Gangguan SMS masuk/terima. Komunikasi lbh lancar krm email ke anjingdijual@gmail.com
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
08 Nov 2014 11:13:18
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Breed of This Week : Chinese Crested (Hairless Dog)

foto

Chinese crested adalah jenis anjing kecil yang bertubuh ramping, moncong tajam, dengan tubuh sedikit lebih panjang daripada tinggi. Gaya berlarinya aktif dan gesit. Jenis ini memiliki ekspresi yang waspada dan intens. Anjing chinese crested terdiri dari dua jenis, yaitu hairless (hampir tidak berbulu) dan powder puff (berbulu). Pada jenis hairless, hampir sebagian besar tubuhnya tidak berbulu dan hanya ada bulu-bulu halus pada area kepala (jambul), ekor (yang mungkin hanya sebagian yang tertutup bulu), dan kaki dan bagian bawah kaki. Kulitnya licin dan halus. Pada jenis powder-puff, seluruh tubuh ditutupi dengan bulu halus lembut yang cukup padat dan panjang.

foto

Setiap Chinese crested memiliki gen resesif untuk jenis powder puff karena itu dalam satu kelahiran atau satu keturunan yang sama bisa muncul dua jenis ini (hairless dan powder-puff).

Chinese crested merupakan kombinasi dari anjing yang suka bermain-main, anjing lap dog yang lembut dan teman peliharaan yang sensitif. Anjing ini sangat setia dengan keluarganya dan bersedia untuk menyenangkan tuannya, selain itu juga baik dengan anjing lain, hewan peliharaan lain dan orang yang tidak dikenal. Mereka juga termasuk anjing yang tidak sering menggonggong. Akan lebih baik jika disosialisasikan sejak usia dini.

Negara asal : China
Jenis Family : companion, southern (hairless)
Tahun Asal : 1200-an
Awalnya berguna sebagai : penangkap tikus (ratter), lapdog, sebagai koleksi unik
Saat ini berguna sebagai : companion
Ukuran rata-rata Jantan : Tinggi 27.9-33 cm. Berat 2-5 kg
Betina : Tinggi 27.9-33 cm. Berat 2-5 kg

foto
Puppy chinese crested hairless (kiri) dan powder-puff (kanan)

Tingkat energi : medium
Kebutuhan akan latihan/Exercise : rendah
Tingkat keaktifan : sangat aktif
Keramahan terhadap anjing lain : ramah
Keramahan terhadap hewan peliharaan lain : sangat ramah
Keramahan terhadap orang asing : sangat ramah
Kemudahan untuk dilatih : cukup mudah dilatih
Kemampuan Watchdog : Tinggi
Kemampuan Melindungi / Protection : tidak terlalu protektif
Kebutuhan Grooming : sedang
Toleransi terhadap dingin : rendah
Toleransi terhadap panas : tinggi

Perawatan dan Kesehatan
Anjing crested menyukai bermain berlari-lari di luar, tetapi ia tidak suka dengan hawa dingin. Karena ukurannya yang kecil, maka ia bisa mendapatkan olahraga yang cukup hanya dengan permainan aktif di dalam rumah. Jenis anjing hairless sepertinya membutuhkan sweater ketika keluar rumah dalam cuaca dingin. Ini bukan jenis anjing yang cocok hidup di outdoor. Chinese crested memiliki bakat sebagai pelompat dan beberapa ada yang suka memanjat.

foto

Perawatan bulu untuk chinese crested jenis powder-puff perlu disisir setiap hari atau dua hari sekali. Moncong biasanya dicukur setiap dua minggu sekali untuk jenis powder puff. Untuk chinese crested jenis hairless membutuhkan perawatan kulit secara teratur, seperti mengoleskan pelembab atau sunblock pada kulitnya dan mandi untuk memerangi komedo. Kebanyakan yang jenis hairless perlu dicukur beberapa bulu yang tumbuh tidak teratur sebelum show.

Major concerns untuk masalah kesehatan : -
Minor concerns untuk masalah kesehatan : -
Masalah kesehatan yang jarang terlihat : Legg – Calve- Perthes (penyakit yang mempengaruhi kondisi pinggul yaitu hancurnya lempeng pertumbuhan pada leher tulang paha)
test kesehatan yang disarankan : -
Lama usia : 13 - 15 tahun
Catatan: anjing hairless seperti chinese crested rentan terhadap komedo, kulit terbakar, alergi wol dan gigi copot; ia memiliki gigi yang tidak teratur dan enamel gigi yang tipis.

Sejarah asal mula
Asal usul Chinese crested sulit untuk dilacak. Anjing jenis hairless tampaknya muncul dari hasil mutasi genetik dari berbagai dunia, tetapi hanya Amerika Tengah dan Amerika Selatan yang benar-benar melestarikannya. Namun, Chinese Crested tampaknya dikembangkan di Afrika, karena beberapa ada yang meyakini bahwa para pedagang Cina menemukannya di Afrika selatan dan membawa mereka ke China pada abad ke 13. Para pelaut Cina dikatakan memelihara anjing ini di kapal untuk penangkap tikus dan sebagai koleksi unik, dan untuk dijual kepada para pedagang lokal dan ke berbagai dunia seperti Turkey, Mesir, Afrika selatan dan kemungkinan di Amerika Tengah dan Selatan.

foto

Hanya pada tahun 1800-an jejak anjing hairless ini terekam di Eropa, pada lukisan dan kemudian, pada foto-foto, termasuk salah satunya anjing jenis chinese crested. Pada akhir 1800-an, Chinese crested menemukan pendukungnya bernama Ida Garret seorang warga Amerika yang mempopulerkan beberapa tipe anjing hairless. Dengan bantuan dari beberapa breeder yang berdedikasi (termasuk salah satunya yang cukup terkenal Gypsy Rose Lee, penari burlesque), anjing Chinese Crested secara bertahap mulai mendapatkan pengagum baik di Amerika dan Eropa. Tahun 1991, setelah usaha yang dilakukan selama seabad, ras ini diakui oleh AKC.

foto

Anjing Chinese crested dengan cepat menjadi populer dikalangan para penggemar dog show, tetapi di kalangan pet owner, ras ini popularitasnya tidak secepat dibandingkan diantara para penggemar dog show. Namun, seiring ras ini mulai dikenal luas, situasinya hampir dipastikan berubah.



Sumber:
http://www.animalplanet.com
http://dogtime.com/dog-breeds/chinese-crested
http://www.pawnation.com/dogs/breeds/chinese-crested
Foto dari berbagai sumber

Last Edited : 08 Nov 2014 11:25:52

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.