INFO Komunikasi Lebih Lancar & Pasti Sampai via Email ke AnjingDijual@gmail.com (Prioritas, dibalas lebih cepat!)
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
18 Apr 2014 15:24:46
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Breed Of This Week : Cocker Spaniel (English Cocker Spaniel)

foto

English cocker spaniel atau biasa dikenal disebut cocker spaniel merupakan jenis anjing yang mampu menemukan, memancing keluar dan menangkap burung yang menjadi mangsa dalam perburuan selama sehari penuh. Ia harus bertubuh cukup kecil untuk bisa menembus rumput yang lebat, tetapi juga harus memiliki ukuran yang cukup untuk menangkap mangsa yang lebih besar. Moncong besar yang dimilikinya membantu ketika menangkap atau mengambilkan mangsa. Anjing ini memiliki tubuh sedikit lebih tinggi daripada panjang tubuhnya dan bertubuh kecil. Anjing cocker sangat suka berburu dan memperlihatkan hal itu dengan mengoyang-goyangkan ekornya ketika sedang melakukan tugas berburunya. English cocker memiliki driving, gaya berlari kuat dan lincah. Memiliki bulu dengan panjang sedang, halus teksturnya dan lurus atau sedikit bergelombang. Bulu-bulu yang dimiliki tidak boleh terlalu lebat agar tidak menjadi hambatan ketika di lapangan, tetapi harus cukup panjang untuk melindungi bagian bawah anjing. Ekspresinya lembut dan anggun.

foto

Anjing English cocker spaniel tetap memiliki lebih banyak sifat alami berburunya daripada jenis American cocker spaniel, dan ia juga membutuhkan sedikit lebih banyak olahraga. Ia adalah anjing yang ceria, penuh rasa ingin tahu, demonstratif, setia, penurut dan sensitif. Cocker spaniel merupakan anjing supel yang suka berada dekat dengan keluarga manusianya.

Negara asal : Inggris
Jenis Family : gundog, spaniel
Tahun Asal : 1800an
Awalnya berguna sebagai : bird flushing (memancing burung keluar dari tempatnya) dan retrieving (mengambilkan)
Saat ini berguna sebagai : bird flushing dan retrieving, spaniel fiel trials
Ukuran rata-rata Jantan : Tinggi 40.6-43.2 cm. Berat 12.7-15 kg .
Betina : Tinggi 38-40.6 cm. Berat 11.8-14.5 kg.

foto

Tingkat energi : medium
Kebutuhan akan latihan/Exercise : medium
Tingkat keaktifan : sangat aktif
Keramahan terhadap anjing lain : sangat ramah
Keramahan terhadap hewan peliharaan lain : sangat ramah
Keramahan terhadap orang asing : sangat ramah
Kemudahan untuk dilatih : mudah dilatih
Kemampuan Watchdog : Tinggi
Kemampuan Melindungi / Protection : tidak terlalu protektif
Kebutuhan Grooming : medium
Toleransi terhadap dingin : medium
Toleransi terhadap panas : medium

foto

Perawatan dan Kesehatan
Olahraga setiap hari adalah kebutuhan bagi jenis anjing ini, baik dalam bentuk jalan kaki jauh dengan leash, berlari-lari yang cukup di lapangan atau bermain permainan energik di halaman. Meskipun English cocker secara fisik bisa tinggal di luar dalam cuaca hangat, tetapi ia adalah anjing sosial yang paling baik tinggal di dalam rumah dan bermain di luar. Bulu dengan panjang sedang yang dimilikinya perlu disikat dua atau tiga kali seminggu, plus memangkas bulu sekitar kepala dan telinga, dan bulu di sekitar kaki dan ekor setiap 2 bulan sekali. Telinga harus dibersihkan setiap minggu.

Major concerns untuk masalah kesehatan : PRA
Minor concerns untuk masalah kesehatan : cataracts, CHD, familial nephropathy
Masalah kesehatan yang jarang terlihat : glaucoma, cardiomyopathy
test kesehatan yang disarankan : pendengaran (untuk jenis particolor), mata,pinggul,(lutut)
Lama usia : 12-14 tahun
Catatan: ketulian menjadi perhatian utama untuk jenis particolor; CHD lebih umum terjadi pada warna solid; PRA adalah tipe PRCD

foto

Sejarah asal mula
Jenis Spaniel adalah salah satu kelompok anjing terbesar dan salah satu yang paling spesifik dalam pembedaan jenisnya. English cocker spaniel adalah salah satu dari jenis Land Spaniels (spaniel diklasifikasikan menjadi 2 jenis, yaitu Land spaniels dan Water spaniels). Land spaniels terdiri dari spaniel besar yang lebih handal untuk berburu mangsa yang bergerak cepat/lincah, dan spaniel kecil yang lebih cocok untuk berburu burung Woodcock. Perbedaan ukuran ini muncul dari induk yang sama dan pada dasarnya merupakan dua variasi dari jenis yang sama. Hanya pada tahun 1892 kedua ukuran tersebut dibedakan menjadi jenis ras yang terpisah, dengan ukuran yang kecil (dibawah 11 kg) ditetapkan sebagai cocker spaniel. Bahkan, karena kedua jenis tsb memiliki gen yang sama, mereka masih memiliki banyak bakat berburu yang sama.

Tahun 1901, batas berat telah dihapuskan. Cocker spaniels menjadi jenis yang paling populer di Inggris, tetapi breeder Amerika berusaha mengubah jenis ini dengan cara yang tidak disetujui oleh para penggemar English cocker spaniel. English dan American cocker spaniel ditampilkan bersama sampai tahun 1936, ketika English Cocker Spaniel Club of America dibentuk dan English cocker spaniel menerima status sebagai variasi yang berbeda. English Cocker Spaniel Club menghentikan interbreed (persilangan antar ras berbeda) American dan English cocker, dan di tahun 1946 English cocker ditetapkan sebagai ras yang berbeda. Setelah kedua ras dibedakan, American cocker melampaui English cocker dalam popularitas, namun hanya di Amerika. Di seluruh dunia, English cocker jauh lebih populer dibandingkan American cocker dan dikenal dengan nama Cocker Spaniel.




Sumber:
http://www.animalplanet.com
Foto dari berbagai sumber

Last Edited : 18 Apr 2014 15:27:11
19 Apr 2014 21:17:38
#2
Avatar ZEUS
ZEUS
Total Post : 3
kapan breed of this week gaolden retriever
20 Apr 2014 10:14:36
#3
Avatar bennysucipto
bennysucipto
Total Post : 9
request breed of this weeknya anjing kampung..
20 Apr 2014 13:33:13
#4
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842
@Zeus utk golden retriever sudah pernah di posting, bisa lihat disini ya profilnya: http://anjingdijual.com/thread/1103/breed-of-this-week-golden-retriever

@013465 : ok, ditunggu saja..
21 Apr 2014 17:31:08
#5
Avatar ZEUS
ZEUS
Total Post : 3
ok, makasih Nikita

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.