau bebas (Sebenarnya).
26 Nov 2014 09:00:10
#7
Avatar heri19kris
heri19kris
Total Post : 18
Banyak orang pelihara anjing hanya suka pada saat memilikinya, namun selanjutnya dibiarkan saja lepas tanpa diurus dengan baik. Anjing menurut saya sebaiknya tidak dilepas begitu saja. Ada kalanya dia di ikat/kandangkan, adakalanya kita bawa jalan supaya tidak stress dll. Namun begitulah masyarakat kita, masih kurang kepeduliannya akan lingkungan sekitar. Saya rasa, kalau ada kesempatan untuk menangkapnya, dan mengembalikan kepada pemiliknya, akan lebih baik dilakukan demikian. Namun kalau pemiliknya tidak diketahui, coba dibroadcast saja siapa tahu ada yang mau adopsi atau mungkin ke shelter doggy yang mau menerima.
27 Nov 2014 18:49:37
#8
Avatar PITPUG
PITPUG
Total Post : 27
Anjing ato kucing ato hewan peliaraan apa pun tidak baik di lepas begitu saja di lingkungan rumah kita....anjing memang senang sama yg nama nya kebebasan itu merupakan suatu rewards utk mereka...TAPIII....pada saat kebebasan itu diberikan berlebihan alias anjing dilepas begitu saja tanpa supevisi, hal itu menjadi tidak baik dan berbahaya....karna kenapa???di luar rumah: anjing tidak mengerti apakah tmpt sampah itu sumber penyakit ato sumber makanan...anjing tidak mengerti apakah mengotori halaman rmh org lain itu salah ato benar...anjing tidak tau di dunia luar sana mana yg boleh di makan dan mana yg tidak....anjing tidak tau cara menyebrang jalan yg aman...anjing tidak bisa membela diri nya saat hendak di tangkap ato di bunuh oleh org jahat....dan yg terakhir utk alasan safety...safety utk siapa...???safety utk anjing kita...safety utk anjing org lain ato hewan peliharaan org lain...dan yg paling penting safety utk manusia....anjing di lepas di luar rumah tanpa supervisi merupakan salah satu penyebab penyerangan anjing thdp anjing lain ato manusia, yg ujung nya dpt menghasil kan tuntutan hukum ato kematian baik hewan peliharaan dan manusia....saya punya prinsip anjing itu anggota keluarga bukan cm peliharaan ato satpam...dan ngak pernah ada namanya anggota keluarga di lepas begitu aja di jalanan....klo nanya sama saya trus hrs gmn dunk cara nya....nama nya anjing hrs tinggal di dalam rmh...ato klo emank ngak mau anjing nya didlam rmh pake kandang anjing, bisa beli ato bikin sendiri....klo dibilang "kok repot bgt sih"....ya ngak usah miara anjing, gitu aja kok repot.....knp saya ngomong kyk gini, karna memiliki anjing ato hewan piaraan apapun adalah suatu komitmen....dan yg nama nya komitmen butuh tanggung jawab...di lingkungan rmh saya jg byk org yg lps anjing nya begitu aja di luar rmh setiap hari....dan saya selalu tegur yg punya dgn kata2x yg sopan...ntah dia terima ato tidak saya akan tetap ngomong....saya harap pemerintahan kita yg baru ini ada bikin peraturan tentang hewan peliharaan....tp sementara cara terbaik adalah menegur owner dgn cara yg baik & sopan....bisa juga di bicarakan dengan pak RT ato pak RW ato pengelola kompleks perumahan utk menegur penghuni yg membiarkan anjing nya berkeliaran di luar rmh tanpa supervisi....klo untuk dog rescue hrs liat kocek dulu....apa keuangan kita mencukupi utk mengurusi anjing lebih dari 1 ato 2, bahkan lebih dari 3???dan juga waktu kita ada ato tidak untuk mengurus anjing2x itu...mengurus 1 ato 2 anjing aja udah susah apa lg lebih dari itu....mungkin bs menghubungi Animal Defender Indonesia....saya lupa no telp nya...cb tanya ama mbah Google soal itu....mereka bisa di percaya dan akan senang hati menolong anjing2x ato hewan peliharaan yg terlantar yg udah di buang ama owner nya, dan terakhir mereka akan mencarikan org2x yg serius ingin mengadopsi hewan2x terlantar tsb....and of course, free of charge...alias gratis yg mo nolong ato pun yg adopsi....mungkin itu yg bisa saya share saat ini...GBU
09 Dec 2014 14:13:01
#9
Avatar 016177
016177
Total Post : 5
Jelas saya tidak setuju kalau anjing dibiarkan lepas apalagi sengaja dilepas begitu saja. Hal ini rawan menyebabkan penyebaran penyakit (bila anjing tdak sehat), pencurian (bisa dijual ke lapo), bahkan mengigit org bila anjing agak agresif.
18 Dec 2014 16:28:53
#10
Avatar si.pitung
si.pitung
Total Post : 6
Kalo kata saya seh gak apa dilepas asal udah dikasih CHIP dengan nama KTP yg punya ataua Alamatnya, Klo soal membantu adopsi etc gimana klo kita para pelindung binatang semuanya bersatu dan saling membantu fella Dog or Cat or Else hewan ini, Karena klo satu orang susah tuk mendorong Mobil Mogok tapi klo Sekampung yg dorong kan Gampang Or well theirs my 1 Cent smile tongue

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.