Komunikasi Lebih Lancar & PASTI sampai via email ke anjingdijual@gmail.com | Fitur Baru! Sundul Iklan via E-mail, Praktis & GRATIS!
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
10 Oct 2012 11:57:29
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Cara Menghentikan Perilaku Anjing yang Suka Menggigit Orang Asing

Anjing menggigit karena berbagai alasan. Puppies menggigit saat mereka tumbuh gigi untuk merangsang gusi mereka dan karena itu adalah cara alami bagi mereka untuk bermain dan bersosialisasi dengan anakan anjing lainnya.
foto

Anjing yang lebih dewasa suka menggigit karena mereka tidak pernah disosialisasikan dengan benar sejak masih kecil atau karena mereka takut terhadap orang asing. Untuk anjing yang tidak disosialisasikan dengan benar, bisa muncul perilaku agresif. Untuk mencegah agar anjing anda tidak melukai orang lain, lakukan langkah-langkah untuk melatihnya dengan latihan yang positif dan sistem reward/imbalan.

Langkah 1
Bawalah anjing Anda ke dokter hewan jika perilaku menggigit baru muncul akhir-akhir ini atau perilaku ini muncul ketika kita menyentuh beberapa bagian tubuhnya.

foto

Penyakit tertentu bisa menyebabkan rasa sakit atau agresi pada anjing. Anjing Anda bisa jadi sedang menderita sakit atau luka yang menyebabkannya menggigit. Anjing dengan kesulitan pendengaran atau penglihatan juga bisa menggigit jika ada yang tiba-tiba mengagetinya.

Langkah 2
Jauhkan anjing anda dari orang asing dalam situasi yang biasanya menyebabkan dia menggigit. Beberapa anjing menggigit pada orang asing hanya pada saat tertentu, misalnya saat mereka sedang makan atau sedang digrooming.

foto

Jika ini yang terjadi, antisipasi hal-hal yang bisa memicu perilaku ini dan selama waktu-waktu tersebut hindari untuk tidak menempatkan anjing anda bersama orang asing. Anda juga bisa mengikatkan tali/leash pada anjing untuk mengontrol dan menjaganya agar tidak menggigit orang lain.

Langkah 3
Mintalah seorang teman yang tidak dikenali oleh anjing anda untuk membantu anda menghentikan perilaku anjing menggigit. Mintalah teman anda untuk datang ke rumah dan menghabiskan waktu dengan anjing anda dengan peran sebagai "orang asing". Jika anjing mencoba untuk menggigit dia, suruh teman anda mengatakan "Ouch!" atau "aduh!" segera dengan suara yang keras dan pergi menjauh, mengabaikannya selama 10 sampai 15 menit.

foto
Menghentikan suasana bermain yang menyenangkan dan abaikan anjing anda segera setelah dia mencoba untuk menggigit anjing anda, untuk menunjukkan kepadanya bahwa perilakunya menggigit hanya akan menghasilkan sesuatu yang tidak menyenangkan. Ulangi proses ini dengan teman anda dalam beberapa hari selama beberapa minggu.

Langkah 4
Bawa anjing anda ke orang-orang yang asing baginya dengan memakaikan tali pengikat/leash. Jaga jarak anjing dengan orang lain, berikan pujian dan treat/potongan makanan yang disukainya saat dia sedang bersikap tenang ditengah kehadiran orang-orang yang asing baginya, tetapi jangan terlalu dekat dengan orang lain atau tidak dalam jarak yang masih bisa bagi anjing anda untuk menggigit mereka.

foto

Lakukan latihan singkat ini selama 10 sampai 15 menit dan lanjutkan sampai anjing anda terlihat sudah lebih nyaman berada disekitar orang-orang. Bergerak lebih dekat setiap kali. Jika suatu waktu, anjing anda mencoba menggigit orang lain, segera tarik tali pengikatnya untuk mencegah agar dia tidak membuat kontak dengan orang lain dan abaikan dia selama 3 detik. Jika dia tetap tenang setelah upayanya menggigit tadi, maka berikan treat kepadanya. (note: jika memakai clicker, saat dia tetap tenang, klik dan berikan treat untuk menguatkan kepadanya bahwa tindakannya benar).

Anjing dengan sikap agresi akibat takut kadang-kadang akan menyerang orang asing karena situasi yang membuatnya takut. Jadi, idenya adalah untuk membuatnya mengaitkan orang asing dengan sesuatu yang positif, misalnya dengan memberikan imbalan makanan atau bermain.

foto


Langkah 5
Pakaikan Halter pada anjing anda saat anda berjalan-jalan dengannya. Dengan halter ini, membuat anda bisa lebih mengontrol dan mencegah anjing anda menggigit orang asing saat berada di luar.

foto

Biasakan dia untuk menggunakan halter ini dengan memakaikannya beberapa menit pada suatu waktu, berikan pujian dan berikan treat kepadanya selama dia memakainya sampai dia bisa memakainya dalam jangka waktu yang lebih lama dan nyaman dengan itu.


Note : Jika perilaku menggigit anjing anda sudah sangat parah, maka sebaiknya bawa ke professional trainer untuk membantu anda mengatasinya.

Sumber :
dailypuppy.com

Last Edited : 10 Oct 2012 12:09:01
11 Oct 2012 21:44:35
#2
Avatar shiroi05
shiroi05
Total Post : 67
sedikit tambahan: sebaiknya jangan memegang apalagi tiba-tiba memeluk anjing yang sedang tidur.
11 Feb 2013 15:23:04
#3
Avatar Rachael1932003
Rachael1932003
Total Post : 28
Thank u buat informasinya
25 Feb 2013 08:33:16
#4
Avatar Dedy.Satria
Dedy.Satria
Total Post : 1
1.aku baru beli anjing jenis pom mix peking skarang umurnya baru 2 stengah bulan dan dia sangat bandel...
stiap apa yang dia temukan selalu digigit termasuk tangan ku tapi nggak sapai luka sich....(bagai mana cara mengatasinya???)
2.setiap ia mau tidur pasti ia selalu mengeluarkan suara tangisan bayi anjing sampai ia tertidur(sampai kapan ia kyak gni???)

Tapi dia lumayan pintar karena dia sudah bisa pup ma pipis di toilet q...
04 Mar 2013 13:45:57
#5
Avatar deeandra.feminggai
deeandra.feminggai
Total Post : 110
anjing terutama puppy pasti gigit" becanda. karna itu cara mereka main dg sodara"nya.
kaya yg uda di jelasin di atas aja. tiap dia gigit teriak ato buat suara yg bising buat mereka seperti NO dg suara keras. trus tinggalin. krn di habitatnya kalo mereka gigit terlalu keras, sampe temen mainnya mengaing, permainan berakhir. kita juga lakuin hal yg sama.

klo soal suara nangis, itu wajar karna anak anjing masih ga terbiasa tidur sendirian. sekitar 2 minggu dirumah hrusnya udah bisa ga nangis lagi.
19 Nov 2014 14:55:39
#6
Avatar san.bryan
san.bryan
Total Post : 71
Kalau husky w mah kalau lagi tidur lelap didekatin,kalau dia tahu ada yg deketin dia langsung terlentang, minta diusap perutnya ... Wwkwkwkwk
27 Nov 2015 07:47:54
#7
Avatar bagoezscumbag
bagoezscumbag
Total Post : 1
thx infonya.. sangat bermanfaat, anjingku sudah 3x menggigit orang asing sampai berdarah.. kalau sama keluarga tidak pernah sampai berdarah, hanya gigitan bercanda saja.. akan diterapkan mulai nanti..

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.