Komunikasi Lebih Lancar & PASTI sampai via email ke anjingdijual@gmail.com | Fitur Baru! Sundul Iklan via E-mail, Praktis & GRATIS!
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
31 Jul 2014 12:29:20
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Video Gimana Cara Anjing Mendapat Informasi Dari Mengendus Pantat Anjing Lain

foto

Kenapa anjing mengendus pantat anjing lain? Video berikut ini mengungkap bahwa perilaku tsb adalah komunikasi kimia yang dilakukan dalam dunia anjing.

Berdasarkan video terbaru dari American Chemical Society, itu semua dilakukan untuk mendapatkan informasi penting tentang anjing lain seperti jenis kelaminnya, keadaan emosional, pola makan, dan banyak lagi.

"Anggap saja seperti sedang berbicara dengan bahan kimia" kata narator dalam video, mengacu pada sekresi kelenjar yang dikeluarkan oleh kelenjar didalam kantung anal anjing. "Bahkan, perilaku mengendus pantat hanya salah satu contoh dari banyak komunikasi kimia yang dilakukan dalam dunia hewan."

Tentu saja, indera penciuman anjing terkenal sangat tajam 10,000 sampai 100,000 kali lebih tajam daripada manusia, berdasarkan video ini.

foto


Lalu, bagaimana cara anjing mendapatkan informasi dari mengendus pantat anjing lain?

Video ini menjelaskan bahwa pada tahun 1975, Dr George Preti dari Monell Chemical Senses Centre di Philadelpia meneliti sekresi anal anjing dan coyote liar untuk mempelajari perilaku ini.

Mereka menemukan bahwa kantung anal anjing mengeluarkan zat kimia yang dapat diidentifikasi oleh anjing lain.

Salah satu kelenjar yang ada disini adalah apocrine gland, yang memberikan anjing bau alami.

Kelenjar lainnya disebut sebaceous gland juga memainkan peran, yaitu sebagian besar melumasi kulit dan bulu anjing termasuk membuatnya anti-air atau waterproof.

Dr Preti menemukan bahwa senyawa kimia utama dikeluarkan dari kelenjar-kelenjar ini dan menghasilkan aroma anjing yang terdiri dari berbagai rantai pendek acid dan sesuatu yang disebut trimethylamine.

Trimethylamine adalah senyawa organik yang merupakan produk penguraian dari tumbuhan dan daging hewan, dan aroma ini seringkali dikaitkan dengan bau ikan busuk atau bau mulut.

Aroma ini dikeluarkan dan ditangkap oleh anjing lain yang mengendusnya.

Tetapi bagaimana anjing bisa menangkap aroma ini padahal bersamaan dengan aroma-aroma lain yang lebih kuat yang muncul dari kotoran anjing?

"Anda mungkin akan berpikir aroma dari kotoran anjing bisa mengalahkan aroma yang satu ini, namun anjing memiliki sistem penciuman kedua di dalam hidung hyper-sensitif mereka yang disebut organ jacobson" narator menjelaskan.

Organ ini dirancang secara khusus untuk menciumi aroma komunikasi kimia dan tidak untuk menciumi aroma-aroma lainnya. Dengan memiliki saraf-saraf yang langsung menuju ke otak, organ ini bisa menghindari organ lain dalam hidung yang digunakan untuk penciuman sehingga membuat anjing dapat mengenali karakteristik aroma komunikasi kimia.

Jadi, dari kesimpulan video ini, alasan anjing saling menciumi pantat satu sama lain bukan untuk kesenangan tetapi lebih untuk mengenal satu sama lain dengan cara aromatik khusus.



Sumber:
http://www.huffingtonpost.com/2014/07/28/why-do-dogs-sniff-each-others-butts-video_n_5627304.html
http://www.dailymail.co.uk/sciencetech/article-2709709/Why-DO-dogs-smell-bottoms-Video-reveals-surprisingly-complex-chemical-communication.html
youtube by Reactions

Last Edited : 31 Jul 2014 12:45:34

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.