Gangguan SMS masuk/terima khusus dr XL/Axis/Indosat, bs krm ke 0857-1718-1790
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
28 May 2014 10:49:11
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Mengapa Anjing Saya Selalu Mengikuti Saya? Ini Alasannya..

foto

Apakah Anda salah satu yang merasa: tidak peduli kemana melangkah, anjing Anda selalu mengikuti. Masak di dapur, menaruh baju di mesin cuci, bersantai di sofa, ia selalu saja berada di dekat Anda dan membayangi setiap langkah yang Anda ambil.

Tapi, mengapa sahabat Anda ini suka sekali mengikuti setiap langkah yang Anda ambil, berbanding terbalik dengan kucing yang akan berlagak tidak peduli ketika Anda berjalan ke ruangan lain? Apakah ini murni hanya karena sebegitu sayangnya mereka kepada Anda? atau karena rasa penasaran yang muncul dari penciuman hidungnya yang sensitif terhadap segala hal yang Anda lakukan? Atau sederhana hanya karena insting/nalurinya?

Jika Anda memilih jawaban naluri, maka Anda benar. Salah satu trik pertama yang dipelajari oleh anjing adalah bagaimana mengikuti saudara-saudara kandungnya atau littermate ketika ia masih puppy. Jika Anda melihat tingkah laku sekelompok anak anjing yang masih berusia berapa minggu, maka kamu akan melihat bahwa segera setelah satu anak anjing mengarah ke ibunya untuk mencari susu, maka anak anjing yang lain akan mengikuti, mereka menyadari sepenuhnya bahwa ia (satu anak anjing tadi) sedang mengarah pada sesuatu yang mereka semua inginkan.

Selain itu, anjing juga terprogram untuk selalu dekat dengan packnya (kelompoknya), bahkan saat mereka dewasa. Tidak hanya karena ia menikmati kebersamaan yang muncul dengan menjadi bagian dari komunitas (anjing atau manusia), tetapi ia juga tahu dari instingnya bahwa ia harus tetap dekat dengan Alpha dalam hidupnya (dalam hal ini Anda) yang memberikan tempat tinggal dan rasa aman. Alasan lainnya mengapa ia sangat lengket dengan Anda karena: Andalah yang memberinya makan.

foto

Selain alasan tadi, menurut dailypuppy.com ada beberapa alasan lain yang membuat anjing Anda suka sekali mengikuti Anda:
- Mencari perhatian. Jika anjing Anda seharian berada di rumah tanpa teman untuk bermain ataupun aktifitas untuk dilakukan, maka tentu saja ia akan sangat bosan. Begitu melihat Anda pulang ke rumah, ia berubah dari yang tadinya super bosan menjadi super senang. Ia sudah seharian tidak melihat Anda, jadi pastinya ingin sekali bermain dan menghabiskan waktu bersama Anda. Jadi, tidak heran jika ia selalu mengikuti kemanapun Anda pergi untuk mendapatkan perhatian tsb, misalnya duduk di meja komputer Anda atau berbaring di kaki Anda. Ia juga akan menggonggong untuk membuat Anda memperhatikannya.

- Rasa takut dan tidak nyaman. Anjing akan mencari sesuatu yang membuatnya nyaman ketika mereka sedang takut atau tidak nyaman. Dan, anjing Anda menganggap Anda sebagai tempat amannya ketika ia mendengar atau melihat sesuatu yang membuatnya takut, misalnya suara keras TV atau suara petir. Karenanya tidak heran jika ia lengket dengan Anda.

foto

- Usia. Ketika masih puppy, anjing Anda mungkin akan lebih lengket dengan Anda. Saat memasuki usia dewasa, mungkin akan berkurang, tetapi ketika usianya mulai tua, ia mungkin akan lebih bergantung atau lengket dengan Anda lagi. Perilakunya ini bisa karena disebabkan oleh gangguan kognitif yang biasa mempengaruhi anjing tua.

- Separation anxiety. Ini berbeda dengan mencari perhatian tadi. Anjing yang mengalami separation anxiety akan merasa sangat cemas ketika Anda meninggalkannya. Ia akan tetap merasa khawatir sampai Anda pulang kerumah dan kemudian ia akan menempel pada Anda.

Solusi untuk mengatasinya
Berikut beberapa tips yang dapat Anda coba, berdasarkan The Complete Healthy Dog Handbook:
1. Berikan exercise / olahraga setiap hari minimal 30 menit
2. Melatih anjing Anda dengan command seperti sit, stay, come, dsbnya
3. Berikan pengalihan yang 'menggiurkan', seperti mainan berisi makanan

Untuk tingkat ketakutan dan separation anxiety yang parah, Anda mungkin membutuhkan bantuan profesional.

Sumber:
http://www.vetstreet.com/dogs/why-does-my-dog-follow-me
http://dogcare.dailypuppy.com/mean-dogs-suddenly-clingy-2230.html
http://www.petsadviser.com/behaviors/why-does-my-dog-always-follow-me/

