Komunikasi Lebih Lancar & PASTI sampai via email ke anjingdijual@gmail.com | Fitur Baru! Sundul Iklan via E-mail, Praktis & GRATIS!
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
24 Apr 2014 15:44:00
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Breed Of This Week : Anjing Campuran (Mixed Breed/Mongrel/Mutt)

foto

Anjing campuran atau biasa disebut mixed breed/mongrel/mutt adalah anjing yang berasal dari keturunan orangtua yang LEBIH DARI DUA atau BEBERAPA jenis ras berbeda atau hasil dari crossbreed yang dikawinkan dengan crossbreed. Crossbreed adalah turunan dari orangtua yang memiliki ras murni/purebred berbeda, misalnya anjing ras poodle dengan anjing ras golden retriever (biasanya disebut juga dengan 'designer crossbreeding'). Crossbreed merupakan hasil dari upaya yang sengaja dibuat atau direncanakan oleh manusia untuk tujuan tertentu, sedangkan mixed breed mengacu pada anjing-anjing yang dikembangkan melalui 'seleksi alam' atau dengan kata lain tanpa disengaja atau tanpa direncanakan oleh manusia.

Anjing campuran memiliki ukuran, bentuk, dan warna bulu yang bervariasi, ia mungkin bisa memiliki moncong yang panjang atau pendek, ia bisa memiliki telinga tegak atau telinga turun, dsbnya.

Menebak asal keturunan dari anjing campuran adalah sulit bahkan bagi pengamat anjing yang memiliki pengetahuan luas, karena anjing campuran memiliki lebig banyak variasi genetik dibandingkan anjing ras. Sebagai contoh, dua anjing campuran hitam, masing-masing mungkin memiliki gen resesif yang menghasilkan bulu pirang dan karenanya, mereka bisa menghasilkan keturunan yang berbeda dengan mereka.

foto

Kepribadian
Kepribadian anjing campuran tidak bisa diprediksi dan beragam. Sama seperti anjing purebred, temperamen anjing campuran dipengaruhi oleh sejumlah faktor, termasuk faktor keturunan, pelatihan, dan sosialisasi dini.

Beberapa anjing campuran sangat sulit atau mustahil untuk diketahui garis keturunannya. Jika Anda memiliki anjing campuran yang sangat sulit ditebak asal keturunannya, hal itu kemungkinan karena ia berasal dari garis keturunan yang sangat panjang. Tetapi ada juga beberapa anjing campuran yang kadang masih bisa ditebak karena memiliki ciri dari garis keturunannya.

Sama seperti anjing lainnya, anjing campuran juga anjing yang setia, hangat dan memiliki keinginan besar untuk menyenangkan tuannya.

Kesehatan
Anjing campuran umumnya dianggap lebih sehat daripada anjing ras karena mereka berasal dari kolam gen yang lebih luas. Tapi Anda tidak bisa menganggap bahwa anjing campuran akan menjadi anjing paling sehat yang pernah Anda miliki. Karena hal ini kembali lagi kepada gen yang diturunkan oleh orangtua mereka. Baik anjing campuran maupun ras rentan terhadap penyakit genetik. Anjing campuran memiliki potensi untuk mewarisi penyakit genetik dari setiap jenis ras yang ada dalam darahnya.

Jika Anda dapat mengetahui satu atau lebih jenis keturunan yang dimiliki oleh anjing campuran Anda, maka ada baiknya Anda mencari tahu masalah kesehatan yang umum terjadi pada jenis keturunan tersebut. Dan, seperti semua anjing, anjing campuran juga rentan terhadap kondisi dan penyakit tertentu.

foto

Perawatan
Sama seperti anjing lainnya, hal yang juga penting bagi anjing campuran adalah: stimulasi mental, latihan fisik, dan banyak kontak positif dengan pemiliknya.

Mayoritas memerlukan 30 sampai 60 menit untuk menjaga kondisi tubuh anjing tetap baik. Untuk sebagian anjing, ini bisa berarti berjalan tanpa leash, berlari-lari untuk membakar tenaga, atau sebagian anjing menikmati berjalan kaki panjang, ingin bermain fetch di halaman. Apapun bentuk olahraga yang paling disukai anjing Anda, ia akan menjadi lebih sehat dengan hal itu.

Kebutuhan mental atau pikiran anjing juga memerlukan olahraga sama seperti tubuhnya. Latihan adalah andalan untuk melatih otak anjing. Hal ini bisa dilakukan sederhana dengan bermain bersama Anda dan belajar latihan kepatuhan seperti 'sit', stay, atau bisa dengan kegiatan yang lebih rumit seperti pelatihan untuk kompetisi ketangkasan atau kepatuhan.

Dan, apakah itu dengan bermain, berlatih, hiking atau belaian, anjing Anda memerlukan dosis besar perhatian dari Anda setiap hari.

