Komunikasi Lebih Lancar & PASTI sampai via email ke anjingdijual@gmail.com | Fitur Baru! Sundul Iklan via E-mail, Praktis & GRATIS!
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
04 Apr 2014 15:57:48
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Breed Of This Week : Tibetan Mastiff

foto

Anjing yang kuat, berat, tetapi atletik seperti Tibetan Mastiff merupakan penggabungan antara kekuatan dan ketangkasan. Tubuhnya lebih panjang sedikit daripada tinggi. Cara berjalannya pelan dan hati-hati, sedangkan gaya berlarinya bertenaga dan lincah. Penampilannya secara keseluruhan mengesankan, dengan ekspresi serius tapi ramah. Memiliki bulu tebal, lurus, kasar dan cukup panjang, terutama disekitar leher dan bahu serta pada anjing jantan terlihat lebih lebat dibandingkan betina. Ekor banyak dilapisi bulu dan kaki belakang juga berbulu lebat pada bagian atas. Pada cuaca dingin, bulu undercoat lebih tebal, tetapi saat cuaca hangat bulu undercoat lebih tipis. Jenis kombinasi bulu seperti ini memungkinkan Tibetan Mastiff untuk bertahan pada cuaca ekstrim di Tibet.

foto


Sesuai dengan masa lalu mereka yang panjang sebagai penjaga dan pelindung yang menyendiri, Tibetan Mastiff adalah anjing yang mandiri, berkemauan keras dan teritorial. Mereka kurang bersahabat dengan orang asing, tetapi mengabdikan diri untuk keluarganya. Sosialisasi yang tepat sangat penting sehingga mereka bisa menerima orang asing dan tidak menjadi terlalu mencurigai. Mereka lembut dan sabar dengan anak-anak dalam keluarganya, tetapi akan menjagai rumah mereka terhadap anak-anak tidak dikenal yang tampak seperti ancaman bagi anak-anak dalam keluarganya. Mereka umumnya baik dengan anjing lain dan jarang agresif. (Di Tibet, mereka seringkali dipelihara bersama dengan Lhasa Apso). Kebanyakan Tibetan Mastiff baik dengan binatang lain.

Negara asal : Tibet
Jenis Family : Mastiff
Tahun Asal : Jaman kuno
Awalnya berguna sebagai : Penjaga
Saat ini berguna sebagai : Penjaga, teman peliharaan
Ukuran rata-rata Jantan : Tinggi 66 cm. Berat 40.8-68 kg .
Betina : Tinggi 61 cm. Berat 36-49.9 kg.
Nama lain : Do-Khyi

foto


Tingkat energi : rendah
Kebutuhan akan latihan/Exercise : rendah
Tingkat keaktifan : cukup aktif
Keramahan terhadap anjing lain : ramah
Keramahan terhadap hewan peliharaan lain : ramah
Keramahan terhadap orang asing : pemalu
Kemudahan untuk dilatih : mudah dilatih
Kemampuan Watchdog : Tinggi
Kemampuan Melindungi / Protection : sangat protektif
Kebutuhan Grooming : sedang
Toleransi terhadap dingin : tinggi
Toleransi terhadap panas : rendah

foto


Perawatan dan Kesehatan
Anjing Tibetan Mastiff cenderung tenang di dalam ruangan dan cukup aktif di luar. Anjing ini perlu dibawa jalan-jalan jauh dengan leash setiap hari dan memiliki akses untuk ke halaman luar untuk memenuhi kebutuhannya. Ketika terkurung bahkan di ruang yang besar, jenis ras ini bisa menjadi bosan, frustasi dan destruktif. Bahkan, anjing Tibetan Mastiff muda adalah salah satu jenis yang paling ahli merusak dalam dunia anjing.

foto


Perawatan bulu terdiri dari menyikat bulu beberapa kali setiap minggu (dan setiap hari saat masa rontok/shedding), berikan perhatian khusus pada bulu panjang bagian belakang, ekor, dan leher. Bulu tahan cuaca yang dimiliki memungkinkan mereka untuk tetap nyaman dalam suhu dingin dan mengejutkannya juga nyaman saat iklim hangat, kering, tetapi mereka tidak cocok untuk cuaca panas dan lembab. Mereka juga tidak cocok hidup di luar rumah karena temperamen mereka. Anjing ini suka menggonggong di malam hari. Anjing betina hanya memiliki satu masa estrus setiap tahun.

Major concerns untuk masalah kesehatan : -
Minor concerns untuk masalah kesehatan : CHD, hypothyroidism
Masalah kesehatan yang jarang terlihat : entropion, seizures, canine inherited demyelinative neuropathy
test kesehatan yang disarankan : pinggul, tiroid
Lama usia : 11-14 tahun

Sejarah asal mula
Termasuk dalam salah satu ras yang paling kuno dan berpengaruh, asal usul Tibetan Mastiff telah lama hilang. Bukti arkeologi tentang anjing-anjing masif tahun 1100 SM bisa ditemukan di Cina. Anjing-anjing tersebut mungkin pernah melakukan perjalanan dengan Attila the Hun dan Genghis Khan. Di dataran tinggi Himalaya, anjing-anjing ini digunakan sebagai penjaga perkemahan para peternak nomaden. Selain menjaga perkemahan, anjing-anjing ini juga digunakan untuk menjaga desa-desa dan biara-biara.

