Komunikasi Lebih Lancar & PASTI sampai via email ke anjingdijual@gmail.com | Fitur Baru! Sundul Iklan via E-mail, Praktis & GRATIS!
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
01 May 2014 10:07:16
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Tiga Organisasi Pecinta Hewan di Indonesia Menyebarkan Petisi Stop Perdagangan Daging Anjing

foto

Jakarta (ANTARA News) - Tiga organisasi pemerhati satwa dari Animal Friends Jogja (AFJ), Garda Satwa Indonesia (GSI) dan Jakarta Animal Aid Network memulai berkampanye "Dogs Are Not Food" demi menghentikan perdagangan daging anjing sebagai makanan.

Mulai Rabu (30/4/2014) mereka menyebarkan petisi lewat situs change.org berisi permohonan kepada kepala daerah khususnya Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dan Sri Sultan Hamengku Buwono X untuk menghentikan serta mengategorikan perdagangan daging anjing untuk konsumsi sebagai ilegal.

foto

Raoul Hakim dari GSI mengatakan setelah DKI Jakarta dan Jogjakarta, lanjutnya, akan ada petisi untuk kepala daerah Bandung dan Bali.

Petisi diajukan kepada kepala daerah agar menegakkan aturan bahwa anjing tidak termasuk hewan ternak untuk dikonsumsi.

"Dalam peraturan daerah, hewan potong itu unggas, sapi, domba, kambing dan kerbau. Tidak ada anjing, dari situ sudah ada pelanggaran" ujar dia di Jakarta, Rabu.

Ia menjelaskan kampanye ini digagas atas kekhawatiran terhadap nasib anjing yang ditangkap demi dijadikan santapan manusia. Proses menangkap hingga mengolah daging anjing ini kerap menyiksa satwa tersebut, seperti mengikat moncong dan melempar anjing-anjing yang masih hidup ke dalam bak truk.

foto

Belum lagi faktor risiko penyebaran penyakit seperti rabies, kolera dan trikinelosis akibat menangani atau memakan daging anjing, kata dia, lalu menambahkan, bukan tidak mungkin anjing yang ditangkap tengah terjangkit berbagai penyakit.

Dari data yang didapatkan Metrotvnews.com dari GSI dan AFJ, di Yogyakarta diperkirakan 360 ekor anjing dibunuh setiap minggunya untuk dikonsumsi. Sedangkan di Jakarta diperkirakan dua kali lipat lebih banyak, atau sekitar 720 anjing dibunuh per pekan.
Di kota pelajar itu, panganan daging anjing dikenal dengan nama sengsu atau tongseng asu.

Sumber:
http://www.antaranews.com/berita/431997/pelindung-satwa-berkampanye-antiperdagangan-daging-anjing
http://showbiz.metrotvnews.com/read/2014/05/01/236937/di-yogyakarta-360-anjing-dibunuh-per-pekan-untuk-dikonsumsi

Photo by:
http://www.tempo.co/read/beritafoto/16342/Seleb-seleb-Cantik-Ini-Kampanye-Stop-Perdagangan-Daging-Anjing/1
https://www.change.org/petitions/gubernur-sultan-yogyakarta-bantu-hentikan-kekejaman-perdagangan-anjing-untuk-konsumsi-di-yogyakarta
http://rumah-berita.blogspot.com/2013/11/surat-untuk-sultan.html

