INFO Komunikasi Lebih Lancar & Pasti Sampai via Email ke AnjingDijual@gmail.com (Prioritas, dibalas lebih cepat!)
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
23 Sep 2014 10:53:28
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Chaser, Anjing Paling Jenius di Dunia yang Mampu Memahami Lebih Dari 1000 Kata

foto

Anjing pintar! Dr John Pilley bersama dengan sahabatnya, Border collie Chaser yang telah diajarinya lebih dari 1000 kata

Anjing cerdas ini bernama Chaser. Ia tidak bisa bicara tapi mengerti lebih dari 1000 kosakata. Kemampuan ini hampir sama dengan balita dan jauh lebih hebat dari hewan lain yang pernah diteliti sebelumnya.

foto

Ras Border Collie seperti Chaser secara genetik memang terbiasa untuk mengejar, tetapi Dr Pilley mengatakan bahwa ras lain juga bisa belajar kata-kata.

John Pilley adalah pemilik sekaligus pelatih Chaser. Ia adalah seorang psikolog yang mempelajari pikiran, perasaan, dan perilaku. Ketika ia mengadopsi Chaser pada tahun 2004, ia ingin mengetahui apakah ia bisa mengajarinya lebih dari 200 kata. Itu adalah rekor sebelumnya milik anjing border collie lain bernama Rico.

foto

Dr Pilley, seorang profesor psikolog mengatakan kunci kesuksesan mereka adalah repetisi, pujian dan bermain.

foto
Chaser terlihat sedang duduk di tumpukan mainannya dan ia tahu semua mainan ini berdasarkan nama.

Hanya dalam tiga tahun, Chaser telah menguasai 1000 kata, termasuk 800 nama boneka binatang dari kain, 116 bola, dan 26 frisbee. Mengapa Chaser menggunakan begitu banyak mainan? Pilley menjelaskan bahwa anjing sangat mirip balita manusia. “Cara terbaik bagi anjing maupun balita untuk belajar adalah dengan bermain,” katanya.

foto

Pada satu video demonstrasi, Dr Pilley memperlihatkan bagaimana Chaser tidak hanya memahami masing-masing nama dari benda tersebut, tetapi juga mampu membedakan kelompok kata benda secara umum, seperti 'mainan'.



Untuk mengajarkan Chaser nama objek baru, Pilley akan menunjukkan benda itu kepadanya dan menyebutkan namanya hingga 40 kali. Lalu ia akan menyembunyikannya dan meminta Chaser untuk mencarinya. Chaser sangat menyukai permainan ini dan bisa bermain selama empat sampai lima jam sehari.

foto

Dr Pilley sedang menyembunyikan objek dan menyuruh Chaser untuk menemukannya dengan mengulangi nama benda tsb sampai ia menemukannya dan mengambilnya.


foto
Saatnya bermain! Sebagai reward dan untuk memperkuat pembelajarannya, Dr Pilley bermain dengan Chaser dengan menggunakan objek.

Untuk terus mengajari Chaser, Dr Pilley (85) senantiasa membeli beberapa tas berisi mainan bekas di toko Salvation Army. Akhirnya, Pilley merasa bosan mengajarkan kata-kata baru dan mulai mengajari Chaser memahami kalimat sederhana.

foto

Tanda bahwa pikirannya kreatif, Chaser merancang permainan ini, yaitu melempar bola ke bawah tangga sehingga Dr Pilley akan bermain dengannya. Chaser membuat permainan ini untuk mendapatkan perhatian Dr pilley saat ia sedang menonton TV.

foto
Tidak ada yang dapat menghentikannya: Chaser, membawa salah satu mainannya, tidak pernah kehabisan energi dan tidak pernah lelah bermain.


Bisakah anjing Anda melakukan hal yang sama? Ya, menurut Pilley. Ia percaya bahwa setiap anjing dapat belajar bahasa seperti anak kecil. “Pikiran anjing dan pikiran kita jauh lebih mirip daripada yang kita duga,” katanya.

foto



Dr Pilley, telah menulis sebuah buku yang merinci bagaimana ia menggunakan repetisi, respek, dan banyak bermain untuk mencapai hasil yang telah mengguncang pemahamaman sains tentang pembelajaran bahasa hewan. Buku berjudul "Chaser, Unlocking the Genius of the Dog Who Knows a Thousand Words" telah dirilis tahun lalu.

foto
Man's best friend: Chaser dan Dr Pilley duduk di sebuah patung maskot Wofford College, seekor pit bull terrier.




Sumber:
http://kembangpete.com/2014/03/26/anjing-jenius-ini-mengerti-1000-kata/
http://www.dailymail.co.uk/news/article-2514700/Owner-taught-dog-A-THOUSAND-words-shares-secrets-success.html

Last Edited : 23 Sep 2014 11:06:45
07 Oct 2014 04:12:54
#2
Avatar Rottfan1
Rottfan1
Auto Banned
Total Post : 905
sebetulnya pemahaman kata2 bisa dilakukan semua jenis anjing. Sama seperti latihan adu anjing. Kalo terus2 difokuskan ke arah itu lama2 juga mahir. Dan bisa diterapkan bukan cuma ke pemahanan dan penghapalan kata2 tapi untuk hal2 lain juga bisa. Selama latihan focus dan cuma ke satu latihan tertentu hasilnya terbaik, sama kayak cara manusia belajar. Kalo pengen fokus jadi tukang sampah, pelajari semua hal tentang itu dan juga terapkan, pasti jadi tukang sampah yang hebat. hehehe

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.