foto


Anjing-anjing yang menjaga desa biasanya dirantai di gerbang dan atap rumah di siang hari dan diijinkan berkeliaran di malam hari. Ras ini tidak dikenal dunia luar selain Tibet sampai tahun 1847, ketika Raja muda India mengirimkan seekor anjing besar dari Tibet bernama Siring untuk Ratu Victoria. Ras ini kemudian mulai lebih dikenal ketika dua anjing yang diimpor oleh Pangeran Inggris dipamerkan di dog show tahun 1874. Impor ras ini terus berdatangan, dan hanya tahun 1931 Tibetan Breed Association di Inggris mengembangkan standar ras ini. Dengan hanya sedikit anjing yang berada di luar negara asalnya (Tibet), masa depan ras ini terancam ketika China menginvasi Tibet tahun 1950, menggusur ras asli. Kelangsungan ras ini bergantung pada anjing-anjing yang mengungsi ke negara tetangga atau yang tersisa di desa-desa pegunungan terpencil. Dalai Lama mengirimkan dua anjing ke President Eisenhower, tetapi keduanya kemudian hilang tanpa kejelasan. Hanya di tahun 1970an, persediaan anjing dari Nepal dan India tiba di Amerika untuk program perkawinan ras.

Anjing yang diimpor berasal dari berbagai genetik, yang menimbulkan berbagai variasi dalam ukuran dan gaya pada ras sekarang ini. Modern ini, Tibetan Mastiff sebagian besar menjadi anjing peliharaan rumah dan penjaga keluarga, meskipun beberapa digunakan sebagai pelindung ternak. Tahun 2005, ras kuno ini memulai bab baru karena memasuki kelas AKC Miscellaneous.



Sumber:
http://www.animalplanet.com
Foto dari berbagai sumber

04 Apr 2014 20:39:20
#2
Avatar vold0
vold0
Total Post : 2
Tibetan mastiff merupakan anjing termahal di dunia saat ini
http://www.youtube.com/watch?v=VLyzFC0mpRw
Last Edited : 04 Apr 2014 20:40:48
05 Apr 2014 16:52:43
#3
Avatar Rottfan1
Rottfan1
Auto Banned
Total Post : 905
wow luar biasa, yg termahal tercatat 600 rb us dollar? bangkrutttttttttt hehehe. ini trah termasuk salah satu tertua di dunia, ada lagi italian mastiff, gak tahu kangal, caucasian shepard tergolong keluarga mastiff krn lebih besar, tp rottweiler jelas termasuk keluarga mastiff. sampe sekarang, sama kayak leluhur jenis ini, rottie masih diduga keturunan dr tibetan mastiff atau italian mastiff, pada masa romawi kuno, gak heran, breed ini termasuk leluhur dr berbagai breed anjing laen yg masih tergolong lebih muda keberadaannya,sampe ke apa tuh yg di videonya di timbangan? cihuahua?
05 Apr 2014 21:51:53
#4
Avatar Zasky
Zasky
Total Post : 294
Wuiiih......wuedan tenan ! Anjing jenis ini memang masih memegang rekor sebagai anjing termahal di dunia, pemiliknya adalah seorang pengusaha properti dari Tiongkok asal dari Wingdao berusia 56 tahun. Anjing yang bisa mencapai ukuran tinggi 80 cm dan berat 90 Kg yang menyerupai singa jantan ini adalah termasuk hewan langka seperti Panda, dipercaya sebagai hewan pemberi keberuntungan serta kesehatan dan sebagai simbol status kekayaan ( lha iya lha, kalau bisa beli anjing seharga Rp. 21,9 M, bagaimana dengan seluruh kekayaannya ? ). Pantas aku cari - cari di iklan Andi kok nggak ada yang jual ya he he he !
07 Apr 2014 11:59:39
#5
Avatar 013008
013008
Total Post : 3
Nanya donk, berarti ini anjing gak cocok ya buat dipelihara di jakarta? Udaranya jakarta kan panas sama lembab.
07 Apr 2014 18:28:31
#6
Avatar Zasky
Zasky
Total Post : 294
He he he yang jual aja enggak ada, kalau mau import langsung dari negeri asalnya dengan harga selangit ? Udah gitu pasti makannya banyak sekali, ya mungkin untuk daerah panas anjing ini nggak cocok, cocoknya ya seperti daerah Puncak gitu.
08 Apr 2014 00:16:53
#7
Avatar Rottfan1
Rottfan1
Auto Banned
Total Post : 905
@Zasky ada kok di anjingrasdotcom smile
08 Apr 2014 20:31:20
#8
Avatar Zasky
Zasky
Total Post : 294
Mas 013008 eh ternyata ada lho iklan Tibetan Mastiff seperti yang ditulis Mas Rottfan, berminat ?
10 Apr 2014 08:57:38
#9
Avatar 013008
013008
Total Post : 3
@zasky: wah kena berapaan itu ya? Blm cek inet lagi nih. Rencananya sih pengen buat ditaro di daerah cikarang, pinggiran jababeka. Kan udaranya masih lbh sdkt dingi dibanding jkt yg panas banget. Mau piara krn suka aja, gede, muka sangar, org biasanya rada takut hehehehe
18 Dec 2016 14:34:52
#10
Avatar pinkers.pinkoo21
pinkers.pinkoo21
Total Post : 2
@013008 Kalian yg mau pelihara Tibetan Mastiff di Jakarta boleh* aj... gue jg tinggal di Jakarta dan pelihara 6 psg TM...(12ekr) tp kalian hrs serajin-rajinnya rawat mereka... biar bulunya ga gimbal... hrs nyempetin wkt setiap hr buat nyisir bulunya...grin
Last Edited : 18 Dec 2016 14:40:04

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.