AnjingDijual.com
Info: Per 2 Nov 2020, Jam Operasional Resmi 10.00-17.00 WIB. Batas Konfirmasi jam 16.00 WIB.
Buat Thread Baru Kirim Komentar
02 Oct 2012 11:47:39
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Breed Of This Week : Rottweiler

foto

Rottweiler adalah jenis anjing medium-besar, tubuhnya sedikit lebih panjang daripada tinggi, tangguh dan memiliki kekuatan yang besar. Anjing ini merupakan penggabungan dari kemampuan yang diperlukan untuk menggiring ternak untuk jarak jauh dan sebagai anjing penjaga yang tangguh dimana dibutuhkan kekuatan yang besar, kelincahan dan ketahanan. Kemampuan berlari yang memiliki keyakinan dan bertenaga, dengan reach dan drive yang kuat. Memiliki bulu yang lurus, kasar dan tebal. Ekspresi wajah Rottweiler mencerminkannya sebagai anjing yang gagah, siaga, dan percaya diri.

Sikap percaya diri, berani, waspada dan berwibawa seperti Rottweiler membuatnya menjadi pilihan yang populer untuk kemampuannya melindungi. Karena sifat alaminya yang percaya diri, anjing ini cenderung menjadi keras kepala, agak bandel, dan sering mendominasi. Ia seringkali waspada terhadap orang asing. Bisa menjadi terlalu over protektif jika merasa keluarganya sedang terancam, dan juga suka mencoba untuk "menggiring" anak-anak. Ini adalah jenis anjing kuat yang membutuhkan sosialisasi, pelatihan yang konsisten dan latihan setiap hari untuk menjadikannya sebaik mungkin sebagai anjing keluarga dan anjing penjaga yang setia.

Negara asal : Jerman
Jenis Family : livestock dog, sheepdog, mastiff (draft/cattle)
Awalnya berguna sebagai : penggiring ternak, penjaga, draft dog
Saat ini berguna sebagai : anjing keamanan, Anjing Schutzhund
Ukuran rata-rata Jantan : Tinggi 61-69 cm, Berat 43-59 kg
Ukuran rata-rata Betina : Tinggi 56-63 cm, Berat 38-52 kg

foto

Tingkat energi : Medium
Kebutuhan akan latihan/Exercise : medium
Tingkat keaktifan : tidak terlalu aktif
Keramahan terhadap anjing lain : pemalu
Keramahan terhadap hewan peliharaan lain : pemalu
Keramahan terhadap orang asing : pemalu
Kemudahan untuk dilatih : cukup mudah dilatih
Kemampuan Watchdog : Tinggi
Kemampuan Melindungi / Protection : sangat protektif
Kebutuhan Grooming : rendah
Toleransi terhadap dingin : medium
Toleransi terhadap panas : rendah

Perawatan dan Kesehatan
Anjing Rottweiler membutuhkan aktifitas fisik dan mental setiap hari, baik dalam bentuk jalan-jalan panjang atau jogging panjang, atau permainan penuh semangat di area yang aman, serta latihan kepatuhan. Rottweiler menyukai cuaca yang dingin dan bisa kepanasan dalam suhu yang panas. Ia bisa tinggal di outdoor dalam cuaca yang sedang ke dingin, selama disediakan tempat tinggal yang cukup besar. Ia juga butuh menghabiskan waktu dengan keluarga di dalam rumah, sehingga bisa terjalin ikatan yang tepat.

foto

Perawatan bulu sangat minim artinya tidak terlalu membutuhkan banyak perawatan, hanya perlu menyikat bulunya sesekali untuk menghilangkan bulu mati.

