Komunikasi Lebih Lancar & PASTI sampai via email ke anjingdijual@gmail.com | Fitur Baru! Sundul Iklan via E-mail, Praktis & GRATIS!
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
22 Oct 2014 19:19:43
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Info Lengkap Cara Merawat Induk Anjing dan Anak Anjing Pasca Melahirkan

foto

Induk anjing memiliki naluri alami dan tahu bagaimana menangani anak-anaknya yang baru lahir. Namun, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan sebagai pemilik untuk memastikan kondisi kesehatan induk anjing tetap terjaga dan anak-anaknya juga dapat tumbuh dengan aman dan sehat.

Berikut tips cara membantu anjing yang baru melahirkan:

1. Menyediakan tempat yang dibutuhkan oleh induk anjing untuk melahirkan dan merawat anak-anaknya.
foto

* Sediakan kotak (whelping box) dengan meletakkan sebuah kertas tebal besar di bagian paling bawah, kemudian dilapisi beberapa lembar koran diatasnya, dan sebuah selimut diatas koran tsb. Selimut ini harus cukup besar menutupi hampir semua sisi kotak dan ujung-ujungnya bisa ditahan/diselipkan di keempat sisi kotak agar selimut tidak bergeser. Hal ini untuk menghindari agar anak-anak anjing tidak terselip ke bawah selimut atau di dalam lipatan selimut. Idealnya whelping box harus berada di ruangan yang tenang, hangat, kering dan tidak ada gangguan.

*Pasca melahirkan, induk anjing biasanya akan bersikap protektif, karena itu jangan ijinkan orang asing (terutama anak-anak) berada disana sendirian dan jangan biarkan ada yang menyentuh anak anjing kecuali jelas terlihat bahwa induk anjing tidak masalah dengan itu.

*Whelping box harus diganti setidaknya sekali sehari selama tahap induk anjing masih menyusui dan 2-3 kali sehari saat anak anjing mulai makan makanan yang padat dan induk anjing sudah tidak lagi membersihkan anak-anaknya.

*Saat membersihkan, cek konsistensi dan warna feses anak anjing. Yang normalnya harus coklat dan berbentuk, tetapi tidak terlalu keras. Jika berbeda dari itu, maka harus diperiksakan ke vet.

*Selama melahirkan dan setelahnya, induk anjing harus dibawa untuk buang air ke luar secara rutin. Bawa keluar dengan tali anjing/leash dan hati-hati karena sewaktu-waktu ia bisa melahirkan anak anjing lainnya.

2. Pemberian makanan dan nutrisi bagi induk dan anak anjing.
foto

* Letakkan makanan dan minuman di dekat whelping box karena biasanya induk anjing tidak mau beranjak dan meninggalkan anak-anaknya.

* Jangan menaruh tempat makan di dalam whelping box karena anak anjing bisa merangkak masuk ke dalamnya. Sebaiknya taruh disisi kotak whelping box. Awal-awal berikan makanan dan minuman setidaknya setiap 2-3 jam. Dalam waktu 2-3 hari, nafsu makan induk anjing akan meningkat dramatis 2-4 kali dibandingkan sebelum masa kehamilan. Anjing yang menyusui membutuhkan dogfood puppy berkualitas tinggi karena mengandung kadar protein dan kalsium yang tinggi untuk menjaga berat badannya tetap seimbang dan sehat serta memungkinkannya untuk menghasilkan susu yang banyak. Induk anjing harus mengkonsumsi dogfood puppy sampai tahap penyapihan, yaitu tahap dimana anak-anaknya berangsur-angsur sudah tidak lagi menyusui. Idealnya, berat badan induk anjing tidak jauh berbeda atau sama dari ketika ia menyusui sampai dengan ia tidak lagi menyusui.

*Anak anjing yang sehat adalah yang berisi, montok dan berenergi. Anak anjing harus disusui setiap 2 jam atau lebih. Jika mereka disusui sampai perutnya kelihatan bulat dan tidur dengan tenang, maka berarti mereka sudah cukup makan. Jika mereka menangis dan banyak bergerak, berarti mereka tidak cukup makan. Berat badan anak anjing biasa akan menurun pada 24 jam pertama (kurang dari 10% dari berat badan mereka saat lahir), namun setelah itu berat badan mereka harus bertambah terus. Berat badan mereka harus naik dua kali lipat selama 7-10 hari pertama.

* Pada usia sekitar 3 minggu, anak anjing akan mulai meniru induknya makan dan minum. Pada tahap ini, mangkuk makan yang rendah sudah harus disiapkan. Pada usia 3.5 minggu, anak anjing sudah mulai bisa makan makanan yang dihaluskan seperti bubur.

