AnjingDijual.com
Info: Per 2 Nov 2020, Jam Operasional Resmi 10.00-17.00 WIB. Batas Konfirmasi jam 16.00 WIB.
Buat Thread Baru Kirim Komentar
21 May 2014 12:53:27
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Apakah Susu dan Produk Susu Baik untuk Anjing?

foto

Anda mungkin mencoba untuk memberikan susu kepada anjing Anda karena berpikir susu mungkin baik bagi kesehatan anjing. Atau terkadang saat Anda sedang makan es krim, Anda tidak tahan memberikannya kepada anjing Anda yang terus menatapi dengan wajah memelasnya.

Tapi, apakah sebenarnya susu baik untuk anjing Anda? dan apakah anjing benar-benar membutuhkan susu sebagai penambah nutrisi dalam tubuhnya?

Susu untuk Anjing

Saat anjing masih usia puppy dan disusui oleh induknya, mereka menerima susu anjing, yang memiliki komposisi berbeda dari susu komersial (yang kebanyakan berasal dari susu sapi). Susu anjing mengandung banyak protein, lemak dan juga memberikan antibodi yang diperlukan untuk mencegah infeksi tertentu.

Anak anjing dapat mentolerir susu anjing dengan baik, tetapi mungkin tidak dapat mentolerir susu sapi atau susu jenis lainnya. Ini dikarenakan susu sapi mengandung laktosa, dimana sebagian besar anjing tidak bisa mentolerirnya. Laktosa adalah semacam gula. Tidak hanya berupa satu gula tunggal, tetapi berupa dua molekul gula yang secara kimia dihubungkan bersama. Agar anjing bisa mencerna susu, ia harus dulu memecah laktosa agar menjadi gula yang mudah diserap. Namun, tubuh anjing tidak memiliki enzim khusus untuk dapat memecah laktosa tersebut. Enzim tsb adalah Laktase. Dan, hal itulah yang menyebabkan anjing tidak dapat mencerna Laktosa dengan baik.

Intoleransi Laktosa pada Anjing

Seperti yang dijelaskan tadi, alasan mengapa sebaiknya anjing tidak diberi minum susu adalah karena adanya kandungan laktosa didalamnya, dan banyak anjing yang memiliki reaksi alergi terhadap zat ini. Gejala-gejala dari intoleransi laktosa atau alergi laktosa meliputi:
- Ruam-ruam pada kulit, terutama area perut
- Muntah
- Diare
- Lemas
- Kembung

Gejala-gejala ini dapat dilihat setelah anjing mengkonsumsi susu atau pada hari berikutnya, tergantung seberapa tinggi alergi anjing terhadap laktosa. Jika gejala ini muncul pada anjing, Anda harus berhenti memberikannya susu. Anda juga harus menghindari produk susu lainnya seperti yogurt, ice cream atau keju, dimana semuanya mengandung laktosa.

Jika anjing Anda sama sekali tidak menunjukkan reaksi negatif, maka Anda dapat memberinya susu. Namun, perlu diketahui anjing bisa mengembangkan reaksi alergi terhadap laktosa saat ia beranjak dewasa, sehingga bisa saja terjadi anjing Anda tidak alergi terhadap laktosa pada usia 2 tahun, namun akan muncul reaksi alergi atau gejala intoleransi laktosa pada saat usia 5 tahun. Anak anjing dapat mengembangkan intoleransi laktosa (lactose intolerance) mulai dari usia tiga sampai enam bulan.

Fyi, setiap produk susu memiliki kandungan laktosa yang berbeda. Berikut tabel perbandingannya:
foto

Semakin rendah kandungan laktosa produk susu apapun, semakin besar kemungkinan untuk anjing Anda bisa mentolerir mengkonsumsi makanan ini tanpa masalah. Jadi, tergantung pada makanan tertentu, maka mungkin masih OK untuk memberikan beberapa produk susu, tentunya dengan kadar secukupnya. Namun, tetap jika Anda melihat ada reaksi negatif meskipun dalam kadar kecil, maka hentikan pemberiannya.

Susu Bebas Laktosa

Ada beberapa merek susu yang diformulasikan tanpa mengandung laktosa atau terbuat dari kedelai (soy). Susu ini bisa diberikan kepada anjing yang alergi terhadap laktosa, tetapi beberapa anjing mungkin juga alergi terhadap kedelai. Bahkan, kedelai adalah salah satu diantara daftar makanan teratas yang dapat menyebabkan alergi pada anjing.