Grooming
Anjing Mixed breed memiliki warna yang bervariasi dan grooming yang diperlukan tergantung pada jenis bulu yang mereka miliki.
- Bulu panjang, tidak terlalu rontok : Sisir beberapa kali seminggu dengan pin brush dan pangkas bulu setiap 5-8 minggu atau lebih. Campuran Yorkie/Westie cenderung memiliki tipe bulu seperti ini.

- Bulu panjang, rontok: Sisir setiap minggu atau lebih sering sesuai kebutuhan, idealnya dengan pin brush (terutama di area ketiak, yang bisa kusut). Campuran Golden/Lab/Australian Shepherd cenderung memiliki jenis bulu ini.

- Bulu pendek: Sisir setiap minggu searah pertumbuhan rambut. Anda bisa gunakan salah satu jenis sisir Curry Brush karet atau sarung tangan sisir. Campuran Dalmatian/Boxer/Doberman cenderung memiliki jenis bulu ini.

foto

- Bulu keriting: Harus dipangkas secara rutin. Gunakan slicker brush. Kebanyakan campuran Poodle memiliki bulu keriting.

- Bulu ikal/bergelombang: Bulu jenis ini rontok. Semakin pendek bulu jenis ini, semakin besar kemungkinan untuk kusut, karenanya membiarkannya panjang berarti mengurangi kusut. Gunakan slicker brush. Campuran terrier biasa memiliki bulu jenis ini.

Tidak peduli apapun keturunan anjing campuran Anda, selalu cek telinganya seminggu sekali apakah ada kotoran, kemerahan atau bau tak sedap yang dapat mengindikasikan adanya infeksi. Selalu bersihkan dengan bola kapas yang dibasahi dengan lembut, atau dengan pembersih telinga khusus untuk mencegah masalah. Selain itu jangan lupa memotong kuku secara teratur.

Anak-anak dan Hewan Peliharaan Lain
Beberapa anjing Mixed breed sangat baik dengan anak-anak dan hewan peliharaan lain, dan beberapa tidak. Kebanyakan hubungan anjing dengan anak-anak dan hewan lain tergantung pada sosialisasi dini.

Keturunan juga merupakan bagian dari hal tersebut. Jika anjing campuran didominasi oleh darah terrier, maka tidak usah repot-repot mencoba untuk bisa membuatnya damai dengan mamalia kecil seperti tikus.

Tetapi bahkan jika anjing Anda adalah campuran Golden Retriever, itu tidak berarti ia secara otomatis akan mencintai semua orang dan setiap anjing lain. Dan hanya karena anjing Anda adalah anjing campuran yang besar, bukan berarti ia adalah anjing menakutkan yang bisa berbahaya bagi anak-anak tetangga. Dan juga, tidak berarti ia juga akan baik-baik saja berada di sekitar mereka. Siapa yang tahu? Tetap perhatikan dan awasi anjing Anda sampai Anda tahu pasti.

foto

Di Dunia Olahraga Anjing
Anjing campuran juga tidak kalah unggul dalam dunia olahraga anjing, seperti kepatuhan, ketangkasan, frisbee dan flyball. Sampai tahun 1980an, anjing campuran biasanya dikeluarkan dari kompetisi kepatuhan. Namun, mulai dari adanya American Mixed Breed Obedience Registry (AMBOR) and the Mixed Breed Dog Clubs of America (MBDCA), yang menciptakan tempat dimana anjing-anjing campuran bisa berkompetisi. Kebanyakan organisasi ketangkasan dan flyball selalu mengijinkan anjing campuran untuk ikut berkompetisi. Saat ini, anjing campuran telah membuktikan nilai mereka di banyak pertunjukan olahraga.

Sumber:
dogtime.com/dog-breeds/mutt
http://en.wikipedia.org/wiki/Mongrel
http://en.wikipedia.org/wiki/Crossbreed

Last Edited : 24 Apr 2014 16:00:39
03 May 2014 20:44:13
#2
Avatar Rottfan1
Rottfan1
Auto Banned
Total Post : 905
sebenarnya semua jenis anjing bagus, masalahnya sulit untuk mengetahui karakter dasar anjing mix, dr trah mana yg dominan, apalagi kalo udah hasil mix beberapa generasi jadi gak tahu percis cara penanganannya. harga anjing mix juga jatuh. selain gak dpt stb yg mana surat merupakan sangat penting, krn akibatnya banyak anjing mix di telantarin, krn harga yg murah bahkan gratisan dr teman dll.
kecuali kalo bisa menghasilkan trah baru, seperti kasus apbt (mix 2 trah), dobbermen pincher (mix 8 atau 10 trah), dogo argentino (mix 10 trah) dll. semua ini menjadi trah baru yg diakui sebagai anjing ras stb
25 Jun 2014 11:03:26
#3
Avatar andy.super
andy.super
Total Post : 43
Saya punya anjing mix kampung golden untungnya sifatnya seperti golden badan besar tapi jarang menggonggong semua yang datang di ajak main jadi orang yang datang nggak takut cuma lihat badannya aja pada takut karna besar

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.