Komunikasi Lebih Lancar & PASTI sampai via email ke anjingdijual@gmail.com | Fitur Baru! Sundul Iklan via E-mail, Praktis & GRATIS!
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
02 May 2014 12:32:08
#1
Avatar heri19kris
heri19kris
Total Post : 18

Heat Stroke saat latihan

Dear Dog LOvers,

Saya ingin berbagi pengalaman yang sangat berharga kepada teman-teman sekalian, dimana kemarin saya dan teman saya melatih anjing saya pada jam 9 pagi. Kondisi anjing saya dalam kondisi normal dan kami latihan bersama. Anjing begitu bersemangat saat latihan, sehingga saya pun jadi semangat melatihnya. Namun karena begitu semangatnya, saya lupa kalau kondisi cuaca mulai panas. Setelah beberapa saat latihan, saya break sejenak bersama anjing saya, namun alangkah terkejutnya saya, ketika anjing saya mulai bernafas yang tidak teratur dan ngos-ngosan yang sangat berat. Saya coba beri minum, dia tidak mau, dan selanjutnya dia terkulai lemas. Saya perhatikan untuk beberapa saat dan mulai tidak bisa berdiri. Akhirnya saya segera bawa ke rumah teman saya dan menyiramnya dengan air perlahan-lahan sekujur tubuhnya. Dia terbaring lemas. Kekhawatiran akan mati terlintas dibenak saya. Aduh...saya terasa menyesal tidak memperhatikan kondisi cuaca. Setelah beberapa waktu, saya akhirnya membawa pulang anjing saya dan segera cek temperatur dan tertera sudah di angka 40,2 C. Saya coba beri makan tidak mau. Saya cek dibeberapa bagian tubuhnya apakah masih panas atau tidak. Syukur kondisinya mulai membaik. Malam saya beri makan dan dia mau makan. Puji Tuhan, anjing saya sudah bisa berdiri tegak dan berjalan kembali. Saya elus-elus dia dan memberi semangat untuk cepat sembuh, Wow...cukup khawatir sepanjang malam. Pagi harinya dia sudah bisa menggongong dan berkeliling sekitar halaman rumah. Saya kemudian cek kembali suhunya dan sudah normal ke 38,4 C. Pelajaran yang saya ambil bahwa kita harus kontrol ketika kita sedang melatih atau membawa anjing kita khususnya saat cuaca panas..semoga pengalaman ini bisa menjadi masukan dan kewaspadaan teman-teman dog lovers. Salam Dog Lovers, HH

03 May 2014 22:18:33
#2
Avatar Zasky
Zasky
Total Post : 294
Heat stroke adalah suatu kondisi dimana tubuh mengalami kenaikan suhu tubuh hingga 41.1 C, anjing akan mengalami kegagalan fungsi organ yang mengarah pada kematian pada suhu 42.7 C. Suhu normal anjing adalah berkisar 37.5 – 39.5 C.

Gejala awal yang umum ditemui saat anjng mulai mengalami heat stroke antara lain panting (nafas tersengal-sengal dengan lidah dijulurkan), keluar air ludah yang banyak, sering buang air kecil dan gemetar sekujur tubuh. Pada tahap lebih lanjut, anjing akan dapat mengalami kejang, gagal ginjal akut dan gagal jantung atau pernafasan yang mengarah pada kematian mendadak.

Selain anjing, kucing juga dapat mengalami heat stroke, hewan berbulu lebat pada umumnya lebih rentan terkena heat stroke ini. Selain hari yang panas, penyebab lain yang umum dari heat stroke adalah latihan berlebihan, terkunci dalam mobil dan kecelakaan saat grooming.

Kejadian heat stroke yang paling sering ditemui adalah saat anjing dibawa lari dengan penuntunnya menggunakan sepeda motor. Hal ini sangat berbahaya!

Pertolongan pertama yang dapat diberikan pemilik sebelum hewan yang terkena heat stroke dibawa ke dokter hewan yaitu dengan membasahi hewan dengan air, mendinginkannya dengan kipas angin elektrik dan mengusap telapak kaki, perut dan dahinya dengan kapas beralkohol. Pemilik sebaiknya memiliki temperature tubuh digital yang bisa digunakan di anus.
Last Edited : 03 May 2014 22:20:39

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.