INFO Komunikasi Lebih Lancar & Pasti Sampai via Email ke AnjingDijual@gmail.com (Prioritas, dibalas lebih cepat!)
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
16 Apr 2014 21:59:08
#1
Avatar Danu.Prakoso
Danu.Prakoso
Total Post : 6

Minta solusi???

[ask]
minta saran ...
aku mau pengen pelihara golden retriever ..
minta saran buat kandang , dan perwatannya? aku newbie ee gan grin
trus sama ,aturan vaksinisasi golden retriever?

17 Apr 2014 22:37:03
#2
Avatar Zasky
Zasky
Total Post : 294
Syarat-syarat kandang yang baik
Kandang yang baik tentu saja tidak hanya menyenangkan bagi penghuninya, tetapi juga harus memenuhi unsur-unsur kesehatan. Pada umumnya kandang anjing diletakkan diluar rumah, baik di halaman depan, halaman belakang, maupun bagian lain pekarangan yang dekat dengan rumah. Luas kandang anjing tergantung pada ukuran tubuh anjing sebagai penghuninya. Untuk anjing besar sejenis herder, golden, Rottweiler, luas kandang minimum 8 meter persegi, untuk anjing sedang sepserti kintamani, kandang berukuran minimum 6 meter persegi, dan untuk anjing kecil seperti pomeranian kandang berukuran minimum 4 meter persegi.
Kandang anjing sebaiknya dibagi menjadi dua ruangan,yaitu ruang terbuka dan tertutup. Ruang terbuka yang menggunakan luas kandang digunakan anjing untuk makan, minum, bermain-main, dan aktivitas lainnya pada siang hari. Bagian tertutup digunakan anjing untuk berlindung dari hujan dan tidur pada malam hari. Karena tertutup, anjing bebas dari tiupan angin atau hujan pada saat tidur pada malam hari.
Perlengkapan di dalam kandang
Perlengkapan yang harus tersedia di dalam kandang terutama adalah tempat tidur, tempat pakan, dan tempat minum.
Tempat pakan dan minum
Tempat pakan dan minum untuk anjing berupa panci atau tempat lain yang bisa memuat untuk pakan dan air untuk sehari. Sebaiknya tempat pakan dan minum tidak terbuat dari plastik yang mudah rusak jika digigit anjing.Tempat pakan dan minum dari stainless paling bagus bagi anjing karena kuat, antikarat.Tempat pakan dan minum umumnya disangga tiang besi yang dapat dinaik-turunkan sesuai dengan perkembangan tinggi tubuh anjing.
Tempat tidur
Kebanyakan anjing menyukai alas tidur yang empuk, sehingga jikaberada diluar kandang pasti segera mancari keset empuk atau naik ke sofa untuk tidur. Untuk memenuhi keinginan anjing sebaiknya dibuat alas tidur dari busa yang dilapisi kain kasar yang kuat. Maksudnya agar tidak lekas sobek jika digigit anjing yang memiliki kebiasaan menggigit.
Mainan
Sifat anjing yang khas adalah suka bermain-main seperti anak kecil bermain-main,terlebih lagi anjing yang masih kecil.Bermain bagi anjing merupakan kegiatan rekreasidan sekaligus sarana berlatih. Aktivitas bermain anjing dewasa tidak seperti anjing anakan, tetapi dalam keadaan kesepian di kandang anjing dewasa bisa melampiaskannya dengan bermain-main sendiri. Mainan yang disukai anjing adalah bola dan tulang buatan Tulang buatan ini baik bagi anak anjing berfungsi untuk merangsang pertumbuhan gigi agar menjadi kuat. Sedangkan untuk anjing dewasa tulang buatan berfungsi untuk membersihkan karang gigi yang berasal dari sisa-sisa pakan.

Perawatan anjing :
Kegiatan rutin
Kegiatan rutin menjaga kesehatan anjing adalah kegiatan yang secara teratur dilaksanakan agar anjing selalu dalam keadaan sehat. Kegiatan yang rutin yang dimaksud adalah mengajak anjing berolahraga, memandikan, membersihkan telingga dan mata, serta memotong kukunya.
Olahraga
Olahraga sangat penting bagi anjing agar tubuh tetap sehat, kuat, dan tidak mudah terserang penyakit, bagi anjing olahraga dengan jalan-jalan dan berlari. Olahraga anjing cukup dilakukan di tempat saja. Sebaiknya anjing dikeluarkan dari kandang dan diajak berlari-laridi halaman atau pekarangan. Waktu yang diperlukan anjing untuk berolahraga, baikdipekarangan atau di luar cukup 1-2jam.
Mandi
Bagi anjing mandi merupakan keharusan. Tujuan memandikan anjing adalah menghilangkan kutu-kutu yang biasa bersarang di bulu, membuat bulu-bulu tidak lengket dan berbau, serta menjaga kesehatan kulit.Frekuensi memandikan anjing tergantung pada jenisnya, anjing berbulu pendek cukup dua minggu sekali, sedangkan anjing berbulu panjang seminggu sekali.
Membersihkan telinga dan mata
Membersihkan telinga dilakukan minimal sekali seminggu. Cara membersihkan adalah dengan membasahi cutton bud menggunakan baby oil dan mengoleskan ke bagian dalam telinga sambil sedikit menekan, sehingga kotoran terangkat. Membersihkan mata dilakukan sehari sekali, caranya dengan menggunakan segumpal kapas yang dibasahi air hangat dan kemudian mengusapkannya keujung mata yang kotor dengan lembut hingga mata menjadi bersih

Vaksinasi :


Pastikan Anjing anda memiliki buku Catatan Kesehatan dan Vaksin.
Jadwal vaksinasi anjing adalah sebagai berikut:

Umur 1.5 bulan : vaksin Eurican 4 (DHPPi: Distemper, Hepatitis, Parvo, ParaInfluenza)
Umur 2.5 bulan : vaksin Eurican 6 (DHPPi+L/Leptospirosis)
Umur 3.5 bulan : vaksin Eurican 7 (DHPPi+L+Rabies)
Kemudian setiap satu tahun sekali diulang vaksin Eurican 7 (DHPPi +L+Rabies).
Pastikan sebelum vaksin kondisi anjing dalam keadaan sehat. Setelah vaksin anjing tidak boleh dimandikan dan tidak boleh dibawa perjalanan jauh selama 10-14 hari.


Jadwal deworming (obat cacing) :
Berikan obat cacing sejak usia 1 bulan, kemudian diulangi tiap bulan sampai usia 6 bulan. Setelah usia 6 bulan obat cacing diberikan rutin 3 bulan sekali.
anak anjing sangat rentan terhadap infeksi cacing. Bila anjing mengendus dan menjilat rumput atau tanah, maka telur cacing akan masuk kedalam saluran cerna dan berkembang biak.
Kadangkala anjing yang terinfeksi cacing tidak menimbulkan gejala-gejala yang serius namun bila cacing telah berkembang biak banyak maka timbul gejala seperti: anemia, anoreksia (tidak napsu makan), gangguan pencernaan berupa muntah dan diare, dll.
Last Edited : 17 Apr 2014 22:38:42
18 Apr 2014 12:14:53
#3
Avatar Danu.Prakoso
Danu.Prakoso
Total Post : 6
woow... siip ..
Matur nuwun mas Zasky grin hehe
bisa buat pandangan .. pelihara Golden grin

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.