Komunikasi Lebih Lancar & PASTI sampai via email ke anjingdijual@gmail.com | Fitur Baru! Sundul Iklan via E-mail, Praktis & GRATIS!
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
03 Jul 2014 13:41:43
#1
Avatar Jesse.Geraldo
Jesse.Geraldo
Total Post : 22

apakah tanda2 anjing kutuan?

saya punya siberian husky 2 bulan, dia sering garuk bagian belakang kepalanya.. saya tidak tau apakah dia kutuan atau tidak.. apakah tanda2 jika anjing kutuan? dan bagaimana cara mengatasinya? thanks

03 Jul 2014 20:28:05
#2
Avatar Zasky
Zasky
Total Post : 294
Untuk mengetahui anjing kutuan sangat mudah, tanda - tandanya :
1. Kotoran kutu (bintik gelap) pada bulu
2. Telur kutu (bintik putih) pada bulu

3. Anjing sering menjilat atau menggaruk secara berlebihan

4. Bekas luka/koreng atau iritasi kulit/hot spot pada kulit anjing

Jika diperiksa di tubuhnya ditemukan kutu, ada bermacam jenis kutu antara lain : Flea dan Tick.

Cara aman dan efektif menghilangkan caplak (Tick)
Jangan menggunakan bensin, cat kuku, vaseline, atau alkohol. Metode-metode ini bisa mendorong cairan yang terinfeksi masuk kembali ke dalam bekas lubang gigitan caplak pada tubuh anjing. Sebagai gantinya:

1.Gunakan sarung tangan atau tisu untuk menutupi tangan Anda
2.Tarik caplaknya dengan menggunakan pinset dari samping melalui kepalanya yang dekat dengan kulit

3.Jangan menekan bagian perut caplak yang besar ( pastikan jangan sampai bagian perutnya pecah)
Cuci area gigitan pada anjing Anda dan tangan Anda. Bagian mulut caplak yang tersisa biasanya jarang menimbulkan masalah yang serius. Namun jika Anda khawatir, hubungi dokter hewan.

Memerangi kutu (Flea) dan caplak (Tick)
1. Sampo :
Sampo untuk kutu dan caplak berguna untuk membunuh kutu dan caplak yang ada pada anjing Anda. Produk ini kurang efektif dalam pencegahan. Anda bisa membeli sampo tanpa resep dokter, tapi pastikan mengikuti petunjuk yang ada dengan cermat. Anda perlu menaruh samponya diseluruh tubuh anjing dan tunggu 10 menit sebelum dibilas.

2.Collar :
Flea Collar bisa efektif untuk mengusir kutu dan caplak, tetapi alat ini tidak boleh dipakai oleh anak anjing. The Natural Resources Defense Council menyuarakan kekhawatiran tentang adanya resiko kesehatan bagi manusia. Ada sebuah study yang menemukan bahwa sisa dari beberapa tipe flea collar mungkin dapat menimbulkan resiko bagi anak-anak dan orang dewasa yang menyentuh anjingnya. Organisasi ini menyarankan agar menggunakan pengobatan oral sebagai alternativenya.

3.Tablet :
Pengobatan kutu secara oral seperti tablet tersedia untuk anjing tetapi tidak bekerja melawan caplak. Salah satu tipe yang disebut Capstar adalah obat yang paling cepat membunuh kutu dewasa dalam waktu 24 jam. Obat lainnya menjaga agar telur kutu tidak menetas dan diberikan sebulan sekali. Beberapa obat kutu membutuhkan resep dokter. Periksakan dengan dokter hewan Anda untuk melihat pengobatan mana yang tepat untuk anjing Anda.

4.Obat Topical :
Obat topical digunakan pada punggung anjing Anda dan sangat efektif selama satu bulan. Beberapa obat topical membunuh kutu dan caplak, ada juga yang membunuh kutu dan telurnya. Beberapa merek obat topical adalah Advantage, Advantix, Revolution dan Frontline. Pastikan untuk membeli produk yang sesuai untuk anjing Anda dan ikuti petunjuk dengan seksama seperti dosis yang tepat sesuai ukuran anjing. Konsultasikan dengan dokter hewan jika Anda masih bingung dengan dosis yang tepat untuk anjing Anda.

5.Pengobatan Alami :
Beberapa orang memberi makan anjing mereka dengan bawang putih atau ragi pembuat bir dengan harapan menghasilkan bau yang bisa mengusir kutu. Akan tetapi, tidak ada bukti ilmiah untuk mendukung praktek ini. Bahkan lebih buruk lagi, bawang putih bisa menjadi racun bagi anjing. Salah satu cara alamiah yang bekerja adalah sisir kutu. Sisir kutu sama sekali tidak beracun dan menawarkan cara yang efektif untuk menghilangkan kutu dari anjing yang tidak bisa minum obat.



Pengobatan alami yang berbahaya
Beberapa pengobatan alami untuk menghilangkan kutu dan caplak bisa menyebabkan beberapa reaksi yang berbahaya bagi anjing Anda. Beberapa diantaranya:

1.Geranium
2.Lavender

3.Eucalyptus

4.Pennyroyal oil
5.Bawang putih dan bawang merah


Apakah perlu menggunakan Fogger/penyemprotan serangga?
Penyemprotan serangga bisa membunuh banyak kutu dalam sekaligus. Alat ini menggunakan pestisida yang kuat dan hanya direkomendasikan jika kondisi kutu sudah sangat banyak. Anda dan anjing Anda harus meninggalkan rumah saat dilakukan penyemprotan tersebut. Ikuti petunjuk untuk menentukan kapan waktu yang aman untuk kembali. Menggunakan semprotan dalam jumlah yang sangat banyak atau pulang terlalu cepat bisa menimbulkan resiko kesehatan bagi Anda dan anjing Anda.

Menjaga rumah bebas hama
Pertahanan pertama adalah membuat halaman Anda tidak bersahabat bagi kutu dan caplak. Memotong rumput secara teratur, meratakan semak-semak, menyapu daun-daun, dan menjaga sampah tertutup. Di dalam rumah sering vakum karpet dengan sikat putar atau beater bar. Mengepel lantai kayu dengan deterjen setiap minggu dan cuci semua seprai sesering mungkin.

1
Last Edited : 03 Jul 2014 21:56:29
03 Jul 2014 23:42:59
#3
Avatar Jesse.Geraldo
Jesse.Geraldo
Total Post : 22
Okay... thanks atas infonya

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.