Komunikasi Lebih Lancar & PASTI sampai via email ke anjingdijual@gmail.com | Fitur Baru! Sundul Iklan via E-mail, Praktis & GRATIS!
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
22 Apr 2014 20:59:04
#1
Avatar Daniel.Rizki
Daniel.Rizki
Total Post : 11

Anjing diserang kutu, ortu memaksa untuk anjing kesayangan'q untuk dirawat orang lain

aku punya 2 anjing dirumah, yang pertama jenisnya tekel blesteran jantan umurnya hampir 1 tahun dan satunya jenis mini tekel betina umurnya 7 bulan.
dari awal beli anjing sampai sekarang ini kedua anjing saya tidak pernah divaksin karena keterbatasan informasi dokter hewan di daerah saya. Hingga kemaren saat bermain dengan si chiko yang tekel blesteran, saya kaget dengan menemukan sebangsa kutu ada di tubuh ciko. Untuk menanganinya saya cuma memberinya bedak anti kutu dan mengoleskan minyak pada tubuhnya, tapi hasilnya kutu berkembang semakin banyak dan satu rumah dirumah sampai kewalahan. Hingga akhirnya, ortu dengan memaksa untuk menghibahkan chiko kepada orang lain. Dengan sangat menyesal saya harus merelakan kepergian si chiko yang sehari-harinya menemani saya untuk bermain hingga saat ini saya masih sangat sangat kangen sekali dengan tidak adanya si chiko walaupun saya masih punya anjing 1 di rumah sad