Seberapa Penting Susu bagi Anjing?

Susu anjing sangat penting untuk perkembangan anak anjing, dan anak anjing harus disusui oleh induknya selama usia 6 minggu pertama. Jika induknya tidak dapat menyusui, maka anak anjing akan menerima susu formula khusus, tapi bukan susu sapi. Menurut Dailypuppy.com, jika induk anjing tidak bisa menyusui, alternatif susu bisa diberikan susu formula khusus untuk anak anjing, atau susu kambing. Sebaiknya tetap konsultasikan dengan vet mengenai pemberian susu tsb.

Pada kenyataannya, susu sapi atau bahkan susu bebas laktosa tidaklah penting bagi anjing, dan anjing bisa hidup tanpa minum susu atau mengkonsumsi produk susu. Susu kaya akan kalsium, tapi anjing bisa mendapatkannya dari sumber lain selain susu. Daripada membeli susu bebas laktosa yang biasanya lebih mahal daripada susu biasa, lebih baik Anda investasikan untuk membeli dogfood yang lebih berkualitas.

Selain itu, ketimbang khawatir tentang minuman apa yang bisa diminum oleh sobat Anda, tetap berpegang saja pada yang klasik, yaitu air dan hanya air. Air adalah komponen penting untuk kesehatan anjing dan 100 persen bergizi seimbang.


Sumber:
http://www.vetinfo.com/should-you-give-a-dog-milk.html
http://dogcare.dailypuppy.com/can-dogs-drink-milk-cream-2174.html
http://canigivemydog.com
http://www.dogfoodadvisor.com/dog-feeding-tips/dogs-milk-dairy-products/

