INFO Komunikasi Lebih Lancar & Pasti Sampai via Email ke AnjingDijual@gmail.com (Prioritas, dibalas lebih cepat!)
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
01 Jul 2014 09:14:45
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Tips cara memberikan obat (pil/obat sirup) pada Anjing

Beberapa anjing akan memakan segala makanan yang diberikan kepadanya termasuk obat. Namun, kebanyakan anjing enggan menelan obat, terutama jika obatnya berupa pil atau kapsul yang besar, butuh dikunyah atau memiliki bau yang tidak enak. Beberapa anjing sangat waspada terhadap sesuatu yang tidak biasa dan akan menolak berbagai macam obat yang diberikan kepadanya.

foto


Baca beberapa tips berikut bagaimana cara memberikan obat kepada anjing Anda. Dan, pastikan obat yang Anda berikan telah dikonsultasikan dengan dokter hewan untuk memastikan bahwa obat yang diberikan tepat untuk anjing Anda dan dosis serta waktu pemberiannya.

Tips memberikan pil kepada anjing Anda :
# Beberapa pil tertentu dapat diberikan dengan cara mencampur ke dalam makanan sehari-hari atau treat kesukaan anjing Anda. Jika makanan harian anjing Anda berupa dog food kering/kibble, maka campurkan sedikit dog food basah atau makanan cemilan yang lembut (misalnya potongan keju kecil) dan masukkan pil ke dalamnya, lalu berikan langsung kepadanya.

foto

Atau, bisa juga dengan beberapa alternatif berikut:
- menggulung pil ke dalam selembar keju/lembaran daging
- memasukkannya ke dalam dog food basah kemudian dibulatkan-bulatkan
- mencampurkannya ke dalam peanut butter
- atau apa saja yang penting anjing Anda tidak alergi/bermasalah dengan makanan itu

Jika anjing Anda cenderung lebih suka mengunyah dulu daripada langsung menelan treat (cemilan) yang diberikan kepadanya, maka bagilah pil ke dalam beberapa bagian kecil. lalu, pertama berikan dulu treat yang tidak berisi pil baru kemudian berikan yang berisi pil dan diseling agar anjing Anda tidak menyadarinya.

Yang perlu diperhatikan dari tips ini:
* Pastikan sebelum mencampurkan pil dengan makanan, Anda sudah berkonsultasi kepada dokter apakah pil yang diberikan boleh dicampurkan dengan makanan dan makanan apa saja yang boleh dicampurkan dengan pil tsb serta apakah pil boleh dijadikan bubuk atau tidak. Karena menurut Webmd.com, ada beberapa pil tertentu harus diberikan utuh. Selain itu menjadikan pil sebagai bubuk, malah membuat rasa obat lebih terasa.

* Hindari mencampurkan pil dengan satu porsi penuh makanan karena jika anjing Anda tidak menghabiskan seluruh makanannya maka ia tidak mendapatkan dosis obat yang tepat.

# Jika cara diatas gagal atau pil yang diberikan tidak boleh dicampurkan dengan makanan, maka mau tidak mau Anda harus menyuapinya langsung. Sebelum memulai, siapkan treat kesukaannya.
1. Pegang pil di salah satu tangan Anda. Tempatkan tangan itu di rahang bawah anjing Anda dan tangan lainnya di rahang atas. Angkat kepalanya agak ke atas.

2. Buka mulut anjing Anda dan masukkan pil ke dalam mulutnya. Tempatkan pil di sisi belakang lidah (jangan terlalu dalam, juga jangan terlalu depan karena anjing akan memuntahkannya), dan lalu dengan segera tutup mulutnya.

3. Lanjutkan untuk menahan rahang anjing Anda agar tetap tertutup dan rendahkan kepalanya ke posisi normal yang akan membuatnya menelan lebih mudah. Berikan pijatan lembut pada lehernya dari atas ke bawah untuk mendorong agar dia menelan atau Anda juga bisa meniup hidungnya untuk merangsangnya menelan.

4. Segera setelah Anda yakin ia telah menelan pilnya, berikan pujian dan treat kesukaannya, lalu berikan air minum kepadanya untuk memastikan pil tertelan dengan baik.

foto


Setelah Anda memberinya pil, awasi dia selama satu atau dua menit. Beberapa anjing belajar untuk menahan pil di mulut mereka dan kemudian memuntahkannya keluar ketika Anda tidak memperhatikan.

Tips Memberikan obat sirup atau obat cair kepada anjing Anda
Untuk penggunaan yang lebih mudah, obat cair bisa dimasukkan ke tabung jarum suntik (tanpa jarum) atau pipet. Obat cair/obat sirup biasanya diberikan di area kantung pipi, yaitu antara gigi geraham dan pipi. Pertama, tutup bibir anjing dan masukkan ujung tabung jarum suntik atau pipet berisi obat sirup ke area kantong pipi dan tutup bibir anjing dengan jari Anda. Arahkan dagu anjing ke atas dan perlahan-lahan keluarkan cairan obat. Anjing akan secara otomatis menelan.

foto

Jika Anda harus memberinya dalam jumlah besar, maka Anda harus keluarkan sedikit demi sedikit atau berjeda dan berikan waktu baginya untuk menelan. Jangan mencoba untuk mengeluarkan semua cairan sekaligus ke tenggorokan anjing.

Untuk lebih jelasnya, lihat video panduan berikut ini:



Sumber:
http://pets.webmd.com/dogs/guide/how-to-give-medications-to-dogs
http://www.aspca.org/pet-care/virtual-pet-behaviorist/dog-behavior/giving-your-dog-pill
http://www.wikihow.com/Give-Dogs-Medicine
http://www.wikihow.com/Get-Your-Dog-to-Swallow-a-Pill
dan berbagai sumber

Last Edited : 03 Jul 2014 10:12:25

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.