22 Apr 2014 21:08:50
#2
Avatar 013898
013898
Total Post : 2
kalau kutunya lenyap, boleh balik lagi nggak?
22 Apr 2014 22:22:13
#3
Avatar Zasky
Zasky
Total Post : 294
Sebenarnya untuk memberantas kutu ke 2 doggy anda tidak terlalu sulit, karena ke 2 nya berjenis bulu pendek. Doggy dimandikan dengan shampo anti kutu, sewaktu dimandikan dengan shampo yang masih melekat di badan doggy, kutu - kutu yang ada di seluruh bg tubuhnya dibersihkan ( termasuk yang di dalam telinga ). Setelah kutu sudah tidak tampak, doggy dibilas dengan air bersih, lalu bulu dikeringkan dengan Chamois/kanebo, kemudian doggy disemprot ( sampai kena kulitnya ) dengan larutan Bayticol ( pakai alat sprayer yang biasa untuk nyemprot burung piaraan ), Setelah merata bulu doggy digosok lagi dengan chamois, kemudian doggy dikeringkan. Selain doggy, lingkungan juga disemprot dengan larutan Bayticol tapi dengan konsentrasi yang lebih tinggi. Lingkungan yang dimaksud seperti kandang doggy, tempat yang sering mereka kunjungi, sela2 jendela, pintu dsb. Kutu tidak bisa langsung bersih baik di doggy maupun di lingkungan. Kalau pengalaman saya, setiap seminggu sekali doggy saya mandikan dan dibersihkan kutunya, jika lewat dari seminggu tidak dimandikan, kutu akan merajalela kembali.
23 Apr 2014 22:07:59
#4
Avatar Daniel.Rizki
Daniel.Rizki
Total Post : 11
yaah sudah dengan cara apapun kutu sudah dimusnahkan tetapi hari demikian hari kutu berkembang semakin banyak hingga di tembok, jendela, alat perabotan rumah saya aja sampai di kerumuni kutu ..
mau gimana lagi, si chiko ga bakal kembali ke rumah karena takut ortu marah melulu sad
24 Apr 2014 22:45:33
#5
Avatar Zasky
Zasky
Total Post : 294
Ya dulupun aku mengalami hal spt itu, sampai - sampai aku frustrasi ngurusi kutu anjing. Tapi aku nggak putus asa, yang jadi obyek utama membasmi kutu adalah doggy dan lingkungan, Segala macam obat aku pakai untuk membasmi kutu di doggy, untuk lingkungan obat yang cukup ampuh pakai Baygon. Sebelum doggy dimandikan, semprotkan semua lokasi yang di datangi doggy ( temboknya, lantainya, semua celah. karpet, keset dsb. ), setelah selesai semua, baru doggy nya dimandikan dengan cara seperti saya uraikan di atas. Setiap kali saya melihat ada kutu dimanapun, saat itu juga saya semprotkan Baygon. Kutu tidak bisa 100% hilang, ada masa2 kutu minimal jumlahnya ada ada juga waktunya jumlah kutu menjadi banyak ( dipengaruhi cuaca ). Satu lagi, jangan memites Caplak, darah yang keluar dari perutnya mengandung telur dan akan menetas dalam beberapa hari, sehingga caplak bertambah banyak.
25 Apr 2014 16:24:13
#6
Avatar Daniel.Rizki
Daniel.Rizki
Total Post : 11
oke gan terimakasih atas informasinya smile
27 Apr 2014 00:31:31
#7
Avatar monikadv
monikadv
Total Post : 1
Pakein obat tetes kutu frontline aja. Tahan koq melindungi anjing dr kutu. Kalo abis mandi pakein lg rutin minimal sampe kutu bnr2 ilang dr lingkungan rumah. Area yg byk kutu di rumah srmprotin baygon, anjingnya tp diamanin dl pas lg sterilin lokasi jgn smpe kna jilat baygon, udah d aman gan.
28 Apr 2014 13:14:58
#8
Avatar yuli.hw.1
yuli.hw.1
Total Post : 2
Entah caraku bener ato ga y, tp klo aku seh tiap hari aku bersihin doggyku dgn dilap badannya tmasuk kupingnya dengan air yg ud dicampur dgn asuntol dan ga dikeringin lagi tp dibiarkan dia kering sendiri. Tp pke asuntolnya dikiiiiit aj. Murah koq cuma 35 ribu doank. Smoga ngebantu y.
29 Apr 2014 13:55:57
#9
Avatar Lilo-Toy
Lilo-Toy
Total Post : 3
dear Daniel atau ada teman2 yang punya masalah yang sama.
saya pernah mengalami hal ini juga. ke dua anjing saya, Golden dan Rott terserang kutu sangat hebat. saya sudah memberikan obat tetes yang di tengkuk, tetapi tidak cukup memusnahkan kutu yang ada. kebetulan Golden saya tidur bersama saya, jadi banyak kutu , mulai dari yang besar, sampai yang baru menetas ada dimana-mana. fenomenanya, selalu terjadi investasi ulang, maka setelah tanya sana-sini, akhirnya saya "berperang" melawan kutu secara sporadis.1. saya berikan racun tikus di selokan dan bak control sekitar rumah, karena ternyata kutu juga hidup pada tikus. rumah sebelah yang kosong (diduga sebagai sarang tikus) juga saya lemapari dengan umpan tikus. 2. saya berikan shampo anti kutu ( tapi kurang effective). 3. berikan obat tetes kutu yang di punduk. 4. dan yang cukup effective adalah menggunakan kapur semut (kebetulan mereknya Bagus) yang saya garis-garis disemua area, khususnya ditempat anjing kita tidur. mulai di pingir2 lantai, selipan/tekukan2 yang ada, didalam kandang dll. 5. semprot halaman dan dinding rumah bagian luar dengan obat anti kutu , bkebetulan saya lupa nama obat nya, tapi obatnya harus diencerkan terlebih dulu. obat ini juga biasa dipergunakan untuk membasmi kutu di kandang kuda, sapi atau ayam, dan dapat dibeli di petshop. dengan segala usaha tsb, saya sangat bersyukur kalau dapat mengatasi masalah kutu pada anjing kesayangan saya. saya harap informasi ini bisa berguna untuk kamu, sehingga anjingnya tidak jadi dititipkan ke orang lain. perlu diingat, tempat penitipan anjing yang baik, sering menolak anjing yang berkutu. maka sebaiknya kita bisa mengatasi masalah ini dan bertanggung jawab terhadap anjing piaran kita sendiri. salam.
30 Apr 2014 22:13:16
#10
Avatar BUZZ
BUZZ
Total Post : 88
wewew.... kutu.. kutu....
dulu goldy ku juga ada kutu,.. dibedakin ga ilang, dikeramasin ga ilang, dibawa kesalon juga 1 minggu balik lagi.. pasrah..!!! . diamkan sajalah. tapi ketika musim panas tiba2 goldy sering nyebur dikolam ikan, 1 hari bisa 2 kali berendam dikolam... waahhh... setelah bulunya kering kutunya hilang dimakan sama ikan mungkin.
01 May 2014 23:04:30
#11
Avatar Chilong
Chilong
Total Post : 10
Klo pengalaman gw berperang ama kutu sieh udh nyoba segala macem mulai make bedak ampe ksh spiritus..
ternyata menggunakan produk antikutu khusus utk anjing ttp yg paling ampuh...
Saran gw sieh utk ngebasmi kutu mending make shampo anjing khusus buat kutu ama kalung kutu..
Klo gw sieh make shampo Gold Medal Pets flea & Tick (utk merek sieh bisa make yg lain selama khusus utk kutu), mandiin make shampo tersebut dan ulang setelah 2 minggu. Stelah itu si anjing ksh kalung antikutu (utk merek bisa make frontline, hartz, revolution, triforce, dll). Saat beli kalung hati2 perhatiin jenisnya, biasanya ada yg berdasarkan umur ato berat. Jd klo umur anjingnya sdh 1 thn tp kshnya utk puppy biasanya jd kurang efektif.
Klo gw sieh mandiin 1x kli make shampo flea & tick trus setelah mandi ksh kalung anti kutu bsknya efeknya udh keliatan 80% kutu hilang dan dalam seminggu kutu hilang total. Setelah mandiin yg kedua kli make shampo flea & tick, smua telur kutu langsung terlihat tp udh kopong(kosong) tinggal kulitnya aja.
Selanjutnya tinggal rawat kondisi kulit dan bulu anjingnya, karna biasanya klo anjing diserang kutu kulitnya kering dan bersisik, trus bulunya rontok. klo untuk itu gw biasanya ksh minyak ikan.
itu sedikit saran dr gw, semoga bermanfaat. Salam
09 May 2014 14:39:06
#12
Avatar Daniel.Rizki
Daniel.Rizki
Total Post : 11
oke gan trima kasih ya atas infonya smile
15 May 2014 02:08:42
#13
Avatar gabriela.nathania.33
gabriela.nathania.33
Total Post : 62
Memang kutu itu membuat repot.
Saya pernah dilanda wabah kutu, 9 ekor anjing kutunya tak terkendali (7 puppy 2 dewasa )
dari yang namanya obat kutu setelah mandi, kalung, bwang, dll ga ampuh.