Major concerns untuk masalah kesehatan : CHD, elbow dysplasia, SAS, osteosarcoma, gastric torsion
Minor concerns untuk masalah kesehatan : OCD, entropion, ectropion, vWD, panosteitis
Masalah kesehatan yang jarang terlihat : PRA, cataract, epilepsy
test kesehatan yang disarankan : pinggul, siku, jantung, darah (mata)
Lama usia : 8-11 tahun

Sejarah asal mula
Nenek moyang Rottweiler mungkin berasal dari jenis anjing penggiring asal Roma, yang bertugas menggiring dan menjaga kawanan ternak serta bertugas menemani barisan panjang prajurit Roma. Setidaknya satu dari barisan prajurit ini mengarah ke Jerman selatan, dimana beberapa orang dan anjing mereka menetap disana. Sukses selama berabad-abad, anjing-anjing ini terus memainkan peran penting sebagai penggiring ternak di area yang kemudian menjadi kota Rottweil (yang mana berasal dari kata atap merah, yang melambangkan atap merah dari tempat pemandian Roma yang telah digali disana pada abad ke-8). Kota Rottweil makmur dan menjadi pusat perdagangan ternak. Anjing-anjing mereka mengiring dan menjaga ternak, menjaga uang hasil penjualan ternak dan bertugas sebagai anjing pengangkut barang.

foto

Anjing-anjing ini kemudian berevolusi menjadi Rottweiler metzgerhund (“anjing tukang daging”), yang merupakan komponen tidak terpisahkan dalam industri kota tersebut sampai pertengahan abad 19. Pada saat itu, menggiring ternak dilarang, dan pengangkutan barang yang biasa dilakukan anjing digantikan oleh keledai yang menarik gerobak dan rel kereta api. Dengan semakin sedikit tugas anjing-anjing ini maka kebutuhan akan anjing ini juga semakin kecil, sehingga membuat Rottweiler jatuh dalam kemunduran yang hampir membuatnya punah. Dengan adanya kesadaran bahwa ras ini sedang mendekati kepunahan, para peternak anjing membentuk sebuah klub di tahun 1901 dan mulai untuk menghidupkan jenis ini kembali. Meskipun klub ini hanya berumur pendek, tetapi telah berhasil merumuskan standar dari ras ini. Dua klub berikutnya dibentuk tahun 1907, salah satu dari klub ini mempromosikan ras Rottweiler sebagai anjing polisi. Dua klub ini kemudian bergabung tahun 1921. Ras ini terus tumbuh, dan tahun 1930 berkompetisi dalam kompetisi AKC. Rottweiler telah berhasil pulih dari kepunahan dan menjadi anjing ras nomor dua paling populer di Amerika.




Sumber:
http://www.animalplanet.com
Foto dari berbagai sumber

* Artikel ini telah diperbaharui.

Last Edited : 13 May 2014 12:44:00
02 Oct 2012 21:40:05
#2
Avatar M4NB35TFR13ND
M4NB35TFR13ND
Total Post : 199
TOP INFO....na bisa sambil koprol dan bilang WOW
03 Oct 2012 11:30:41
#3
Avatar CASTLEDOM
CASTLEDOM
Total Post : 11
like rottweiler
04 Oct 2012 14:40:12
#4
Avatar _WEslEy_
_WEslEy_
Total Post : 3
TOP BANGET
28 Mar 2014 22:57:04
#5
Avatar Rottfan1
Rottfan1
Auto Banned
Total Post : 905
angel
Last Edited : 29 Mar 2014 01:19:16
31 Mar 2014 07:13:16
#6
Avatar 005538
005538
Total Post : 1
Rottweiler memang mantab. Protektif dan penyayang (amat) untuk Pemiliknya

BRAVO ROTTIE!
01 Apr 2014 17:06:26
#7
Avatar Andri.Tao
Andri.Tao
Total Post : 134
rotw saya jantan umur 1 thn, tinggi 73cm, berat 70kg , boleh ikut kontes tidak yah? smile
01 Apr 2014 22:20:26
#8
Avatar Rottfan1
Rottfan1
Auto Banned
Total Post : 905
artikelnya kurang lengkap :-) sesuai nick aku, aku mempelajari rottie dr berbagai sumber, tp sgt menarik melihat post 2.tahun lalu jadi breed of the week :-)

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.