INFO Komunikasi Lebih Lancar & Pasti Sampai via Email ke AnjingDijual@gmail.com (Prioritas, dibalas lebih cepat!)
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
15 Nov 2014 14:31:15
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Ini Alasan Mengapa Anjing Tidak Mau Makan Dari Mangkuk Makanannya

foto

Salah satu dari Anda mungkin pernah mengalaminya: setelah Anda memasukkan makanan ke dalam mangkuk makan anjing Anda, ia malah mengambil semulut penuh makanannya, lalu berjalan ke tempat lain dan menaruh makanannya disana baru kemudian memakannya. Dan, ia mengulangi ritual ini sampai makanannya habis.

Kelihatannya repot sekali jika setiap makan ia selalu begitu, belum lagi repot bagi Anda jika remah-remah makanan jatuh saat ia memindahkan makanannya tsb.

Lalu, sebenarnya apa alasan yang membuatnya melakukan itu?

Kemungkinan Alasan dibalik Perilaku Makan Tersebut

Jawaban untuk kecenderungan perilaku ini adalah : Mentalitas Pack/kelompok (dalam dunia anjing)

Ketika anjing-anjing di alam liar membunuh mangsanya, anjing yang tingkatan rendah dalam pack akan memindahkan potongan-potongan makanannya ke tempat lain sehingga mereka tidak harus berkelahi dengan Pack leadernya atau dengan anjing yang lebih dominan darinya untuk makanannya, kata Dr.Julie Albright, MA, DVM, DACVB, asisten profesor Kedokteran hewan di University of Tennessee College of veterinary Medicine yang mempelajari perilaku hewan.

"Perkelahian jelas sangat berisiko, jadi sebagian besar hewan, terutama yang tingkatan rendah, akan berusaha keras untuk menghindari perselisihan," kata Dr.Albright.

Meskipun persaingan di rumah Anda jelas tidak ada, terutama jika Anda hanya memiliki satu anjing, maka naluri alaminya lah yang membuatnya melakukan itu.

Kemungkinan lainnya: Jika Anda menggunakan mangkuk makan logam/stainless, maka mungkin suara yang ditimbulkan dari mangkuk ketika ia makan atau suara yang muncul saat tag collarnya mengenai mangkuk bisa menjadi pengalaman yang menakutkan atau mengganggu baginya, kata Dr Albright, jadi ia mungkin lebih memilih untuk memindahkan makanannya jauh dari pemicu suara tsb.

Bagaimana Cara Menghilangkan Perilaku ini

Jika Anda ingin menghilangkan kebiasaan makan yang tidak biasa ini, Dr Albright menyarankan untuk mengganti mangkuk logam dengan versi plastik atau piring kertas untuk menyingkirkan masalah suara tadi.

"Jika setelah diganti, anjing masih juga membawa pergi makanannya, maka berikan makan di tempat yang lebih terpencil atau tenang baginya untuk makan," katanya. "Dan jika ada anjing lain juga di rumah, pisahkan mereka ketika waktu makan untuk memberikan privasi sehingga tidak ada ancaman persaingan - meskipun Anda sendiri tidak melihat adanya persaingan tsb."

Sumber:
http://www.vetstreet.com/our-pet-experts/why-does-my-dog-eat-his-food-away-from-his-bowl

Last Edited : 15 Nov 2014 14:37:53
16 Nov 2014 07:12:43
#2
Avatar Holly.Spirit
Holly.Spirit
Total Post : 48
Untungnya anjing2 saya gak ada yang begini. Bisa repot deh kalo begini tiap makan.. grin
16 Nov 2014 07:58:50
#3
Avatar Zasky
Zasky
Total Post : 294
Ya pengalaman saya spt itu, tapi tidak selalu. Atau mungkin juga DF di waskom terlalu penuh baginya, sehingga dia memindahkannya dahulu ke lantai baru memakannya, setelah DF di waskom tinggal sedikit baru dia memakannya langsung di waskom. Bagi saya hal ini nggak jadi masalah, sepanjang tidak terjadi perkelahian sesama doggy dan pola makannya tidak terganggu. Mengenai wadah tempat makanan, katanya yang terbuat dari stainless lah yang terbaik.
Last Edited : 16 Nov 2014 18:44:05
18 Nov 2014 07:18:48
#4
Avatar jeanne85_chen
jeanne85_chen
Total Post : 8
dulu punya anjing banyak gk ada yg rebutan makanan, yg ada anjing yg mau ngerampok makanan anjing lain malahan menunggu anjing lain itu selesai makan baru deh dihabisin tuh makanannya.

Klo sekarang punya 1 ekor anjing, untung juga gk suka mindah2in makanan dr mangkoknya. Yang ada kalo makan cemilan, nah itu baru dibawa ketempat sepi hehehhe. Setelah beberapa kali bolak balik nanti baru mau makan di deket aku or nyokap bokap ^^

Soal tempat makan, dirumah pake yg bahan plastik. tiap selese makan langsung cuci. Udah disediain spon khusus buat guguk-ku + sunlight ^^. Higienis amat yah...
Klo makanannya masih panas, gk langsung dituang dimangkoknya tapi didinginin dulu di mangkok kaca yg biasa dipake orang.

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.