INFO Komunikasi Lebih Lancar & Pasti Sampai via Email ke AnjingDijual@gmail.com (Prioritas, dibalas lebih cepat!)
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
05 Aug 2014 10:26:22
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

10 Hal Penyebab Anjing Pincang ( Dari Kasus Ringan sampai Berat )

foto

Anjing pincang bisa disebabkan karena sejumlah masalah medis, mulai dari trauma sampai dengan kondisi menahun yang tidak terlalu kelihatan. Kadang meski hanya pincang sedikit saja bisa jadi adalah sebuah gejala dari kondisi yang mematikan, seperti tumor ganas.

Berikut daftar dari beberapa kemungkinan yang bisa menyebabkan anjing menjadi pincang:

Cedera pada Jaringan Lunak
Ini adalah penyebab paling umum yang membuat anjing pincang. Hal ini termasuk keseleo, otot ketarik, dan trauma ringan yang serupa. Cedera ini tidak terlalu serius dan bisa disembuhkan dengan istirahat beberapa hari, dan anagelsik ringan (obat pereda nyeri).

Arthritis
Jika anjing Anda semakin lama semakin bertambah kesulitan untuk bangun setelah berbaring atau duduk selama beberapa waktu, atau kesulitan menaiki tangga, maka periksakan ke drh untuk mengetahui apakah anjing Anda terkena arthritis. Jika Anda memiliki anjing besar, kemungkinan hip dysplasia juga bisa muncul.

Luka pada bantalan kaki (Footpad/paw)
Lihat apakah ada luka pada bantalan kaki. Juga periksa apakah ada serpihan atau benda asing lainnya (duri, batu tajam) yang tertancap di bantalan kaki atau diantara jari kaki. Dan juga apakah ada cakar yang patah. Waspada bila ada bengkak atau tanda-tanda infeksi lain di semua area kaki. Kondisi cuaca ekstrim juga dapat menyebabkan retak pada jaringan bantalan kaki yang bisa terasa menyakitkan.

Patah Tulang Tertutup (Closed Fracture)
Jenis patah tulang ini terjadi saat patah tulang yang terjadi tidak menembus atau merobek kulit. Kondisi ini mungkin tidak segera diketahui karena kaki tidak kelihatan cacat atau terpelintir.

Patah tulang kompleks (Compound Fractures)
Ini adalah jenis patah tulang yang sangat serius dimana patahan tulang menusuk kulit. Kondisi ini seringkali menyebabkan infeksi berbahaya pada tulang.

Patah tulang Epiphyseal dan Greenstick
Patah tulang Epiphyseal biasa terjadi pada bagian ujung tulang panjang (spt tulang paha, tulang lengan) pada anak anjing dan anjing remaja. Area bagian ujung ini disebut growth plates (piringan pertumbuhan/piringan epiphyseal) dan karena bagian ini relatif rapuh sehingga mudah patah.

Greenstick Fracture adalah retak pada tulang dimana kondisi tulang masih utuh.

Growing Pains
Growing Pains atau istilah medisnya Panosteitis adalah kondisi tulang tertentu yang menimbulkan rasa sakit yang melibatkan tulang panjang pada kaki. Umumnya dialami anjing ras besar dan terjadi antara usia 5 sampai 18 bulan. Kondisi ini seringkali menyakitkan saat terjadi namun bisa hilang setelah anjing sudah melewati masa pertumbuhannya. Biasanya ditandai dengan pincang tiba-tiba dan bisa berpindah dari kaki satu ke kaki lainnya. Penyebabnya sendiri belumdiketahui jelas.

Cedera pada ligamen
Ligamen adalah jaringan fibrosa yang menghubungkan tulang satu dengan tulang lainnya pada sendi. Ketika ligamen ini cedera, stabilitas sendi menjadi terganggu dan menyebabkan pincang pada anjing semakin buruk dari waktu ke waktu.

Tumor
Pincang adalah salah satu gejala yang berhubungan dengan tumor pada tulang atau otak atau sistem saraf pusat. Jika Anda melihat gejala mencurigakan lainnya selain pincang, yaitu seperti pusing atau disorientasi, atau Anda menemukan ada benjolan aneh, bawa anjing Anda ke drh sesegera mungkin. Tumor seringkali mengancam jiwa, sehingga semakin dini diketahui semakin baik.

Tempurung lutut bergeser
Lutut anjing Anda bisa tiba-tiba bergeser untuk berbagai alasan seperti trauma dan infeksi. Lutut bisa bergeser keluar dari tempatnya dan juga dapat seketika kembali lagi ke tempatnya. Jadi waspadalah jika hal ini sering terulang terjadi pada anjing Anda.


Sumber:
http://www.vetinfo.com/injuries-dog-injury.html
http://www.veterinarypartner.com/Content.plx?A=3238
http://en.wikipedia.org/wiki/Ligament

Last Edited : 05 Aug 2014 10:36:14
08 Oct 2015 18:35:18
#2
Avatar enos.berlin
enos.berlin
Total Post : 1
Itu sakit apa ya
24 Jan 2017 21:36:40
#3
Avatar laijason588
laijason588
Total Post : 1
Kalau obat keseleo apa ya gan
26 Jul 2017 12:42:38
#4
Avatar z.surahmadi1972
z.surahmadi1972
Total Post : 1
Anjing bulmastif saya pincang dah 1mg ini.aku pijat2x tak ada yg terasa sakit.klo untuk jln kelihatan sekali pincangnya.umur sktr 1thn.mohon petunjuk !?
05 Aug 2017 18:15:33
#5
Avatar leonyanastasya22
leonyanastasya22
Total Post : 1
Anjing mini pincher saya pincang kakinya bengkak pas dipengang anjingnya mengerang kira kira udah sekitar 3 harian belum sembuh " kenapa ya?mohon
07 Sep 2017 17:55:00
#6
Avatar 024779
024779
Total Post : 1
Mau nanya dong dok saya punya anjing shih tzu dia memiliki pincang cedera pada jaringan lunak dan baru kemarin anjing saya pincang apakah itu bisa kembali seperti semula dan perlu waktu berapa hari ?
Last Edited : 07 Sep 2017 17:56:10
25 Sep 2017 06:32:59
#7
Avatar rickysean54
rickysean54
Total Post : 1
anjing saya udah brp hari gak mkan , kurus , trus pincang jlnnya krna ada bengkak di kaki kanan ..

gmna cara pengobatannya yah dok? soalnya di daerah aku blm ada dr hewan .
bisa pake obat sakit manusia gk dok?
Last Edited : 25 Sep 2017 06:34:55
27 Sep 2017 05:32:55
#8
Avatar Gregorius.Erwin
Gregorius.Erwin
Total Post : 1
Anak anjing saya Beagle, usia 2 bulan setengah, setiap pagi saya ajak lari, cuma kenapa kok larinya seperti miring begitu ya, tidak ada keanehan lainnya, mohon infonya, thanks
18 Mar 2018 12:27:22
#9
Avatar Teguh.Mulyawati
Teguh.Mulyawati
Total Post : 1
@rickysean
Klo saya biasanya kalo anjing kram atau pincang saya pakaikan arak gosok yg buat tulang keseleo atau bengkak. Belinya di Toko Obat china.

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.