Komunikasi Lebih Lancar & PASTI sampai via email ke anjingdijual@gmail.com | Fitur Baru! Sundul Iklan via E-mail, Praktis & GRATIS!
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
15 Jul 2014 14:51:24
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Breed Of This Week : Dalmatian

foto

Dalmatian adalah anjing berukuran sedang, atletik dengan tulang yang kokoh, memiliki daya tahan yang kuat, dengan gerakan yang stabil dan tanpa usaha. Ekspresinya siaga dan cerdas. Memiliki bulu pendek dan licin.Bintik atau tutul khas pada tubuhnya merupakan poin penting dari ras ini. Bahkan tidak hanya ditubuhnya, bintik-bintik tsb juga ada di dalam mulut mereka. Dan saat lahir, tubuh mereka putih polos tidak ada satupun bintik.

foto


Dengan kemampuan berlari bermil-mil, anjing Dalmatian tetap mempertahankan antusiasmenya yang tidak kenal lelah ini. Ia adalah teman yang menyenangkan dan bersemangat yang membutuhkan olahraga aktif setiap hari di area yang aman jika menginginkannya untuk berperilaku baik di rumah. Ia sangat suka berlari dan menjelajah. Bisa agresif terhadap anjing lain yang tidak dikenalnya, tetapi secara umum baik dengan hewan peliharaan lain dan terutama dengan kuda. Anjing ini bisa terlalu energik bagi anak-anak. Ia cenderung kurang bersahabat dengan orang asing. Bisa keras kepala.

Catatan: Anjing Dalmatian tuli membutuhkan pelatihan khusus dan bisa memiliki masalah perilaku. Mereka mudah terkejut dan bisa bergerak tiba-tiba. Mereka tidak disarankan untuk keluarga yang memiliki anak-anak.

foto


Negara asal : Yugoslavia
Jenis Family : scenthound, pointer
Tahun Asal : zaman kuno
Awalnya berguna sebagai : carriage dog
Saat ini berguna sebagai : companion
Ukuran rata-rata Jantan : Tinggi 48-58 cm. Berat 18-27 kg .
Betina : Tinggi 48-58 cm. Berat 18-27 kg.

Tingkat energi : tinggi
Kebutuhan akan latihan/Exercise : medium
Tingkat keaktifan : cukup aktif
Keramahan terhadap anjing lain : ramah
Keramahan terhadap hewan peliharaan lain : ramah
Keramahan terhadap orang asing : ramah
Kemudahan untuk dilatih : cukup mudah dilatih (disarankan melatih sejak usia dini)
Kemampuan Watchdog : Tinggi
Kemampuan Melindungi / Protection : cukup protektif
Kebutuhan Grooming : rendah
Toleransi terhadap dingin : rendah
Toleransi terhadap panas : medium

foto


Perawatan dan Kesehatan
Anjing Dalmatian membutuhkan banyak olahraga teratur dan perhatian. Dibutuhkan lebih dari jalan kaki pendek dengan tali, ia bisa dijadikan sebagai teman jogging yang baik. Kebutuhannya juga bisa dipenuhi dengan permainan yang aktif dan berlari. Meskipun Dalmatian bisa hidup di outdoor dalam iklim sedang atau hangat, ia tetap memerlukan tempat tinggal, kasur yang empuk dan yang terpenting dari semua, adalah teman. Jadi, yang terbaik adalah mengijinkannya tinggal di dalam rumah dan bermain di halaman.

Hanya memerlukan perawatan bulu yang sederhana, tetapi lebih sering menyisir bulu akan membantu menghilangkan bulu mati di tubuhnya.

Major concerns untuk masalah kesehatan : ketulian, urolithiasis
Minor concerns untuk masalah kesehatan : alergi, epilepsi
Masalah kesehatan yang jarang terlihat : CHD, vWD
test kesehatan yang disarankan : pendengaran
Lama usia : 12-14 tahun
Catatan: Cacat lahir yang unik dari Dalmatian adalah ketidakmampuan untuk memetabolisme asam urat menjadi allantoin, sehingga mengarah kepada kecenderungan untuk membentuk batu kemih.

Sejarah asal mula
Dalmatian adalah jenis anjing yang memiliki motif paling khas diantara jenis anjing lainnya, tetapi asal dari motif pada bulunya itu tidak diketahui. Meskipun ada bukti barang seni yang menunjukkan asal mereka dari zaman kuno, namun waktu dan tempat lahirnya jenis ras ini tidak diketahui. Nama ras ini sendiri berasal dari nama 'Dalmatia', sebuah daerah di Yugoslavia barat, namun ras ini mungkin tidak berasal dari sana. Nenek moyang mereka mungkin termasuk versi kecil dari Great Dane atau pointer yang bertutul/bermotif, meskipun ini juga masih dugaan. Bahkan fungsi asal dari jenis ras ini tidak jelas, tetapi hal itu mungkin karena ras ini digunakan dalam begitu banyak peran. Peran-peran ini termasuk anjing perang, anjing penjaga, anjing gembala, anjing penarik kereta angkut, anjing penangkap tikus, anjing retriever, anjing penangkap burung, dan bahkan anjing sirkus. Di Inggris, anjing ini dikenal dengan nama 'coach dog'. Coach dog ini bertugas dalam dua peran, yaitu melindungi kuda-kuda dan sebagai penambah sentuhan gaya dalam prosesi.

foto

foto


Anjing-anjing ini akan berlari di samping, di depan atau di belakang roda kereta pengangkut yang ditarik oleh kuda (dianggap sebagai sebagai posisi yang paling elegan). Dengan munculnya mobil, Dalmatian kehilangan tempatnya di masyarakat kalangan atas, dan popularitasnya menurun. Mereka masih berperan sebagai coach dog untuk kuda-kuda penarik mesin pemadam kebakaran, dan hal ini menjadikannya saat ini dikenal sebagai 'anjing pemadam kebakaran'.

foto


foto


Corak atau motif bulu yang dimiliki, membuat Dalmatian populer sebagai anjing peliharaan dan anjing show, serta penampilannya dalam film anak-anak terkenal, berhasil melambungkan namanya sebagai salah satu ras yang paling populer di Amerika.




Sumber:
http://www.animalplanet.com
Foto dari berbagai sumber

18 Jul 2014 12:56:45
#2
Avatar bennysucipto
bennysucipto
Total Post : 9
inget filmnya dulu... min nikita request artikel tentang gelar anjing dong sama istilah2nya seperti ipo Int. Ina. Mac. Bul. trus liter a liter b dll...????
21 Jul 2014 21:06:42
#3
Avatar 014738
014738
Total Post : 2
Slmt malam Admin, apakah admin punya film anjing Hachiko? Kalau ada aku minta, Flm itu sangat terinfirasi ku tuk mau punya anjing pintar seperti Hachiko......... mohon di aplod videonya kalau ada. Maksai ya?

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.