Last Edited : 01 May 2014 10:20:38
01 May 2014 16:29:28
#2
Avatar Miss.PandaBengkak
Miss.PandaBengkak
Total Post : 78
Lapar pak ?? Buk ?? Makan aj daging anjing yg rabies... Itung2 sekalian ngurangin jumlah anjing yg terjangkit penyakit rabies, dan membantu mengurangi penyebaran penyakit rabies. Jgn anjing yg sehat yg d jadiin bahan pangan, krn anjing kalo di latih dgn benar bs sangat bermanfaat dan sangat membantu bagi manusia.
03 May 2014 13:08:12
#3
Avatar montotoyupi
montotoyupi
Total Post : 30
ada cara untuk ikut petisinya nggak? grin
03 May 2014 17:35:35
#4
Avatar Rottfan1
Rottfan1
Auto Banned
Total Post : 905
@montotoyupi ihh rott mixnya lucu, mix apa tuh? smile. Menurutku lebih bagus lagi kalo disertai edukasi ttg bahayanya daging anjing untuk di konsumsi. Anjing bisa kena cacing kutu dll, sama kayak manusia. bahkan anjing ras bisa kena penyakit2 yg menular ke manusia, salah satunya leptospirosis yg menular lewat kontak cairan/luka.
Cacing2 dan yang paling sering cacing tambang bisa berakibat fatal ke anjing dan manusia. Anggap aja mau makan daging manusia penuh penyakit lol. Daging anjing harus ada sertifikat halal dinas peternakan, yg jelas gak ada dan apa sih lezatnya? itu khan cuma kebiasaan.
Apa gak cukup daging sapi dll (yg mana brutal lho di ternakin sampe ke supermarket)?kalo mereka tahu ttg resiko makannya mereka bakal berhenti.
Ada yg tahu ttg finning? sirip hiu di potong dan di bikin sup dan sisanya dibuang, di cina? sirip hiu sgt tinggi kadar mercurynya dan berbahaya buat kesehatan. Setelah banyak celebrity dr Cina dan negara2 satelitnya (oops mana mau cina bilang negara satelit, maksudnya wilayahnya hehehe), kyk hongkong dll, ambil bagian dalam kampanye say no to shark fin soup, kalo gak ada yang makan/beli otomatis gak ada yg jual, masyarakat cina mulai say no untuk hidangan ini.
nah itu dia, libatkan public figure/tokoh masyarakat kyk celeb dalam kampanye stop makan daging anjing, kalo mereka gak makan, siapa yg mau sediain jual?
yg paling lucu, di cina anjing juga bernasib sm kyk di sini, dan mereka juga kampanye kok, anjing yg dihidang di restoran itu dr anjing telantaran/colongan, bahkan di negara maju kayak amerika, di beberapa negara bagian selatan dan tengah (yg masih gak semaju neg2 bagian lain) masih ada aja orang yg makan daging anjing, kasus ini hanya beberapa yg ke xpose, di texas, di pedalaman.
oiya satu lagi, manusia itu bukan carnivora, coba cek bentuk usus manusia yang panjang dan berbelit2, itu mirip usus herbivora. manusia seharusnya menugurangi makan daging. Kalo carnivora, ususnya pendek, jadi daging gak membusuk didalam usus, langsung keluar.
Penyebab berbagai penyakit justru akibat manusia mengkonsumsi daging, yg terlalu lama dalam usus dan membusuk di dalam usus/rektum. kanker dll itu akibatnya. Orang yg gak doyan daging biasanya umurnya lebih panjang dan lebih dikit kena penyakit. jadi konsumsi daging apapun harus di masak sampe bersih dr kuman, tp tetap aja membusuk di usus kelamaan, yang lebih aman sih ikan dan ayam, itu sebab manusia minum teh dll, semua yang bisa mengurangi efek pembusukan di usus.
Petisi bisa di cek lha di 3org itu,cari aja di google smile
04 May 2014 10:09:40
#5
Avatar rudyh
rudyh
Total Post : 1
Saya lbh setuju utk kampanye stop konsumsi daging anjing drpd bentuk peyisi.k
Masalahnya adlh mereka berhak utk memakan apapun yg mereka mau sepanjang tidak melanggar uu spt mencuri, merussk lingk, dan sejenisnya.
Dan pemerintahpun tdk bs membuat uu hanya berdasar rasa suka dan tidak suka. Bgm misalnya jk pemerintah mengeluarkan uu yg melarang masy utk mengkonsumsi daging babi krn babi haram bg masy muslim, atau melaraNg memakan bekicot krn diprotes penyayang bekicot grin (maksa banget yaa...)
Jd lbh efektif saran rottfan1 di atas, ajak selebriti atau tokoh publik utk berkampanye stop konsumsi daging anjing.
05 May 2014 11:04:02
#6
Avatar montotoyupi
montotoyupi
Total Post : 30
@rottfan1 ini bukan rotweiller kak grin dia mini tekel, dachshund, kenalin kak, namanya montotoyupi, panggilannya yupi grin

nah iya, edukasi semacam itu kan perlu sekali yah. saya beberapa kali bilang ke teman teman yang suka makan daging anjing, kalo daging anjing itu nggak sehat. dan panas juga. tapi tetep pada kekeuh, bahkan ada yang bilang gini ke saya,

"kalo nggak suka ya nggak usah dimakan. kan saya suka. ya suka suka saya lah."

