AnjingDijual.com
Info: Per 2 Nov 2020, Jam Operasional Resmi 10.00-17.00 WIB. Batas Konfirmasi jam 16.00 WIB.
Buat Thread Baru Kirim Komentar
22 Aug 2014 22:38:12
#1
Avatar Esu.Peta
Esu.Peta
Total Post : 40

Pikirkan Secara Matang Bila Ingin Memelihara Binatang

Sudah lama sekali sebenernya saya ingin memposting point of view saya mengenai kepemilikan hewan peliharaan. Selama hidup saya sudah banyak saya bertemu dengan org yang mempunyai hewan peliharaan yang bermacam-macam. Dari mulai unggas2an, ikan2an, reptil, mamalia, hingga serangga. Dari mulai hewan kecil sampai hewan besar. Dan tidak jarang beberapa dari mereka mendapatkan kesusahan dikarenakan tidak matangnya persiapan lahir batin untuk menghidupi hewan peliharaannya.

Lemahnya perkiraan dan hitung-hitungan biaya makan dan obat-obatan untuk hewan peliharaan dapat membuat pemilik hewan akhirnya menelantarkan begitu saja hewan peliharaannya. Dan itu yg membuat saya sangat geram. Geram karena masih banyak sekali orang yang seperti itu dari mulai kenalan saya sendiri sampai orang-orang yg ngakunya pencinta binatang namun curhat sana sini di thread postingan minta saran bagaimana menangani hewan peliharaannya yg sedang sakit dan tidak bisa dibawa ke dokter hewan dikarenakan tidak ada biaya dll. Kalau orang bilang setiap orang berhak mempunyai binatang peliharaannya, menurut saya itu salah besar. Tidak semua orang berhak mempunyai binatang peliharaan kalau tidak bisa bertanggung jawab menghidupi peliharaannya dengan layak. Memelihara hewan itu harus siap secara emosional, lingkungan dan materil dan semuanya harus imbang. Singkatnya melihara binatang itu harus ada pertimbangan yang sangat matang.

Banyak contoh kasus seperti contoh pertama ada orang yang sangat ingin sekali punya anjing ras. Orang ini sampai rajin ngumpulin uang jutaan rupiah untuk bisa mendapatkan anjing ras tersebut sampai akhirnya uang sudah cukup terkumpul lalu beli lah anjing ras idamannnya. Namun dia tidak menghitung biaya hidup sehari2 dari mulai makanannya hingga biaya tidak terduga seperti anjing sakit dan kecelakaan sampai akhirnya anjing tersebut terlantar hingga mati ataupun dijual dengan kondisi yg mengenaskan.

Adapun orang yang tidak niat mengumpulkan uang demi mendapatkan anjing ras idamannya namun mendapat hibahan anjing dari seseorang kenalannya. Tanpa berpikir panjang langsung di iyakan dan diambil lah anjing tersebut.. Karena tidak memikirkan biaya hidup seperti contoh pertama akhirnya anjing tersebut mati atau terlantar sia-sia.

Contoh kedua ada orang yang sangat ingin anjing peliharaan tanpa memperhitungkan lingkungan hidupnya mendukung atau tidak. Ingat tidak semua orang welcome dengan anjing even anjingnya sangat terdidik sekalipun. Orang tersebut harus pindah2 dari rumahnya sendiri sampai ke apartment dan kos2an dan akhirnya harus menyerah dan dijualah anjing peliharannya.

Contoh lain mengenai lingkungan hidup seperti orang yang tinggal di daerah dengan minimnya keperluan untuk hewannya dari mulai susah mencari makanan hewan, vitamin hewan hingga hal terpenting susahnya mendapatkan fasilitas dokter hewan yang layak dan dapat menangai segala keperluan kesehatan hewan.. Cari terlebih dahulu apakah lingkungan tempat anda tinggal dapat memenuhi kebutuhan hewan anda bila hewan peliharaan anda mengalami sakit atau kecelakaan mendadak. Jangan sampai pada akhirnya hewan peliharaan anda tersiksa karena tidak ada pertolongan yang memadai.

Contoh ketiga orang mempunyai anjing satu atau lebih dan tidak mempunyai waktu untuk mengurus anjingnya akhirnya anjing tersebut terlantar sia-sia, kutuan, mempunyai penyakit dalam dan luar seperti infeksi dalam dan sakit kulit. Akhirnya anjingnya mati sia-sia atau dibuang begitu saja. Tidak ada waktu untuk mengurus anjing juga sering akhirnya anjing tersebut dilepas berkeliaran begitu saja di area perumahannya. Tidak dikontrol makannya dan kebersihan anjingnya. Hal seperti ini selain membahayakan kehidupan anjingnya juga dapat membahayakan lingkungan sekitar bila pada akhirnya anjing tersebut mempunyai watak yg keras.

Contoh keempat orang yang tidak bisa menyamaratakan perasaannya untuk hewan hewan peliharaannya. Ada orang yang mempunyai hewan peliharaan lebih dari 2. Dan orang tersebut hanya menganak emaskan satu dari anjing-anjingnya. Pada akhirnya anjing yg "tertindas" mempunyai watak yang buruk lalu sang pemilik membuang begitu saja hewan tersebut..