* Pada usia 6.5 - 7 minggu, anak anjing sudah harus sepenuhnya makan makanan padat/dry dogfood dan minum air (sudah tidak lagi disusui). Saat anak anjing mulai makan bubur usia 4 minggu, mulailah mengganti makanan induk anjing kembali ke adult dogfood untuk membantu mengurangi produksi asi. Ganti secara bertahap, mulai dari mencampurkan 1/4 puppy dogfood dengan adult dogfood. Perlahan tambahkan adult dogfood dan kurangi puppy food sampai dengan minggu ke-7 pasca melahirkan, sepenuhnya ia hanya makan adult dogfood. Selama minggu terakhir transisi ke masa penyapihan, makanan induk anjing harus dikurangi 50% dari porsi yang diberikan saat menyusui.

3. Menjaga kesehatan Induk Anjing
foto
* Setiap kelenjar susu dan puting induk anjing harus dicek setidaknya sekali sehari, apakah ada kemerahan, keras atau cairan yang keluar. Jika menemukan adanya gejala mastitis, Anda harus segera memeriksakannya ke dokter hewan. Jika ditemukan masih dini, dengan membantu memerah susu keluar dan memberikan kompres hangat akan membantu mencegah penyebaran infeksi tersebut. Kadang-kadang antibiotik juga diperlukan. Jika induk anjing memiliki beberapa kelenjar susu dengan mastitis, maka mau tidak mau anak anjing harus diberikan susu botol.
foto

* Kuku anak anjing juga harus dipotong setiap minggu sejak dari beberapa hari setelah lahir. Ini akan membantu mencegah goresan pada kelenjar susu induk anjing. Gigi sulung mulai tumbuh sekitar hari ke-11. Cek setiap hari kelenjar susu induk anjing apakah ada bekas gigitan.

* Selama beberapa hari pasca kelahiran akan keluar cairan darah dalam jumlah cukup banyak dari vulva induk anjing. Cairan ini akan berkurang jumlahnya dan menjadi lebih hitam dan akan mulai menghilang dalam waktu 2-3 minggu.

* Bulu induk anjing juga akan menebal selama masa kehamilan. Selama masa penyapihan, bulu-bulu tersebut akan mulai rontok. Tidak perlu khawatir saat melihat banyaknya bulu yang rontok karena itu hal yang alami pada masa tersebut dan akan mulai kembali normal dalam waktu sekitar 4-5 bulan. Kerontokan ini lebih ekstrim dibandingkan masa rontok biasanya dan beberapa ada yang mengalami kebotakan. Hal ini sering disebut "blowing a coat".

Hal-hal lain yang juga harus diperhatikan:

* Jika ada anjing pejantan di rumah, pastikan bahwa ia terpisah dengan induk anjing dan anak-anaknya. Alasannya karena dikhawatirkan dia bisa melukai anak-anaknya meskipun tanpa disengaja. Selain itu, induk anjing juga biasanya bersikap agresif dan menggeram jika didekati anjing pejantan atau anjing lain karena ingin melindungi anak-anaknya.

* Periksa apakah ada yang abnormal. Jika pada minggu pertama, Anda melihat hampir semua anjing bertumbuh namun salah satu diantaranya tetap kecil dan kurus maka bisa menjadi tanda adanya kekurangan nutrisi atau masalah lainnya yang perlu diperiksakan ke dokter segera untuk menemukan permasalahannya.

* Jangan memandikan induk anjing sebelum 3 atau 4 minggu setelah melahirkan karena ini bisa mempengaruhinya, salah satunya produksi susunya. Dan juga jangan memandikan anak anjing sampai mereka bisa membuka mata dan setidaknya sudah bisa berjalan.

*Induk anjing bisa memakan plasentanya, tetapi jika mau Anda bisa membuangnya. Tidak ada nutrisi yang dibutuhkan dari plasenta tersebut.

foto

Nah, kini Anda sudah memasuki tahap berikutnya, yaitu tahap perkembangan anak anjing. Dan pada tahap ini, peran Anda juga tidak kalah pentingnya untuk memastikan anak-anak anjing Anda tumbuh dengan optimal. Yuk lihat apa saja yang harus diperhatikan selama tahap ini:
7 Tahapan Perkembangan Anak Anjing yang Wajib Diketahui Dog Owner

Dan, untuk Anda, yang memiliki anjing yang sedang hamil di rumah, pastikan juga membaca tips cara membantu proses kelahiran anjing Anda:
Tips Cara Membantu Proses Kelahiran Anjing Anda
Video Anjing Melahirkan

