AnjingDijual.com
Info: Per 2 Nov 2020, Jam Operasional Resmi 10.00-17.00 WIB. Batas Konfirmasi jam 16.00 WIB.
Buat Thread Baru Kirim Komentar
18 Oct 2012 10:42:19
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Breed Of This Week : Shih Tzu

foto


Berukuran kecil dengan tubuh sedikit lebih panjang daripada tinggi, anjing Shih Tzu memiliki tubuh kokoh yang tersembunyi pada bulu mantelnya yang elegan. Memiliki bulu panjang, tebal, cukup lurus dan berbulu ganda. Ekspresinya hangat, manis, dan bermata besar memperlihatkan kesan kepercayaan dan keramahan.

Anjing yang gagah tapi manis seperti shih tzu adalah perpaduan antara anjing lap dog (anjing pangkuan) yang lembut dan anjing pendamping yang lincah. Memiliki sifat yang ceria, suka bermain, penyayang keluarga dan baik dengan anak-anak. Namun ternyata dibalik itu juga ada sifat yang kadang keras kepala dan agak bandel.

Negara asal : China
Jenis Family : Companion, herding
Tahun Asal : Tahun 1800-an
Awalnya berguna sebagai : Lap dog
Saat ini berguna sebagai : Companion
Ukuran rata-rata Jantan : Tinggi 28cm, Berat 4-7 kg
Ukuran rata-rata Betina : Tinggi 28cm, Berat 4-7 kg
Nama lain : Chrysanthemum dog

foto


Tingkat energi : Medium
Kebutuhan akan latihan/Exercise : Rendah
Tingkat keaktifan : Sangat aktif
Keramahan terhadap anjing lain : Sangat ramah
Keramahan terhadap hewan peliharaan lain : Sangat ramah
Keramahan terhadap orang asing : Sangat ramah
Kemudahan untuk dilatih : Mudah untuk dilatih
Kemampuan Watchdog : Medium
Kemampuan Melindungi / Protection : Tidak terlalu melindungi
Kebutuhan Grooming : Perawatan tinggi
Toleransi terhadap dingin : rendah
Toleransi terhadap panas : rendah

Perawatan dan Kesehatan
Meskipun ukurannya kecil, shih tzu membutuhkan exercise sehari-sehari. Karena ukurannya yang kecil, kebutuhan exercisenya dapat terpenuhi hanya dengan bermain dalam ruangan atau dengan berjalan-jalan sebentar. Shih tzu kurang baik jika berada dalam cuaca panas lembab dan tidak bisa diharapkan tinggal dalam luar ruangan. Bulunya yang mewah perlu disisir setiap hari, anak anjing shih tzu harus diajarkan untuk terbiasa grooming sejak kecil.

Jambul (Topknot) shih tzu biasanya diikat untuk menjaga agar bulu tidak mengganggu mata. Beberapa pemilik anjing lebih memilih untuk memangkas rambut anjingnya untuk memudahkan dan menghemat waktu dalam perawatannya. Pastikan bagian telinga dan sekitar mata tetap bersih. Anjing Shih Tzu memiliki mata sensitif sehingga harus dijaga tetap bersih. Terdapat obat tetes mata khusus yang dapat Anda beli jika diperlukan. Tanyakan pada dokter hewan Anda apa yang cocok baginya.

Major concerns untuk masalah kesehatan : Tidak ada
Minor concerns untuk masalah kesehatan : renal cortical hypoplasi, trichiasis, PRA, KCS, CHD, Otitis externa, portacaval shunt, inguinal hernias, entropion
Masalah kesehatan yang sesekali terlihat : vWD
test kesehatan yang disarankan : Mata
Lama usia : 11-14 tahun

foto


Sejarah Asal Mula
Shih Tzu (atau lebih tepatnya, Shih Tzu Kou) yang berarti "anjing singa", menjadikan jenis anjing ini sebagai salah satu jenis hewan yang paling terhormat di China karena hubungannya dengan agama Buddha. Meskipun Shih tzu paling sering dikaitkan dengan China, namun jenis ini mungkin berasal dari Tibet pada awal abad ke 17, dimana statusnya saat itu sebagai anjing suci.

Shih Tzu adalah anjing peliharaan rumah yang disukai selama jaman Dinasti Ming dan sangat bernilai bagi keluarga kerajaan. Saat Inggris menjarah istana kerajaan, sebagian besar anjing hilang dan jenis ini mengalami kemunduran besar. Shih Tzu pertama kali dipamerkan sebagai Lhassa lion dog, sejak saat itu, anjing ini menjadi sangat terkenal. Di Amerika, jenis ras ini mulai menjadi sangat populer tahun 1960an, yang kemudian diakui oleh AKC tahun 1969. Popularitasnya terus berkembang dan anjing ini termasuk salah satu jenis anjing toys yang sangat terkenal.




Sumber :

animal.discovery.com
dogbreedinfo.com
youtube.com

Last Edited : 13 May 2014 12:56:54
08 Jun 2013 16:51:10
#2
Avatar ShihTzuLover
ShihTzuLover
Total Post : 16
cheerful

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.