Contoh kelima orang harus mempunyai kesabaran extra untuk mengurus hewan peliharannya. Kesabaran diperlukan untuk mendidik anjing agar tidak menggong-gong tidak poop sembarangan tidak menggigit furnitur dll mempunyai kesabaran untuk mengurus hewan yang sedang sakit. Banyak saya dapatkan pemilik yg tidak mempunyai kesabaran extra sampai pada akhirnya anjing mereka disiksa secara fisik ataupun dibuang begitu saja.

Masih banyak sekali contoh2 yang saya temukan tapi pada intinya dari pemikiran dan penilaian saya adalah untuk seseorang memutuskan memelihara hewan peliharaan harus dipikir dan disiapkan secara matang. Siap untuk membagi waktu, siap untuk memberi makan, siap untuk mengurus bila sedang sakit, siap untuk diberikan olahraga yg cukup, siap untuk mendidik, siap untuk memandikan dan lain lain. Jangan dianggap sepele.. Manusia mempunyai hak untuk mempunyai bintang peliharaan begitu juga hewan mempunyai hak untuk hidup dengan layak dan itu adalah tanggung jawab si pemilik.


Salam Esu.

22 Aug 2014 22:51:12
#2
Avatar Esu.Peta
Esu.Peta
Total Post : 40
Contoh paling baru saya dapatkan dari kenalan saya. Orang tersebut sangat menginginkan anjing ras yang sebenarnya tidak cocok untuk dipelihara di tempat teman saya tinggal. Karena anjing tersebut membutuhkan tempat tinggal yang tidak terlalu panas untuk rasnya dengan bulu yg sangat tebal. Teman saya tidak dapat membawa masuk anjingnya kedalam rumah dengan alasan keluarganya tidak memperbolehkan. Jadi anjingnya hanya ditaruh dipekarangan rumah dan akhirnya mati dikarenakan heatstroke. Minimnya persiapan dan komunikasi terlebih dahulu dengan keluarga, perkiraan penempatan anjingnya membuat anjingnya mati sengsara seperti itu contoh kalau memelihara hewan memang benar2 harus dipikirkan secara matang
23 Aug 2014 08:48:45
#3
Avatar 006737
006737
Total Post : 245
Setuju dng point esu peta memelihara anjing tidak murah.. kalau sekedar memberi makan tidak masalah. Apabila anjing kita sakit biaya tidak sedikit. Contoh,, pom saya livernya bermasalah.. perlu 2x cek darah.... rawat inap, ke drh berkali kali, dan 3 org drh. Obatnya, waktunya, jasa drhnya dan kita juga ikutan sedih.
Contoh ke 2 waktu pom saya lompat dan jatuh harus digips selama 1 bulan 2x,,, biayanya juga lumayan
23 Aug 2014 09:59:14
#4
Avatar Thomson
Thomson
Total Post : 32
Betul....sekali harus siap lahir n bathin smile
23 Aug 2014 21:08:04
#5
Avatar Toby
Toby
Total Post : 28
Setuju...memelihara hewan peliharaan adalah suatu komitmen,harus siap segalanya,bukan karena suka atau bisa kasi makan saja,tapi harus siap dalam setiap kondisi yang ada..
24 Aug 2014 20:26:13
#6
Avatar Zasky
Zasky
Total Post : 294
Tidak cuma anjing, juga hewan peliharaan lain harus dipertimbangkan dari semua aspek jika ingin memeliharanya.
25 Aug 2014 06:53:08
#7
Avatar marwanti.nuraini.5
marwanti.nuraini.5
Total Post : 7
Ya benar...paling sedih kalau udah kita pelihara baik2 eh tau2nya dicuri orang...justru itu yg tak ternilai...mknya setelah doggy saya ilang...sy tdk pelihara lagi krn waktu hilang sy nangis 7 hari gak brenti2...jadi mending baca2 ttg doggy di anjingdijual.com
25 Aug 2014 12:50:21
#8
Avatar Barney
Barney
Total Post : 5
betul. Butuh komitmen bukan cm dr segi biaya, tp waktu dan perhatian juga
25 Aug 2014 13:38:36
#9
Avatar Elton
Elton
Total Post : 5
Kalau Saya lain lagi problemnya, Istri suka pelihara anjing, Saya juga suka,..anak-anakpun suka sama anjing, dulu kami pelihara bukan anjing ras, sejak saya bawa anjing Golden, di rumah nambah anjing dua ekor Husky. Masalahnya mainset istri saya beda dengan saya, menurut dia Anjing diberi minum air mentah itu nggak apa-apa, diberi sisa kulit ketimun, wortel, sisa kepala ikan lele goreng, cangkang telur rebus, itu aman-aman saja, Saya sering marah klo ketahuan dia memberi makanan begitu, tapi bagaimana mengawasi, waktu saya lebih banyak di luar rumah. Saya hanya titip pesan via anak-anak, jangan beri makan yang bukan untuk anjing, tempo lalu Golden saya meninggal di susul Husky perempuan, Istri minta dicarikan Husky lagi, tapi saya nggak kasi,…Saya pikir kasihan klo sampai ngalami kaya’ anjing saya ini, bagaimana yha cara mengubah mainset yang keliru itu,…sebab kalau di ingatkan, selalu bilang nggak apa-apa, buktinya anjingnya mau makan apa yang kita berikan,…akhir-akhir ini saya sering kasi postingan Andi via FB dia,…semoga cepat sadar yha