Kasiahan liat puppy" di kutuin ( besar besar lagi) akhirnya coba frontline, walaupun kata dokternya blom boleh karena kurang dari 3 bulan.

Nekat umur 1 bulan udah di tetesin semua obat kutu frontline plus (beli 2 yang large, di bagi bagi), dalam 48 jam kutu"nya rontok semua, halaman rumah kyk hujan kutu smile

Seteah penetesan pertama sih masih ada sisa kutunya (masih lumayan mengganggu), setelah 2 bulannan di tetesi lagi, rontok semua, akhirnya udah lumayan bersih. Untungnya puppy"nya sekarang udah dapet rumah dan pemilik baru jadi rumah saya tidak jadi lahan kutu. sekarang masih ada 1 anjing yang masih saya pantau terus(ada kutunya g), jadi tiap kira" 3 bulan sekali di tetesi dan rumahnya selalu di semprot baygon tiap minggu.

Membasmi kutu memang harus sabar, katanya baru bisa memberantas semua keturunan kutunya selama 6 bulan. terapi antikutu di rumah terus di jalanin, soalnya kalau brenti-brenti, ngulang terus tuh keturunan, dan tambah biaya terus (saya habis lebih dari 500rb buat ngurusin hewan" kecil ini)

Just Share smile
22 Apr 2016 23:37:06
#14
Avatar anjing-dijual626366
anjing-dijual626366
Total Post : 1
Klo lg hamil cara basmi kutu kecil gmn ya?tp bkn caplak dia kyk kecil tipis gtu..Gtw nama nya..
05 Aug 2017 10:36:25
#15
Avatar vitariahni91
vitariahni91
Total Post : 4
Anjing saya punya banyak kutu dari kecil ampe yang besar. saya pake cara tradisional sampe kutu nya habis. saya oleskan minyak makan yang sudah saya campur dengan minyak lampu dan cuka apel dua sendok. takarannya ya secukupnya saja ya. minyak makan enam sendok + minyak lampu enam sendok+ cuka apel 2 sendok. kemudian saya sisir bulunya pakai sisir kutu biasa. setelah saya sisir pelan pelan, saya diamkan bulu anjing selama sepuluh menit. anjing saya jaga supaya tidak ngejilat bulunya. kemudian setelah itu saya mandiin pakai shampo anjing anti kutu. saya handukin kemudian saya kasih makan nasi bubur yang didalamnya ada daging ayam cincang yang dicampur sedikit hati ayam yang saya rebus secara bersamaan semua. saya rajin melakukan itu sampai kutu hilang dan anjing kenyang. jangan kena mata dan hidung ya. slamat mencoba kawan
Last Edited : 05 Aug 2017 10:39:27
08 Aug 2017 22:51:06
#16
Avatar 024804
024804
Total Post : 1
Kak nanya dong saya punya anjing siberian husky umur 2 thn dan beratnya ada 50 kg nah anjingya ini ada kutunya saya mau ngasih obat anti kutu frontline yg pipet atau yg semprot ya soalnya saya liat ada 2 jenis.. trus buat daerah lingkungannya udah saya bersihin pake delmat.. tolong bantu ya

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.