AnjingDijual.com
INFO: Sundul Iklan via SMS mengalami gangguan 2 minggu terakhir. Kendala Penerimaan SMS dari dan ke Nomor Tri <=> Telkomsel
Buat Thread Baru Kirim Komentar
16 Jun 2014 15:00:07
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Kenali Infeksi Telinga yang Disebabkan Tungau Telinga (Ear Mites) Pada Anjing

foto

Apa itu tungau telinga (Ear Mites/Otodectic Mange)?
Ada beberapa jenis tungau yang bisa hidup dalam telinga anjing, tetapi yang paling umum adalah otodectes cynotis/Otodectic Mite, yaitu parasit berukuran kecil berkaki delapan yang memakan lilin dan minyak di dalam saluran telinga anjing (sering juga orang menyebutnya dengan kutu telinga, meskipun sebenarnya kutu dan tungau itu adalah jenis yang berbeda). Seekor tungau memiliki siklus hidup selama 3 minggu, dan bisa dilihat dengan kasat mata. Tungau-tungau ini bisa menyebabkan iritasi dan peradangan, bisa menginfeksi saluran telinga bagian luar dan dalam, dan juga bisa menimbulkan infeksi kulit atau infeksi telinga yang lebih serius jika tidak diobati. Saat terjadi infeksi biasanya menghasilkan kotoran hitam yang khas, dan dalam beberapa kasus, saluran telinga bisa menjadi seluruhnya tersumbat oleh kotoran-kotoran hitam yang mirip seperti bubuk kopi ini.

Tungau telinga kadang dikelirukan dengan tungau yang menyebabkan Sarcoptic Mange. keduanya adalah penyakit yang sama sekali berbeda.

Bagaimana anjing bisa terkena tungau telinga?
Tungau telinga sangatlah menular dan paling banyak terdapat pada kucing liar, yang bisa menularkan ke anjing Anda. Tungau ini paling sering ditularkan dari hewan peliharaan ke hewan peliharaan lain dalam kontak biasa di rumah atau di luar. Manusia umumnya kebal terhadap tungau telinga.

foto

Apa saja gejala umum saat anjing terkena tungau telinga?
- Menggaruk telinga berlebihan
- Sering menguncangkan kepala
- Cairan lilin berwarna hitam atau coklat
- Bau menyengat
- Peradangan
- Penyumbatan saluran telinga dengan kotoran seperti bubuk kopi

Apa saja komplikasi yang muncul?
Selain menyebabkan infeksi kulit, tungau telinga bisa menyebabkan pembuluh darah pada daun telinga anjing pecah akibat anjing sering menggaruk dan mengguncangkan kepalanya. Ini bisa menyebabkan daun telinga mengalami pembengkakan dan terasa sakit bagi anjing. Kondisi ini disebut hematoma dan seringkali membutuhkan operasi untuk memperbaikinya.

Apakah anjing tertentu lebih rentan terkena tungau telinga?
Tungau telinga bisa menginfeksi semua anjing dari berbagai usia.

foto

Apa yang harus dilakukan ketika Anda menduga anjing Anda terkena tungau telinga?
Penting untuk membawanya ke dokter untuk diagnosis yang akurat. Dokter hewan biasanya akan mengambil sampel dari kotoran telinga dan mengevaluasinya dengan mikroskop untuk memastikan apakah ada tungau dalam telinga. Hindari mendiagnosis sendiri, karena beberapa jenis infeksi bakteri juga bisa memiliki gejala yang mirip dengan tungau telinga.

Bagaimana mengobati tungau telinga?
Dokter hewan biasanya akan meresepkan obat untuk diolesi langsung di telinga, obat anti radang atau antibiotik untuk mengatasi infeksi. Sebagian besar obat yang digunakan biasanya mengandung pyrethrin dan thiabendazole. Revolution (obat kutu) juga efektif untuk melawan tungau telinga dan bisa digunakan untuk pengobatan dan pencegahan (menurut WebMd.com).

Sangat penting untuk menyelesaikan pengobatan sampai selesai, dalam arti jangan berhenti ditengah jalan saat melihat kondisi anjing sudah membaik karena jika pengobatan berhenti terlalu cepat, tungau baru akan menginfeksi kembali anjing Anda. Selain itu, anjing atau hewan peliharaan lain dirumah yang kontak dengan anjing Anda harus diobati selama seminggu sampai empat minggu menggunakan shampo anjing yang mengandung pyrethrin, bedak kutu mengandung pyrethrin, atau Revolution (menurut WebMd.com).

Bagaimana mencegah agar anjing tidak terkena tungau telinga?
Pembersihan telinga secara rutin sebulan sekali bisa mencegah munculnya tungau telinga. Jika anjing Anda baru saja sembuh dari tungau telinga, pastikan membersihkan tempat tidurnya dan lingkungan rumah serta memeriksa apakah hewan peliharaan lain dirumah juga terkena infeksi.

Tips cara membersihkan telinga -> Tips Membersihkan Telinga Anjing

Lihat video berikut untuk megetahui seperti apa bentuk tungau telinga dan infeksi yang ditimbulkannya:


Sumber:
http://www.aspca.org/pet-care/dog-care/ear-mites
http://pets.webmd.com/dogs/ear-mites-otodectic-mange-dogs

Last Edited : 16 Jun 2014 15:32:07

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.