25 Aug 2014 15:35:52
#10
Avatar Meme.Yuliana
Meme.Yuliana
Total Post : 13
setuju 006737. pom ku br umur 1,5 bln kena sakit nd mau makan, minum. bolak
balik dokter tiap hari. kadang 1 hari bisa 2kali. blm perawatan di rumah, kasi madu , makanan
disuapin.semoga cepet sembuh ya sayang.
25 Aug 2014 22:04:01
#11
Avatar Rottfan1
Rottfan1
Auto Banned
Total Post : 905
HEAr hear grin
10 Sep 2014 00:03:52
#12
Avatar Chika
Chika
Total Post : 20
Setuju . Intinya kalo mau plihara ya tanggung jawab kaya anak sendiri ..
13 Sep 2015 02:32:16
#13
Avatar 016532
016532
Total Post : 1
Memelihara anjing memerlukan pertimbangan:
1. Lingkungan
Tidak semua ras anjing bisa tinggal di tempat panas karena bisa heatstroke lalu kejang2 akhirnya mati. Sekali anjing heatstoke susah disembuhkan, harus segera diinfus, ditempatkan di tempat sejuk dan dikompres es.
Lingkungan dg banyak anak bermain mercon besar dg suara ledakan yg hebat bisa membuat anjing stres, tdk mau makan, gelisah lalu sakit karena tdk semua karakter anjing tahan dg suara mercon besar.
Tempat lembab dapat menimbulkan jamur pd anjing, biasanya tempat lembab ini terkondisi karena tdk ada cahaya matahari yg masuk ke ruangan tersebut, untuk itu lebih baik anjing anda tdk diletakkan disitu, atau jika memang terpaksa ditempatkan disitu maka perlu setiap pagi menjemur anjing sekitar 15-20 menit tapi harus disediakan air minum.
2. Makanan
Anjing tdk bisa memakan semua jenis makanan orang, spt cokelat, keju, susu yg mengandung laktat, dll. Jgn memberi tulang sbg makanan anjing karena menyebabkan luka dinding usus, kecuali tulang muda. Sebaiknya memberi makan anjing dg dog food jika anda tdk dpt merancang makanan sendiri. Nutrisi pd dog food sudah cukup utk anjing dan lebih praktis. Harap diperhatikan agar jgn memberi makanan berlebih utk anjing spy tdk obesitas sebab obesitas akan menimbulkan penyakit jantung, sesak nafas, anjing menjadi malas berjalan, dan menurut pengalaman beberapa breeder pd anjing yg obesitas susah hamil karena lemak yg berlebih menyumbat jalannya sperma pd saluran menuju rahim.
Pemberian air minum sebaiknya air matang sebab selain meminimalkan bakteri, juga menghindari cacingan. Jika memasak air utk anjing maka pilihlah air yg tdk tercemar limbah, jgn pula memberi air PDAM sebab kaporit adalah racun dan racun tdk bisa dibinasahkan walau suhu lebih dari 100 derajat celcius. Harap tdk terlambat memberi air minum pd anjing karena dehidrasi tdk bisa ditoleransi tubuh anjing dan berakibat fatal hingga kematian.
3. Penyakit
Penyakit anjing bermacam-macam. Anjing yg sakit harus segera diobati, jika kita tdk bs mengobati sendiri maka hubungi dokter hewan. Jangan menerlantarkan anjing apalagi sedang sakit sebab bagaimanapun kita harus menghargai ciptaan Tuhan.
Bagi anda yg sibuk berat sampai tdk ada waktu mengurus anjing anda maka sebaiknya hibahkan atau jual anjing tsb pada orang lain yg mampu mengurus.
25 Jan 2017 09:42:28
#14
Avatar Destari.Lindjen
Destari.Lindjen
Total Post : 14
sangat setuju,sy mengalami sendiri keadaan diatas,sy menginginkan anjing ras tanpa berpkir budget yang hrs diklurkan ,perwat,limgkungan! dtempat sy tidak ada tempt perwatn anjing,dokter hewan,serta penjulan makanan yg tdk lengkap. anjing jarang berolahrga karena sy sibuk bekerja sedngkn anjing golden sy hrs bnyk berolarga krna tubuh yang besar,ditambah sy tdk punya wkt untuk melatihnya kerna kecapean!sy sudah berpkiri untuk menjualnya karena kasihan, lingkungan yang tidak nyman krna tinggal dikost! sempat stress karena mmkirkna nya

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.