pouty

jadi saya juga setuju sama comment kakak diatas saya, lebih bijak kalau kita sama sama mengedukasikan tentang bahaya dan tidak ada manfaatnya makan daging anjing silly
Last Edited : 05 May 2014 11:08:12
06 May 2014 19:17:01
#7
Avatar laurij.manen
laurij.manen
Total Post : 16
Saya setuju sekali...stop mengkomsumsi Anjing...!!!
Maju teruss...u/ menolong makhluk yg kbanyakan menjadi SAHABAT manusia...
07 May 2014 03:42:25
#8
Avatar Rottfan1
Rottfan1
Auto Banned
Total Post : 905
@montotoyupi aduh sakit mata, malu deh cwy hehehe. halo yupi smile. Yah mana mau sih org denger kita masyarakat awam. Mungkin kalo inul yg ngomong pada denger yah? hehehe. kuda dan anjing termasuk yg dilarang dimakan krn mereka bukan hewan ternak. aku gak tahu ada uu nya apa gak sih.
oh si kakak juga post dengan judul ini : Tentang perjual beli-an daging anjing di jakarta + lokasinya gan. hehehe, terkait.
Kalo anjing telantaran dan colongan berkurang terus, harga daging anjing naik gak yah? hehehe
Satu hal yang jelas, anjing itu makanannya daging, jadi mahal makanannya, mana mungkin ada yg ternakin buat di makan, beda sama sapi ayam dll.
sejak permulaan manusia purba khan anjing di pake buat berburu sm manusia, ada kok fossilnya. Mudah2an yg doyan makan daging anjing sadar, itu gak sehat smile
07 May 2014 04:26:28
#9
Avatar Rottfan2
Rottfan2
Auto Banned
Total Post : 19
tambahin dikit ahh, angel,bukan tidak mungkin anjing yang ditangkap tengah terjangkit berbagai penyakit (kutipan di artikel atas), pastinya sih 99.99 persen. Anjing ras harus di vaksin sedini mungkin, rutin, biasanya org nelantarin anjing mix atau tanpa stb atau dikasih/beli supermurah krn gak sanggup kasih makan dan gak ada waktu ngurusin dan marah2 krn brg2 digigitin hehehe. kebanyakan anjing terlantar itu belum di vaksin atau vaksin rutin. dan dengan mudah bisa kena parvo (gak perlu kontak langsung sesama anjing), virus ini ada di mana2, di tanah paling banyak dan kotoran terinfeksi, bisa nyebar lewat udara, selanjutnya penyakit2 yg perlu di vaksin yg ada dibuku vaksin, yg perlu kontak langsung. Bahkan pas sehari kena rabies, dimasak, bisa kena penyakit, begitu kena rabies anjing gak langsung menunjukkan gejala2nya. pastinya sih anjing ras / mix terlantar tanpa tato kuping belum di vaksin/vaksin rutin berpenyakit. Anjing2 yang colongan yg nyolong tahu jenis mahal dan bisa dapet duit lebih banyak di jual di trotoar blok m, bintaro dll. jaman sekarang, org cari duit dengan cara apapun hiks smile
08 May 2014 04:36:04
#10
Avatar Penyayangbinatang
Penyayangbinatang
Total Post : 13
Saya sangat prihatin dan sedih ketika mendengar anjing dijadikan makanan manusia dengan cara diburu, dibunuh secara kejam, dahulu sapi dibunuh dengan digelonggong sampe pingsan. Di Negara barat anjing adalah sahabat manusia terutama manusia cacat dimana anjing tersebut disediakan pemerintah untuk membantu orang cacat. Beberapa jenis anjing di belanda bisa membantu dokter mengindentifikasi orang yang terkena penyakit kanker. Di Surabaya kira2 14 tahun yg lalu saya pernah lihat dengan mata saya anjing diburu dengan cara leher dijerat dengan kawat oleh pengendara motor lalu ditarik dengan kecepatan tinggi karena dia mencuri anjing. Pencurian anjing di Surabaya sudah sering terjadi tapi tidak pernah dilaporkan, kalo dilaporkan hasilnya ya percuma. Kalau saya mau mengimpor anjing dari luar negeri masuk ke Indonesia, harus vaksin anti rabies, tes darah, certifikat kesehatan dari luar negeri dan karantina di indonesia belum lagi syarat ini, itu, sampe biayanya puluhan juta rupiah untuk seekor anjing padahal jenis anjing yang murah/biasa. Padahal anjing di luar negeri selalu secara berkala divaksin karena anjing di luarnegeri mempunyai paspor dan didalam paspor ada data2 lengkap vaksinasi. Kalau pemerintah Indonesia punya syarat impor anjing mestinya sudah saatnya sekarang membuat undang2 dengan sanksi tegas melarang perdagangan daging anjing illegal yang jelas2 bisa menyebarkan rabies. Anjing liar dan kucing liar yang berkeliaran dijalan pasti tidak pernah disuntik anti rabies dan sekarang dijadikan makanan manusia. Padahal larangan mengimpor binatang jelas untuk binatang yang sudah terkena rabies. Dengan adanya perdagangan daging anjing yang illegal dan tidak pernah diperiksa kesehatannya apakah benar bahwa di Indonesia bebas rabies 100% ??
Kedua untuk menyembuhkan daerah dari penyakit rabies, dananya mahal juga membutuhkan waktu yang lama, jadi sudah saatnya ada undang2 dan sanksi tegas yang melarang perdagangan daging anjing.
08 May 2014 05:13:24
#11
Avatar Penyayangbinatang
Penyayangbinatang
Total Post : 13
Alasan kenapa anjing diburu dibunuh u/ dimakan ? Karena daging anjing itu MURAH, penjual daging anjing tidak beli seperti daging sapi, tetapi mencuri anjing peliharaan orang seperti yg pernah saya lihat di Surabaya, kebanyakan pemilik anjing mengeluarkan anjing untuk kencing dan berak pagi hari, saat inilah pemburu anjing beraksi.
Mereka memang tergiur biaya murah dan rasa enak ( katanya yg pernah makan daging anjing ), dan menutup mata mengenai resiko penyakit.
Kalo sudah kena penyakit baru tahu rasa grin
09 May 2014 12:31:45
#12
Avatar Brian88
Brian88
Total Post : 25
Species yg nama nya Manusia adalah Species ciptaan Tuhan yg KATA NYA PALING SEMPURNA . PALING CERDAS, PALING JAHAT. PALING RAKUS. PALING PINTER, PALING KOTOR , PALING JOROK . PALING KEJAM , PALING BERBAHAYA, PALING LICIK , ane malu sama species ane sendiri !!
09 May 2014 14:03:18
#13
Avatar 3LyS
3LyS
Total Post : 99
Saya setuju dengan diadakannya petisi itu!! Saya dukung!!
14 May 2014 14:26:24
#14
Avatar montotoyupi
montotoyupi
Total Post : 30
@brian88: spercies yang PALING ya kak grin hehehe