Last Edited : 21 May 2014 15:46:34
21 May 2014 14:16:21
#2
Avatar Aji.Gileys
Aji.Gileys
Total Post : 34
nice post!
kecuali puppy yang ditinggal induknya ketika melahirkan/sakit, dan sang induk gak mau menyusui baru dikasih susu formula khusus puppy. untuk anjing dewasa/adult tidak dianjurkan minum susu formula
23 May 2014 19:19:53
#3
Avatar Zasky
Zasky
Total Post : 294
Jadi susu hanya diperlukan puppy pada 6 minggu pertama. Setelah itu tidak harus diberikan karena sering kali terjadi intoleransi laktosa. Info yang bermanfaat untuk mencerahkan persepsi bahwa susu adalah wajib diberikan pada doggy.
24 May 2014 02:29:39
#4
Avatar Rottfan1
Rottfan1
Auto Banned
Total Post : 905
Nice post, jadi aku stop deh ksh susu sapi seminggu sekali atau kalo sempat. Khan susu bs mengikat racun kandungan kalsiumnya smile.tp kalo beresiko yah mesti lihat2. Kasih susu cm kalo perlu. Thanks
26 May 2014 00:14:00
#5
Avatar Julia11
Julia11
Total Post : 9
Kalau untuk adult dog, apakah boleh dikasih susu formula (usia 2-4 thn)? Saya kadang kasih doggy saya susu seminggu 1-2x dan mereka sehat2 saja tidak terindikasi alergi. Apakah meneruskan pemberian susu formula pada doggy saya akan berbahaya terhadap kesehatan, doggy saya 4 ekor (2 herder & 2 mixed breed), mohon pencerahanya sis bro ... Thanks :-)
27 May 2014 20:26:29
#6
Avatar Anggia.Retno
Anggia.Retno
Total Post : 2
Di rumah anjing-anjing saya semua minum susu tiap hari sehat-sehat aja kok, tapi emang ada anjing temen yang minum susu langsung diare kayaknya tergantung anjingnya juga smile
Kalo mau aman kasih aja susu formula yang non laktosa, banyak kok yang jual
27 May 2014 21:22:22
#7
Avatar Dedi.Putra
Dedi.Putra
Total Post : 9
Susu bendera/frisian flag itu berbahaya gk buat anjing umur 6bulan lebih
01 Jun 2014 12:59:09
#8
Avatar baulan
baulan
Total Post : 79
yg penting jgn berlebihan dalam memberikan makanan.
02 Jun 2014 10:24:04
#9
Avatar harbetter
harbetter
Total Post : 1
Terimakasih Infonya.
04 Jul 2014 14:09:46
#10
Avatar Zasky
Zasky
Total Post : 294
Tidak semua teori cocok dengan kenyataan. Jika doggy diberi susu,dia baik - baik saja, ya tdk masalah.
07 Nov 2014 22:58:03
#11
Avatar amysha.lin
amysha.lin
Total Post : 1
Dkt kedai mna hdk dpt susu anjing ini...?
08 Nov 2014 03:18:18
#12
Avatar Elfano
Elfano
Total Post : 14
Puppy ku g mau minum kl g dksh susu,dikasih air mineral cm buat mainan dibuang-buang lantai basah smua buat guling-gulung ermm
23 Nov 2014 20:39:54
#13
Avatar Alex.Hadi.Santoso
Alex.Hadi.Santoso
Total Post : 1
apakah puppy blh mnm air sumur?/
30 Nov 2014 16:03:32
#14
Avatar Dimas.Suryaatmadja
Dimas.Suryaatmadja
Total Post : 1
@Alex: Buat puppy, air sumur sebaiknya disaring (pakai kain) dan dimasak dulu. Saya juga lakukan itu dgn air kran...saring dulu, lalu masak sampai 100% matang. Setelah dingin baru diberikan.
10 Dec 2014 23:27:06
#15
Avatar 016202
016202
Total Post : 1
apakah anjing boleh dikasih SKM (Susu Kental Manis) ?
11 Dec 2014 10:18:24
#16
Avatar LabsLover
LabsLover
Total Post : 443
Diberi susu anjing sehat, tidak diberi susu anjing juga sehat, pilih mana? Ahaha.. kl aku ya pilih ga diberi susu. Ada yg tahan terhadap laktosa ada yg tidak tahan, tapi intinya tahan atau tidak tahan, laktosa tidak baik untuk pencernaan anjing, apalagi kalau lagi mengalami gangguan pencernaan. Segala kebaikan susu ada dalam daging bertulang atau dogfood yang baik. Susu bebas/rendah laktosa khusus anjing mahal harganya, hanya diperlukan untuk puppy yang tidak bisa mendapatkan cukup susu dr induknya. Kl mau yg murah ada susu SGM tipe LLM, cukup rendah kandungan laktosanya.
22 Jan 2015 19:14:01
#17
Avatar Agnes.Sie
Agnes.Sie
Total Post : 1
Bagi yg memberi anjingnya susu formula (sapi/berlaktosa) dan merasa anjingnya tidak apa2, ingat, yg tidak terlihat blm tentu tidak ada apa2. Kalian merokok terlihat sehat2 saja toh? Tau2 sakit paru2.
Kl sudah jelas laktosa tdk baik utk anjing, paling aman ya dihentikan pemberiannya. Kl memang kalian peduli sm anjingnya lho.
23 Jan 2015 00:24:27
#18
Avatar Yulius.Usman
Yulius.Usman
Total Post : 14
Sekedar berbagi pengalaman, anjingku usia hampir 2 thn, jenis herder, dr usia 2 Minggu, sdh terbiasa minum susu SGM 3x sehari, aman2 aj, malahan badannya kekar, berotot , tulangnya besar, malahan klo tidak minum, bawaannya tidak ceria, Malahan berat badannya akan susut. Asal disesuaikan dg takaran dan usia pemakaiannya aj.
Saya memberikan susu tsb, atas masukan pemiliknya Dahulu, seorang bule (Drh). Saya fikir, selama anjing kita enjoy dan suka plus gga ada tanda2 sakit gara2 minum susu, Go head aj lah.....apalagi saat ini anjing aq pertumbuhannya sangat ok bgt, tinggi panjang 1 m, tinggi 60 cm, berat 45 kg
04 Apr 2015 13:40:39
#19
Avatar putra.gunawan.16906
putra.gunawan.16906
Total Post : 1
Kalau terlanjur memberi puppy susu s*m ananda yang ternyata berlaktosa gimana ya gan?
Ni umur puppy baru hitungan hari
Tolong jawabannha
24 May 2015 18:40:00
#20
Avatar Yanuar.Samantha
Yanuar.Samantha
Total Post : 1
Anjing saya pom berusia 3thn. Jika diberi susu sapi mentah (baru dari peras sapi) apakah ada efeknya? Mohon balasannya dan terima kasih.

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.