Sumber:
http://www.peteducation.com/article.cfm?c=2+2108&aid=916
http://www.wikihow.com/Help-Your-Dog-After-Giving-Birth
http://www.wikihow.com/Make-Sure-That-Your-Dog-Is-Ok-After-Giving-Birth[/li]

Last Edited : 23 Oct 2014 09:51:44
23 Oct 2014 15:17:50
#2
Avatar 014516
014516
Total Post : 3
infonya bagus bangettt
26 Mar 2015 18:22:17
#3
Avatar 016953
016953
Total Post : 6
Plasenta bergizi, membantu mengembalikan tenaga setelah melahirkan..gpp kok dimakan induk'ny...
23 May 2016 10:31:16
#4
Avatar anjing-dijual559
anjing-dijual559
Total Post : 1
kalo plasentanya gak mau dimakan, trus masih nempel boleh digunting gak?
17 Aug 2016 20:28:52
#5
Avatar ag.tem.maniez
ag.tem.maniez
Total Post : 1
Malam, kemarin anjing saya melahirkan, stelah bberapa jam saya mandikan karna dia bau dan bulunya mengeras karena air ketuban bayi anjing. Apa yang saya lakukan untuk produksi air susu induk anjing, trimakasih smile
13 Oct 2016 19:37:59
#6
Avatar anjing-dijual934842
anjing-dijual934842
Total Post : 3
Malam... Kenapa yah induk anjing saya tdk mau menyusui anak2x stlh hari ke4 dan induk anjing kelihatan galau sering garuk2 dan gigit sesuatu? Thx
14 Nov 2016 18:54:32
#7
Avatar dyahpau
dyahpau
Total Post : 1
Mohon bantuannya donk..lgi bingung nih.. Sya punya 3 ekor anjing 2 msih remaja umur 7 bln.. Nh mslahnya ada induk anjing dirmh sya bru sja melahirkan wkt anak2 anjing ini mau dipindahkan ke dlm rmh anjing betina ini mendekat trs induk anjing ini marah akhirnya mrk bertengkar.. Nh skrg anjing betina remaja ini sll mengonggong n marah klu lht induk anjing keluar mau pipis.. Sptnya anjing betina remaja ini dendam sm induk anjing..apakah slmnya akan marah atau bisa akur lgi klu ank2 induk anjing ini udh besar krn induk anjing bru 5 hr melahirkan.. Mohon solusinya gmn ngatasi anjing betina remaja ini.. Mksh
08 Feb 2017 17:24:31
#8
Avatar anjing-dijual172982
anjing-dijual172982
Total Post : 1
Kalo plasentanya masih nempel dan ga mau di makan gimana ya?
28 Feb 2017 09:50:40
#9
Avatar johannesgabriel351
johannesgabriel351
Total Post : 1
Saya punya Toy Poodle kemarin baru lahiran tapi anaknya tidak selamat karena terlalu besar, dan kondisi kepala sudah diluar, sudah di bantu untuk dikeluarkan tapi tidak bisa, akhirnya saya langsung ke Vet,dan disana babynya langsung di bantu tarik keluar , waktu di tarik keluar Babynya masih bernafas dan langsung diberikan oksigen, tapi kemudian babynya sudah tidak bernafas lagi, sekarang saya bingung bagaimana cara menanganinya ,terutama pada Air susunya , terima kasih
09 Jul 2017 22:24:20
#10
Avatar thyaterok
thyaterok
Total Post : 1
mohon bantuannya, anjing saya bru 3hari pasca melahirkan kemudian induknya saya mandikan.. mohon solusi untuk produksi air susu induknya.. karena anak anjing satu persatu mati semua, dari 6 anak anjing sekarang sisa 2. mohon solusinya ya
31 Oct 2017 22:28:30
#11
Avatar t45harumpraint
t45harumpraint
Total Post : 1
Anjing saya bru melahirkan 2 hari, anaknya ada 5, mati 2, dr melahirkan sampe skrg gelisah terus, kenapa ya?
18 Dec 2017 13:28:15
#12
Avatar dinda
dinda
Total Post : 3
KAlo misalkan dirumah ada dua betina tapi yg satu lagi hamil dan mau melahirkan apa harus dipisah juga?
11 Mar 2018 03:20:38
#13
Avatar vi3.wong
vi3.wong
Total Post : 2
Aduh kalo bisa Abis melahirkan induk jangan dimandikan. Minimal 1-2 minggu deh... kasian induknya.. malah jadi tambah stres. Kl misal doggie nya berbulu panjang, gunting saja rambut yg kusut nya. Atau di lap dulu pakai tissue basah aja dl untuk pantat , kaki, tangan. Biar induknya fokus nyusuin anaknya dl.

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.