@Rottfan1: solusinya mungkin harus ngurangin jumlah puppies yang lahir ya biar nggak ada puppy terlantar dan dijadikan makanan lagi cwy
26 May 2014 02:22:17
#15
Avatar Rottfan1
Rottfan1
Auto Banned
Total Post : 905
@montotoyupi itu bisa jadi salah satu solusi, anjing telantar atau mix di sterilkan
salah satu solusi yang lebih efektif, jangan makan daging anjing. gak ada pembeli gak ada penjual
kebetulan ada 1 orang yang mengaku doglovers dan suka cuap2 di forum dengan nick Andri.tao suka makan daging anjing, dengan alasan sah2 aja khan sesuai selera kita. Itu kata2 dia sendiri di artikel pro dan kontra raw food. Menurut teman2 gimana? apa dia dog lover? apa dia pantes ada di andi? atau gimana? karena orang2 semacam dia yang bikin restoran anjing tetap ada, padahal apa sih enaknya. Selera aneh. gimana kalo ada lebih dari 1 hannibal lecter lol
26 May 2014 02:52:59
#16
Avatar Rottfan1
Rottfan1
Auto Banned
Total Post : 905
jadi kita semua sepakat menghentikan perdangangan daging anjing? di group bbm atau gimana? untuk kasus pembantaian 31 ekor anjing di gilimanuk ada 10 orang yang bergabung di group bbm termasuk saya, terus menyoroti kasus ini yg belum kelar sampe sekarang gak jelas hasilnya.
Atau kita hanya ber petisi atau ngajak public figure speak out? smile
10 Jun 2014 14:43:39
#17
Avatar lolita
lolita
Total Post : 35
Kl mau ikutan petisinya, bias ikutan di www.change.org. Selain petisi ini, masih banyak petisi lain, termasuk ttg pengrusakan lingkungan atau kriminalitas.
Last Edited : 10 Jun 2014 14:44:22
30 Jun 2014 17:39:07
#18
Avatar Meiliana.Fransisca
Meiliana.Fransisca
Total Post : 13
aku dengar di daerah sukabumi yg menuju ke pelabuhan juga ada orang yg menjual anjing untuk di makan. aku sedih banget mendengar banyak anjing2 yg di jadikan makanan.
31 Oct 2014 10:04:10
#19
Avatar Helen.Kurniawan
Helen.Kurniawan
Total Post : 17
Dah pada jadi vegetarian aja sana.
10 Nov 2014 03:30:57
#20
Avatar joana
joana
Total Post : 9
saya sarankan dimulai dari propinsi sulut bukan jogja atau jakarta... konsumsi daging anjing disana sangat memprihatinkan, apalagi menjelang hari raya Natal.. sad

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.