Gangguan SMS masuk/terima khusus dr XL/Axis/Indosat, bs krm ke 0857-1718-1790
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
24 Oct 2014 12:05:25
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Breed of This Week : Alaskan Klee Kai (Versi Mini Siberian Husky)

foto

Alaskan Klee Kai merupakan jenis ras yang saat ini masih jarang. Klee kai sering disebut sebagai versi miniature Siberian husky. Alaskan Klee Kai sendiri memiliki 3 ukuran jenis yang berbeda, yaitu toy, miniature dan standard.

Klee Kai merupakan anjing yang cerdas, aktif, dan mudah dilatih. Namun, mereka tidak hiperaktif. Berbeda dengan Husky, Alaskan klee kai waspada terhadap orang yang tidak dikenal dan bisa menjadi anjing pengawas (watchdog) yang baik. Mereka juga memiliki prey drive yang tinggi karenanya mereka bisa mengejar binatang kecil seperti kelinci, hamster, kucing dan burung, kecuali jika mereka sudah dikenalkan dan dibesarkan bersama sejak dini.

foto

Anjing klee kai juga bisa menjadi anjing keluarga yang baik jika dibesarkan dengan anak-anak yang berprilaku baik dengan binatang. Alaskan klee kai cenderung tidak mentoleransi jika diperlakukan buruk dan harus diawasi ketika bersama anak-anak. karena kecerdasannya, mereka bisa melakukan dengan baik kelas kepatuhan/obedience dan memiliki dorongan yang tinggi untuk menyenangkan pemiliknya sehingga membuat mereka unggul dalam bidang ini serta berbagai jenis kegiatan lainnya.

foto

Negara asal : US
Jenis Family : Spitz
Tahun Asal : 1970-an
Awalnya berguna sebagai : companion
Saat ini berguna sebagai : companion
Nama lain: Klee Kai, AKK
Warna: hitam dan putih, merah dan putih, abu-abu dan putih. Warna putih solid juga ada namun dianggap diskualifikasi oleh standar ras ini. Alaskan klee kai berwarna putih solid baru-baru ini telah diakui oleh AKC dan dapat didaftarkan tetapi tidak ditampilkan dalam kompetisi.

foto

Tinggi (dihitung dari pundak ke bawah):
Toy : lebih dari 33 cm
Miniature : 34-38 cm
Standard : 39-43 cm

Berat
Toy : lebih dari 4.1 kg
Miniature: 4.5-6.8 kg
Standard : 7.3-10 kg

foto

Tingkat energi : Tinggi
Kebutuhan akan latihan/Exercise : Tinggi
Tingkat keaktifan : cukup aktif
Keramahan terhadap anjing lain : ramah
Keramahan terhadap hewan peliharaan lain : pemalu
Keramahan terhadap orang asing : waspada terhadap orang asing (diperlukan sosialisasi sejak dini)
Kemudahan untuk dilatih : mudah dilatih
Kemampuan Watchdog : Tinggi
Kebutuhan Grooming : medium

foto

Perawatan dan Kesehatan
Anjing klee kai membutuhkan banyak interaksi dengan pemiliknya. Jenis ini ideal untuk pemilik yang menginginkan anjing aktif kecil yang tidak memerlukan halaman yang luas dan bisa terpenuhi cukup dengan jalan-jalan dan bermain fetch. Meskipun begitu mereka adalah anjing aktif yang tetap memerlukan exercise setiap hari. Klee kai tidak boleh ditinggalkan sendirian dalam waktu yang terlalu lama.

foto

Untuk perawatan bulunya, minimal disikat dan disisir seminggu sekali. Sama seperti kucing, mereka suka menjaga diri mereka tetap bersih. Bagi siapapun yang tidak bisa mentolerir bulu anjing dan bulu rontok sebaiknya mempertimbangkan ras lain.

Lama usia jenis ini rata-rata adalah sekitar 10-13 tahun. Meskipun umumnya alaskan klee kai bebas dari masalah genetik, ada beberapa kondisi kesehatan yang terkait dengan ras ini, yaitu juvenile katarak, penyakit liver, factor VII deficiency, pyometra, patellar luxation, cryptorchidism, cardiac issues, and penyakit thyroid.

Sejarah asal mula
Alaskan klee kai pertama kali dibiakkan di Wasilla, Alaska dari awal 1970 hingga 1988 oleh Linda S. Spurlin dan keluarganya. Kata Klee Kai ini berasal dari kata Eskimo yang berarti "anjing kecil". Ras ini merupakan hasil dari persilangan antara Siberian husky dan Alaskan Husky, serta menambahkan ras Schipperke dan American Eskimo Dog untuk menghasilkan ukuran kecil. Spurlin membiakkan anjing-anjing ini secara pribadi sampai akhirnya ia menjualnya ke masyarakat umum pada tahun 1988. Alaskan Klee Kai secara resmi diakui oleh American Rare Breed Association (ARBA) tahun 1995 dan oleh United Kennel Club (UKC) pada Januari 1997.


Sumber:
http://en.wikipedia.org/wiki/Alaskan_Klee_Kai
http://www.petmd.com/dog/breeds/c_dg_alaskan_klee_kai
http://www.hillspet.com/dog-breeds/alaskan-klee-kai.html
http://www.dogbreedslist.info/all-dog-breeds/Alaskan-Klee-Kai.html#.VEjrGYdzHf5

Last Edited : 24 Oct 2014 12:30:53
24 Oct 2014 13:36:14
#2
Avatar Zasky
Zasky
Total Post : 294
Kesimpulannya ( walaupun keliru ) ada Siberian Husky, ada Miniatur Siberian Husky ( Klee Kai ) dan ada pula Siberian Husky Maxi ( Alaskan Malamute ) he he he !
31 Oct 2014 16:15:48
#3
Avatar Key.Lau
Key.Lau
Total Post : 2
saya mau... bisa beli dimana yah?
mohon infonya
10 Nov 2014 03:20:38
#4
Avatar joana
joana
Total Post : 9
apakah ras ini sudah masuk indo? setau saya hanya satu dua org saja yang punya di indo ya?

kalau saya liat dari ekor terlihat memutar lbh mirip malamute drpd husky.. sementara masking nya terlihat ada yg mirip husky n malamute. haha.

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.