INFO Komunikasi Lebih Lancar & Pasti Sampai via Email ke AnjingDijual@gmail.com (Prioritas, dibalas lebih cepat!)
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
16 May 2014 13:11:34
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Breed Of This Week : Border Collie

foto

Border collie adalah anjing berukuran medium dengan tulang yang kuat, sedikit lebih panjang daripada tinggi, penggabungan antara keanggunan, ketangkasan, dan stamina. Gaya berlarinya halus, lincah, dan tak kenal lelah, bergerak dengan tenang dan kuat. Anjing ini mampu mengubah kecepatan dan arah secara tiba-tiba.

Border collie mampu menampilkan ketangkasan/agility yang luar biasa meskipun setelah bekerja dalam waktu yang lama. Memiliki 2 jenis bulu: halus (smooth) atau kasar (rough). Jenis bulu halus: pendek diseluruh tubuh, sedangkan jenis bulu kasar: memiliki panjang yang medium ke panjang dan lurus atau sedikit bergelombang dalam tekstur. Ekspresi wajahnya cerdas, siaga, bersemangat dan penuh rasa ingin tahu, yang merupakan cerminan dari temperamennya.

foto

Border collie adalah jenis yang penuh dengan energi fisik dan mental yang menunggu kesempatan untuk diberi kebebasan. Salah satu dari jenis ras yang paling pintar dan patuh, ia bisa menjadi bencana jika tidak diberikan pekerjaan yang menantang setiap hari. Dengan diberikan olahraga yang cukup, ia bisa menjadi teman yang setia dan dapat diandalkan. Border collie sangat inten atau niat terhadap segala hal yang dilakukannya dan cenderung suka menatap/memandangi yang bisa membuat hewan lain merasa terintimidasi. Ia juga suka mengejar hewan lain. Dan, bisa protektif terhadap orang asing.


Negara asal : Inggris Raya (Great Britain)
Jenis Family : livestock, herding
Tahun Asal : 1800-an
Awalnya berguna sebagai : gembala domba
Saat ini berguna sebagai : gembala domba, herding trials, obedience
Ukuran rata-rata Jantan : Tinggi 50.8-58 cm. Berat 13.6-20 kg .
Betina : Tinggi 45.7-53 cm. Berat 13.6-20 kg.

foto
border collie dlm berbagai warna

Tingkat energi : Tinggi
Kebutuhan akan latihan/Exercise : Tinggi
Tingkat keaktifan : Sangat aktif
Keramahan terhadap anjing lain : ramah
Keramahan terhadap hewan peliharaan lain : pemalu
Keramahan terhadap orang asing : pemalu
Kemudahan untuk dilatih : mudah dilatih
Kemampuan Watchdog : Tinggi
Kemampuan Melindungi / Protection : cukup protektif
Kebutuhan Grooming : medium
Toleransi terhadap dingin : medium
Toleransi terhadap panas : medium


foto

Perawatan dan Kesehatan
Beberapa anjing border collie adalah work-oriented. Ini adalah jenis anjing yang membutuhkan pekerjaan. Ia membutuhkan banyak aktifitas fisik dan mental setiap hari untuk memenuhi hasratnya untuk bekerja. Border collie bisa tinggal di outdoor dalam suhu sedang ke dingin, tetapi ia juga menikmati berada bersama keluarganya di dalam rumah. Ini adalah jenis anjing yang tidak bisa hidup di apartemen dan sebaiknya tinggal di rumah yang memiliki akses ke halaman. Bulunya butuh disisir atau disikat dua kali seminggu.

Major concerns untuk masalah kesehatan : CHD
Minor concerns untuk masalah kesehatan : PRA, lens luxation, CEA, PDA, OCD, PPM
Masalah kesehatan yang jarang terlihat : cerebellar abiotrophy, ceroid lipofuscinosis, deafness
test kesehatan yang disarankan : pinggul, mata
Lama usia : 10-14 tahun

foto

Sejarah asal mula
Anjing gembala (sheepdog) yang sempurna seperti Border Collie merupakan hasil dari pembiakan selama lebih dari satu abad untuk mendapatkan semua kriteria yang dimilikinya saat ini. Tahun 1800an, berbagai macam anjing gembala dengan gaya mengembala yang berbeda ada di Inggris. Beberapa diantaranya memiliki kecenderungan bawaan seperti suka mengambilkan/fetching, memutari ternak dan menggiring ternak kembali ke tuannya. Kebanyakan dari anjing-anjing tersebut adalah anjing yang berisik, cenderung suka menggigit (pelan) dan menggonggong saat mereka melakukan pekerjaannya. Hal itu adalah bawaan alami dari anjing-anjing tsb. Tahun 1873, uji coba anjing gembala pertama kali diadakan untuk mengatasi beberapa sifat alami tadi. Kontes ini kemudian melahirkan anjing border collie pertama, bernama Hemp, yang merupakan anjing paling unggul dalam ujicoba tsb dan menjadi bapak dari sejumlah besar keturunan. Hemp tidak menggembala dengan menggonggong dan menggigit, tetapi ia dengan tenang menatapi domba-domba dan mengintimidasi mereka untuk bergerak.

foto
Hemp

Hemp dianggap sebagai ayah dari ras border collie. Tahun 1906, standar pertama dibuat, tetapi bukan standar fisik seperti kebanyakan ras lainnya, ini lebih ke deskripsi mengenai kemampuan bekerja (working ability), tanpa memperhatikan penampilan fisik. Penekanan ini telah membentuk ras ini sejak itu. Bahkan, anjing-anjing ini masih disebut sebagai sheepdog; hanya pada tahun 1915 nama Border collie pertama kali tercatat, mengacu pada asal usul ras ini di Inggris dan perbatasan Skotlandia. Border collie datang ke Amerika dan langsung menarik perhatian para penggembala disana dengan kecepatan menggiring dan kemampuan obedience (kepatuhan) yang dimilikinya. Bahkan, kemampuannya tsb membuka pintu baru bagi ras ini untuk menjadi salah satu ras paling kompetitif dalam obedience trial (kontes uji kepatuhan). Meskipun mendapat reputasi sebagai salah satu ras paling cerdas, namun ras ini belum tersentuh dengan penekanan dalam penampilannya. Para pecinta border collie secara aktif berjuang agar border collie mendapat pengakuan sebagai anjing show oleh AKC. Tahun 1995, AKC mengakui ras ini dan membawanya ke show ring.




Sumber:
http://www.animalplanet.com
Foto dari berbagai sumber

Last Edited : 16 May 2014 13:36:34

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.