Komunikasi Lebih Lancar & PASTI sampai via email ke anjingdijual@gmail.com | Fitur Baru! Sundul Iklan via E-mail, Praktis & GRATIS!
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
27 May 2014 14:35:31
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Anjing Anda Sering Gemetar? Bisa jadi Masalah Serius, Jangan Anggap Sepele

foto

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan anjing gemetar, dari alasan yang simpel sampai dengan alasan yang serius. Lalu, apa saja alasan yang menyebabkan anjing gemetar? dan apakah memerlukan perhatian khusus?

Penyebab Umum Anjing Gemetar
- Distemper. Penyakit ini disebabkan oleh virus dan biasanya salah satu gejalanya adalah anjing gemetar. Gejala lainnya termasuk keluar cairan pada mata dan hidung, demam, batuk dll.

- Generalized Tremor Syndrome (GTS). GTS merupakan sebuah gangguan yang menyebabkan seluruh tubuh anjing gemetar. GTS juga disebut steroid responsive tremor syndrome or white shaker dog syndrome. Pertama kali sindrom ini terlihat pada anjing kecil, putih seperti Maltese dan Westie. GTS bisa terjadi pada anjing dari berbagai ras, ukuran, atau warna. Tidak ada yang tahu penyebab dari GTS. GTS bisa terjadi antara usia 9 bulan dan 2 tahun.

- Mual. Sama seperti manusia, anjing bisa merasakan mual karena mabuk kendaraan, obat-obatan, makan terlalu banyak, atau salah makan seperti memakan tanaman beracun. Mereka juga bisa merasakan mual dari penyakit ginjal atau hati, serta penyakit lainnya. Gemetar merupakan salah satu tanda bahwa anjing Anda merasa mual. Tanda-tanda lain termasuk lesu, menelan atau berliur lebih banyak dari biasa, bersembunyi, menguap dan muntah.

foto

- Usia tua. Saat usia semakin tua, beberapa anjing mengalami gemetar pada kaki bagian belakang mereka. Kadang-kadang, bisa juga terjadi pada kaki bagian depan. Getaran ini biasanya tidak mempengaruhi anjing Anda berjalan atau bergerak. Konsultasikan dengan dokter hewan jika anjing Anda yang menua mengalami gemetar.

- Keracunan. Beberapa racun bisa menyebabkan gemetar pada anjing. Beberapa diantaranya tidak berbahaya bagi manusia tetapi beracun bagi anjing Anda seperti coklat, tembakau, dan xylitol (pengganti gula yang bisa ditemukan pada permen karet). Tanda-tanda keracunan bisa bervariasi. Termasuk gemetar, lemas, diorientasi, depresi, berliur, muntah, diare dan kejang. Segera hubungi dokter hewan jika anjing Anda berpotensi keracunan.

- Rasa senang atau semangat. Mungkin terdengar aneh namun menurut WebMd.com, hanya melihat pemiliknya pulang kerumah bisa membuat beberapa anjing gemetar, menggonggong atau bahkan pee karena senangnya. Anda bisa mengatasinya dengan membuat kepulangan Anda lebih tenang dengan cara memberi sambutan yang tenang dan singkat.

- Stres atau kecemasan. Umumnya ini terjadi saat anjing berada di ruang tunggu dokter hewan, salon grooming, dan juga ketika di luar bersama dengan anjing-anjing lain. Dimanapun ketika anjing merasa stres, maka tubuhnya akan gemetar.

- Nyeri seperti nyeri punggung atau nyeri perut, rasa dingin, reaksi obat (terutama selama pemulihan dari anestesi) juga bisa menyebabkan gemetar.

Penyebab Lainnya
Ada beberapa alasan lain yang bisa menyebabkan anjing gemetar meskipun tidak umum terjadi.

Gagal ginjal kronis, masalah saraf seperti penyakit radang otak atau gangguan kejang dapat menyebabkan gemetar. Penyakit addisonian crisis, yaitu kondisi yang berhubungan dengan kelenjar adrenal yang kurang aktif, bisa juga menyebabkan gemetar pada anjing.

Jika anjing Anda gemetar, dan Anda tidak tahu jelas mengapa itu terjadi, bawalah anjing Anda ke dokter hewan.

Sumber:
http://pets.webmd.com/dogs/my-dog-shivering-trembling
http://www.vetstreet.com/dogs/why-does-my-dog-shake

