Gangguan SMS masuk/terima khusus dr XL/Axis/Indosat, bs krm ke 0857-1718-1790
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
17 Oct 2012 13:31:45
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Cara Membersihkan Telinga Anjing

Menjaga kebersihan telinga anjing sangatlah penting. Anjing memiliki bagian telinga dalam yang bentuknya berkelok-kelok sehingga sangat mudah bagi parasit, bakteri dan jamur untuk bersembunyi dan berkembang di dalamnya yang mengakibatkan telinga anjing menjadi infeksi. Bersihkan telinga anjing secara rutin sekali dalam seminggu atau berdasarkan saran dokter hewan anda.

Berikut langkah-langkah cara membersihkan telinga anjing :
  • Langkah 1 : menghilangkan kotoran telinga (wax) dan kotoran lainnya pada saluran telinga

    foto

    Konsultasikan dengan dokter hewan anda, produk apa yang sebaiknya digunakan dan seberapa sering menggunakannya. Penggunaan cairan pembersih yang berlebihan dapat merusak telinga. Jika lubang telinga memiliki banyak bulu, maka bulu tersebut harus dicabut dengan pinset atau hemostat. Banyaknya bulu pada lubang telinga dapat mengurangi aliran udara ke dalam telinga. Aliran udara yang baik sangat penting untuk menjaga kesehatan telinga.

    foto

    Teteskan cairan pembersih telinga ke dalam lubang telinga. Beberapa tetes harus diteteskan pada bagian dalam daun telinga dan lalu ujung botol pembersih dimasukkan kira-kira beberapa milimeter ke dalam lubang telinga (jangan sampai terlalu dalam) dan teteskan beberapa tetesan ke dalamnya. Hati-hati jangan terlalu kuat menekan botolnya saat kondisi ujung botol diselipkan di dalam lubang telinga karena bisa memecahkan gendang telinganya. Anjing biasanya akan mengoyangkan/ menggelengkan kepalanya begitu tetesan cairan pembersih masuk ke dalam telinganya untuk mengeluarkan cairan tersebut (biarkan saja dan tidak usah meneteskannya lagi karena ini termasuk dalam proses pembersihannya).

  • Langkah 2 : Memijat saluran telinga / kanal telinga

    foto

    Pijat lubang telinga untuk melepaskan kotoran dalam telinga. Menggabungkan tulang rawan di dasar telinga dengan ibu jari dan telunjuk secara lembut namun menyeluruh, lakukan setidaknya selama 60 detik. Lalu biarkan anjing anda menggoyangkan atau menggelengkan kepalanya untuk membersihkan saluran telinganya dari sisa cairan pembersih yang sudah mengandung kotoran telinga, bakteri, jamur dan lainnya.

  • Langkah 3 : Mengelap / membersihkan telinga dari kotoran

    foto

    Gunakan bola kapas dengan ukuran lebih besar dari lubang telinga anjing untuk menghapus cairan dari bagian dalam daun telinga. Hindari menggunakan cotton bud atau semacam itu. Penempatan cotton bud yang terlalu dalam bisa memecahkan gendang telinga atau bisa memasukkan kotoran telinga lebih dalam ke dalam saluran telinga. Hindari untuk membersihkan bagian dalam telinga anjing kecuali dokter hewan atau profesional yang melakukannya.
Periksakan ke dokter hewan jika anda menemukan ciri-ciri di bawah pada telinga anjing anda :
- warna kemerahan
- mengeluarkan tumpukan kotoran berwarna hitam atau kuning
- bau
- bengkak
- berkerak
- bulu rontok
- anjing seringkali menggaruk telinga atau menggosokkan telinga ke lantai atau permukaan lainnya.
- sering menggelengkan telinga

Jika telinga anjing anda sedang dalam masa pengobatan maka berikut langkah tambahannya :
  • Langkah 4 : Memakaikan obat ke saluran/kanal telinga

    foto

    Lakukan ketiga langkah diatas sebelum masuk ke langkah ini. Tunggu sekitar 15-20 menit setelah membersihkan telinga anjing sebelum memakaikan obat ke dalam kanal telinga sesuai yang sudah diresepkan oleh dokter hewan anda. Memakaikan obat yang paling efektif adalah pada telinga yang sudah bersih. Jika obat ditempatkan di atas kotoran telinga maka obat tersebut tidak akan efektif.

  • Langkah 5 : Meratakan obat ke seluruh saluran/kanal telinga

    foto

    Sekali lagi, pijat lubang telinga setelah memakaikan obat untuk membantu mendistribusikan obat sepanjang kanal telinga anjing. Dan selesai!

Berikut video panduan cara membersihkan telinga anjing :



Sumber:
vetguru.com

Last Edited : 17 Oct 2012 13:49:20
17 Oct 2012 15:54:33
#2
Avatar M4NB35TFR13ND
M4NB35TFR13ND
Total Post : 199
Terima kasih atas informasinya tetapi selama ini saya rajin membersihkan telinga anjing saya dengan menggunakan kapas untuk muka, cotton bud, dan alkohol 70%. Ini saya terapkan berdasarkan apa yang saya lihat dan saran dari dokter hewan langanan saya. Akan tetapi setelah membaca post dari nikita saya rasa harus beli ear cleaner. Thanks
27 Oct 2012 18:17:45
#3
Avatar C4V4LER4_D1177
C4V4LER4_D1177
Total Post : 1
Terimakasih informasinya.. Biasanya saya membersihkan dengan handbody ^^
Last Edited : 27 Oct 2012 18:18:04
02 Nov 2012 14:04:24
#4
Avatar Olivia.Samsudin
Olivia.Samsudin
Total Post : 31
aku biasanya bersihinnya pake waslapnya bayi yg halus trus pake air hangat kira2 cara itu bener ndak?
11 Dec 2013 01:24:04
#5
Avatar Rottfan1
Rottfan1
Auto Banned
Total Post : 905
kalo bisa bersihkan pake handuk bersih yang sudah di sempot antiseptic, saya gak berani membersihkan terlalu dalam atau dengan cutton bud mungkin sy bawa ke vet kalo mau juga smile
17 Mar 2014 13:01:06
#6
Avatar Anie.Hombings
Anie.Hombings
Total Post : 91
yg jd masalah buatku..anjingku pasti beguling2 ga jelas klo telinganya d pegang
18 Mar 2014 02:45:44
#7
Avatar Rottfan1
Rottfan1
Auto Banned
Total Post : 905
aku baru sadar abis baca artikel ini lagi, anjingku emang suka garuk2 kuping kalo dicium isinya agak bau,a ku cuma bersihin pake tisue, nanti dehkalo dia masih garuk2 aku coba , makasih
28 Nov 2016 18:57:03
#8
Avatar anjing-dijual121810
anjing-dijual121810
Total Post : 1
Halo.. anjing saya ada tungau di telinga kiri.. trus ke dokter di kasi obat tetes.. setelah tetes telinga anjing saya jd makin berdiri(normal ny anjing tertutup) masalah nya apa yh? Jd ny penampilan nya skrng telinga kanan tutup telinga kiri berdiri tinggi.. bagi solusi plis.. thanks

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.