foto dari berbagai sumber

Last Edited : 28 May 2014 10:54:17
31 May 2014 06:11:12
#2
Avatar Gungde.Indriawan
Gungde.Indriawan
Total Post : 8
Informasi bagus & menarik...sy pikir semua anjing akan spt itu...sy membiasakan memberi mainan dari karet yg sy isi makanan di lobangnya...dgn asyik mengunyah mainannya dia bisa sy tinggal untuk bekerja
02 Jun 2014 13:08:00
#3
Avatar Anie.Hombings
Anie.Hombings
Total Post : 91
klo anjingku beda lg sebenernya...bukan ngikutin ak...pokoke ga bisa diam, jalan sana jalan sini,,,ga ngerti ak dgn anjingku ini...kek supervisor ngawasin pegawai kerja, rumah selalu di kelilingi, ga tw ntah cari apa, dan ntah ngapain, pokoknya harus jalan terus, ga mw diam
03 Jun 2014 01:53:14
#4
Avatar Rottfan1
Rottfan1
Auto Banned
Total Post : 905
kalo anjing aku kayak gitu, kayak bayangan. baru2 ini aku ikat di kaki meja krn di ikat di pagar gak mau pas tukang service ac datang, pas aku lagi online dia anteng tiduran di deket kakiku di bawah meja setelah tukang pada pulang, 3 jam lebih aku online, pas aku bangun mau keluar beli sabun di supermarket cuma 5 menit dia nunggu di balik pagar, pas aku ke kamar, meja udah tumbang, laci dan isinya keluar, tv, komp decorder dvd player dll di atasnya jatuh pecah. hehehe. kalo orang2 kayak di lampu merah dan pos kota udah gantung diri atau gantung doggynya kali yah? padahal aku beli dia dewasa lho. itu semua terjadi krn aku lg sakit, jadi lemah, lupa dulu pernah di ikat ke pipa pam, dia lompat2 ketarik pecah pipanya, mesti besi di bawah tangga atau pagar. sial deh, cuma krn beli sabun. sampe sekarang masih buntutin aku, cuma takut2, kalo mau masuk kamar nunggu di panggil di depan pintu, pas dipanggil baru masuk tp kalo ke wc mau pippis mau mandi pasti di buntutin, jadi aku stress, mesti di rante, gimana aku bisa mandi kalo dianya lompat2 maen aer pam. makin sering aku tinggalin sendirian makin besar seperation anxietynya. aku tahu sih cara melatihnya smile
Last Edited : 03 Jun 2014 01:55:49
03 Jun 2014 11:03:22
#5
Avatar Yulius.Usman
Yulius.Usman
Total Post : 14
Sama sperti hal ya herder saya, dia Akan ikut saat saya olahraga pagi, krn kebetulan dia selalu jd pengawal setia, tanpa menggunakan tali....mantaaab kan?
04 Jul 2014 10:09:37
#6
Avatar farida.ariani.3511
farida.ariani.3511
Total Post : 36
Aku malah senang dia jd bayanganku itu tanda kesetiaan dia,skrang aku ga punya bayangan lg kr my lovely sudah disurga hu hu sedihnya hati ini
03 Aug 2014 22:02:58
#7
Avatar ichito
ichito
Total Post : 103
kalo anjingku aku katain "anjing" gak marah dia...
ini ceritaku apa ceritamu..?
08 Oct 2014 13:10:39
#8
Avatar Lidya
Lidya
Total Post : 1
4 anjingku selalu ngikutin ak kemanapun pergi...apalg klo sy baru mandi... Semuanya nunggu didepan pintu KM sampai sy keluar... Klo sy tdr sore.. Anjing sy jg ikut tdr.. Klo sy baru didepan laptop, mrk jg tdran didekat sy... Klo plg krj, sy blm keluar dr mobil, mrk sdh nunggu didepan pintu mobil... Hbs sy keluar mobil... Mrk lompat2 seperti lama ngak ketemu...
26 Aug 2015 00:55:12
#9
Avatar Wesno.Widodo
Wesno.Widodo
Total Post : 1
kalau anjingku ini bandel nya bukan main, karna suka banget menggigit aku. kemana pun aku dia ikut terus ngajak main kapan saja. tapi kalau anjingku mau buang air kecil pasti jauh dari aku. karna aku pukul kalo buang air kecil ditempat yang salah hehe
02 Feb 2018 17:19:37
#10
Avatar adista649
adista649
Total Post : 1
anjing saya ras tsih-zu yang manjanyaaa bukan mainnn. Tiap malem selalu gedor pintu minta masuk..kalo disuruh masuk bareng biar gak gedor2 tengah malem kagak mau..dia maunya tengah malem .. kalo gua lagi masak ..nungguin dibawah tempat kompor.Tapi asiknya dia seneng bgt kalo main petak umpet... tapu dia mau cari kalo gua yg ngumpet. Kalo anjing aq satunya ras pomeranian .super mriyayi alias makannya milih2 kalo telat makan mutah2 kalo ada petirrrrr langsung gemeter setadium 10.. tapi kagak sebringas si tsih-zu
11 Apr 2018 03:13:52
#11
Avatar yurotahe
yurotahe
Total Post : 31
Kalau ak 4 anjingku (GSD. ROTT. AKITA. DOGO) semua betina, selalu ikutin ak jg kmn pun di dalam rumah! Bebas waktu ak nonton tv atau kerja di dpn komputer! Kecuali ak bilang jgn ikut mrk gk ikut tp sedih gmn matanya!

Hanya peraturan yg ak buat kalau di dlm rmh tdk boleh berisik dan over akting! Main sama yg lain sampai rusuh atau keluar masuk kamar tanpa tutup pintu (krn mrk bisa buka pintu sendiri dan tutup lagi) krn waktu puppy kalau main semuanya rmh kacau balau.

krn mrk boleh main sepuasnya waktu di halaman atau waktu jalan2 keliling kompleks!
Kalau udh waktunya tidur ak masuk kamar pada ikut semua tidur di ranjang khusus mrk! Dan tdk boleh keluar lg sebelum pagi!
Last Edited : 11 Apr 2018 03:17:14

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.