Last Edited : 27 May 2014 15:06:50
12 Sep 2016 12:45:42
#2
Avatar fransisca.ciciliam
fransisca.ciciliam
Total Post : 1
Saya baru saja membeli seekor anjing jenis pekingese, umurnya sekitar 3bulan. Sudah 4 hari dia terus gemetaran juga suka bersembunyi di daerah2 gelap, kira2 itu gejala apa ya? sad
06 Oct 2016 09:44:00
#3
Avatar bpa6020
bpa6020
Total Post : 1
Dokter belakangan anjing sy sering sekali gemetaran gejala awal pertama x lidahnya menjulur keluar dan terengah engah, demam naik turun, bdnnya gemetaran dan kejadiannya berulang sekitar 2 - 3 hari hbs itu kumat lagi itu bgmn Dok?
05 Feb 2017 23:02:55
#4
Avatar kd.rendra.prastia
kd.rendra.prastia
Total Post : 1
dok anjing saya baru habis melahirkan 9 anak. pada malam ketiga aning saya gemetar hebat dan tidak mau makan hanya mau minum ketika di bawakan air dan ingin selalu menyelimuti dirinya atau bersembunyi di tempat sempit selalu terengah2 seperti kelelahan namun pada beberapa jam sebelumnya dia masih dalam kondisi seperti biasanya gejalanya muncul tiba2 pada malam harinya. bagai mana Dok?
28 Feb 2017 11:33:49
#5
Avatar deborahputri19
deborahputri19
Total Post : 1
Maaf dok saya mau tanya, anjing saya kalau setiap tidur tiba" gemetar hebat, smpe dibangunkan dengan sengaja oleh mama saya, tp gk trlalu sering dok, kejadian nya bisa malam bisa juga pagi. Itu kenapa ya dok ? Trims
03 Apr 2017 16:57:39
#6
Avatar louisaflorence65425
louisaflorence65425
Total Post : 1
Dok anjing saya berumur 8 bulan, sudah 2 hari ini sering gemetar n bersembunyi.. Dipanggil ga mau datang.. Cuma menoleh aja.. Kira2 kenapa ya dok?
07 Jul 2017 16:05:00
#7
Avatar angeliamewo1
angeliamewo1
Total Post : 1
Dok, anjing saya kaki kanan belakang sering gerak sendiri kayak garuk gitu biasa 10mnt sekali .. itu kenapa yah dok ??
27 Jul 2017 12:22:59
#8
Avatar densianamarcelina
densianamarcelina
Total Post : 1
anak Anjing saya sering gemetar dan sekarang kaki depannya susah untuk digerakan,,,,,itu kira-kira kenapa ya?????
29 Jul 2017 15:45:34
#9
Avatar macaroline2495
macaroline2495
Total Post : 1
Saya mau tanya, saya baru membeli anakan anjing schnauzer, dia suka gemetar pada saat tidur dan juga mempunyai nafas yang bau seperti bau korek api yang dibakar, tlg bantu saya, apakah ada penyakit di anjing saya?
18 Aug 2017 11:17:51
#10
Avatar putuartiningsih14
putuartiningsih14
Total Post : 1
Dok, anjing saya masih kecil. Dan suka gemetar dan kumat.. Usianya masih muda kira-kira 1-2 bulanan dan susah berjalan.. Kenapa ya? Mohon bantuan
31 Oct 2017 18:25:07
#11
Avatar siskaayucahyani2016
siskaayucahyani2016
Total Post : 1
Dok mau nanya,anjing saya kenapa ya lemes,gak mau makan dan gak bisa jalan,trus nafasnya ter engah2 gitu,kira2 kena penyakit apa ya dok?
06 Dec 2017 07:03:22
#12
Avatar sasbin22
sasbin22
Total Post : 2
dok,anak anjing saya baru berumur 4 bulan, tubuhnya gemetar dan bagian kaki depannya tdk bisa ijak tanah dan saat tidur selalu berteriak. apa penyebabnya dok dan bagaimana pengobatanya?
12 Jan 2018 13:14:40
#13
Avatar Jovy.Morin.Sumual
Jovy.Morin.Sumual
Total Post : 1
Siang Dok,saya mau tanya kenapa saya saya gemetar dan suka ikuttin majikan terus umur anjing saya sudah tua 13 tahun itu kenapa ya harus gimana ya dok terima kasih.
21 Feb 2018 19:39:49
#14
Avatar sudasi09
sudasi09
Total Post : 2
2 KELOMPOK (^POLDEL $ ABLINO^) ANJING ANJING GW MUDAH GEMETERAN JUGA CELINGAK CELINGUK
SETIAP GW BUANG, E EE
KEMBALI LAGI
YG GW GA TAHAN TU MAKANNYA

OH MALANGNYA GW
angel
20 Mar 2018 17:54:37
#15
Avatar erlando.edward70
erlando.edward70
Total Post : 1
Anjing saya sudah 2 hri ini gk mau makan dan gemetar serta mengeluarkan darah, mohon info utk obatnya. Makasih . .
03 Apr 2018 09:41:33
#16
Avatar solideopp
solideopp
Total Post : 1
Anjing saya kalau dibawa lari jauh sampai kelelahan kakinya suka gemetar, tapi sampai2 hari kakinya biasa lagi, kira2 itu kenapa?
08 Apr 2018 18:01:01
#17
Avatar christianjamboe0
christianjamboe0
Total Post : 1
Anjing saya lusa kmr tgl 6 sudah RIP, emg uda tua si 14thn jenis minipincher. Pas lg duduk dan ingin berdiri tiba2 anjingku lgs ngejumplang semployongan dan gk bs bangun kyk lumpuh, pdhl bbrp menit sblumnya dy masih biasa minta pipis, duduk sebelahan sama saya. Uda gitu saya lgs angkat pindahin ke tempat tidurnya, dy tetep kekeh pengen berdiri tp gk bisa2., bbrp kali bisa tegak trus jalan 1 2 langkah jatoh lg, smpe tiba2 seluruh badan doggyku kejang2 palanya ketarik dan matanya belo ibarat kyk orang kena stroke gitu, kaki tangannya gerak2 gk sinkron, smpe bbrp kali kepalanya kejedot diubin pas saya smbil cari info2 di internet dan tlpon2 dokter hewan terdekat. Gk tega banget liatnya, akhirnya saya cm bs elus2 leher sm kepalanya, pijet2 kaki tangannya biar rileks dan akhirnya RIP setelah krg lbih 2 jam nemenin disaat2 terakhirnya, kehilangan banget rasanya sampe skr. Cuma bingung aja kena penyakit apa, ato emg krn uda tua jg, yg aku tau si doggyku suka menggigil kadang2...

foto
Last Edited : 08 Apr 2018 19:44:05

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.