AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
02 Apr 2014 11:56:54
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Deteksi Kesehatan Anjing Anda Dengan Mengenali Perubahan Poop dan Pee

foto

Kebiasaan buang air anjing Anda bisa memberikan banyak petunjuk tentang kesehatannya, dan seringkali menjadi indikasi awal bahwa ada sesuatu yang salah. Setiap anjing mungkin pernah sesekali mengalami diare, pup lembek, pup keras dan pup berlendir, tetapi mungkin kadang bisa terjadi yang lebih dari itu.

Jangan lupa juga dengan urin. Urin juga dapat mengindikasikan sesuatu yang salah dengan anjing Anda. Seberapa sering ia pee, apakah ia mengejan ketika pee, warna urin, dsbnya, adalah semua hal yang harus Anda perhatikan ketika anjing Anda buang air kecil.

Berikut adalah cara untuk membaca pup dan pee anjing Anda sehingga Anda dapat memahami lebih baik cara untuk mengetahui jika ada sesuatu yang salah dengan kesehatannya melalui pup dan pee anjing Anda.

Apa tanda-tanda bahwa pup dan pee anjing saya normal?

Bess Pierce, DVM, Associate professor of community mengatakan, "Kebiasaan anjing pup dan pee merupakan tanda-tanda luar tentang status kesehatannya. Penting untuk memonitor jumlah, frekuensi, warna dan konsistensi feses dan urin anjing, berikan perhatian khusus terhadap perubahan pola normal."

Menurut Findavet.us, normalnya warna pee anjing harus berwarna kuning muda hingga medium, tanpa bau yang menyengat. Untuk feses normalnya harus solid/firm dan berwarna coklat.

Bagaimana Tanda-tanda bahwa anjing saya memiliki masalah buang air?

- Anjing mengejan saat buang air kecil : Saat anjing berusaha keras tetapi tidak bisa mengeluarkan banyak urin bisa jadi ia memiliki masalah kencing batu (urinary stone), yang bisa fatal jika tidak diobati.

- Urine berwarna sangat gelap : Urin yang berwarna sangat kuning gelap atau seperti warna karat (orange kemerahan) bisa jadi mengandung darah, yang mengindikasikan kemungkinan adanya infeksi saluran kemih (urinary track infection).

- Buang air kecil tidak seperti biasanya : jika anjing tiba-tiba buang air kecil di seluruh rumah bisa jadi memiliki masalah infeksi saluran kemih, atau jika ia juga meminum banyak air tidak seperti biasanya, itu bisa jadi kondisi serius seperti penyakit ginjal, diabetes, atau penyakit Cushing.

- Mengejan saat buang air besar : jika anjing Anda selalu berusaha keras untuk mengeluarkan pup atau mengejan untuk waktu satu atau dua hari, tetapi tidak juga bisa keluar, maka ia mungkin memiliki penyumbatan usus. Hubungi drh Anda. Jika ia muntah, segera ambil tindakan.

- Diare : feses yang berair, bau bisa jadi serius atau bisa jadi tidak terlalu serius. Jangan memberi makan anjing Anda selama satu hari, tetapi pastikan ia diberikan banyak air. Setelah satu hari, berikan makanan hambar/tanpa perasa, contohnya: ayam rebus tanpa kulit, nasi putih dll. Jika anjing Anda masih diare selama dari 2 hari, segera periksakan ke drh dan lebih segera lagi jika disertai muntah. Dan jika anjing Anda masih anakan yang muntah lebih dari sekali selama satu jam dalam periode setengah hari, segera bawa ke drh.
Jelasnya mengenai diare dan penanganannya baca disini:
http://anjingdijual.com/thread/616/ulasan-lengkap-mengenai-diare-pada-anjing

- Warna feses sangat gelap : Feses yang berwarna hitam atau coklat sangat gelap bisa menandakan ada pendarahan di saluran pencernaan bagian atas, yang bisa disebabkan karena banyak hal. Harus diperiksakan ke drh.

- Feses berwarna abu-abu : Feses berwarna semen bisa berarti anjing mengalami penyumbatan pada saluran empedu. Penyumbatan ini bisa disebabkan karena beberapa penyebab, tetapi apapun penyebabnya diperlukan kunjungan ke drh.

- Perubahan bentuk feses
: Jika feses anjing Anda berbentuk potongan tipis, maka berarti usus besar atau rektumnya menyempit karena disebabkan beberapa alasan. Di sisi lain, jika feses berbentuk potongan sangat besar maka mengindikasikan adanya masalah di usus kecil.

Apa yang harus dilakukan jika Anda melihat perubahan pada pup dan pee anjing Anda

"Setiap bau atau warna yang tidak biasa, bisa mengindikasikan sejumlah kondisi seperti tapeworm (cacing pita), infeksi saluran kemih, adanya parasit, penyumbatan saluran pencernaan, atau bahkan bisa jadi indikasi bahwa anjing telah menelan racun," menurut Dogsymptoms.org. "Sering muntah dan diare juga bisa mengindikasikan adanya parasit pencernaan, penyakit hati, kanker, dan kondisi yang tidak begitu serius seperti alergi atau gastroenteritis."

Hal yang paling penting dan proaktif yang bisa Anda lakukan jika melihat perubahan tiba-tiba pada hasil buang air anjing Anda adalah dengan membawanya ke drh.

Sumber:
http://www.findavet.us/2011/08/read-dogs-poop-and-pee/
http://dogsymptoms.org/dog_symptoms_diagnosis.html

Last Edited : 02 Apr 2014 12:06:22
02 Apr 2014 13:53:00
#2
Avatar Liany.Hermawaty
Liany.Hermawaty
Total Post : 46
????? poop anjingku suka berubah warna, kadang coklat normal, kadang kehijauan, kadang agak putih.
dan dia sangat sehat grin
02 Apr 2014 19:48:49
#3
Avatar Zasky
Zasky
Total Post : 294
Tanda - tanda klinis dari poop maupun pee memang dapat mengindikasikan adanya sesuatu yang tidak beres pada doggy, sebagai doglover pengetahuan ini penting untuk dikuasai. Paling tidak, itu sinyal agar doglover dapat segera membawa doggy nya untuk diperiksakan ke dokter hewan agar tidak kasep.
03 Apr 2014 13:24:25
#4
Avatar Rottfan1
Rottfan1
Auto Banned
Total Post : 905
@Liany.Hermawaty udah merahnya? hehehe kayak lampu lalu lintas. Sebenarnya cara deteksi paling efektif,lihat tingkah laku anjing pas sehat, dan bandingkan. Ini hanya bisa dilakukan sm yg perhatiin anjingnya.tp secara garis besar tanpa poop ketahuan anjing sakit, tingkahnya lemas lesu gak lincah, termasuk matanya. poop hanya memperjelas, kena apa. Biasakan bawa anjing jalan2 biar hirup udara segar smile, maksud aku jalan2 di tempat bersih lho hehehe
27 May 2015 18:29:54
#5
Avatar anjing-dijual406409
anjing-dijual406409
Total Post : 1
Anjing aq belakangan ini pup nya warna coklat dan agak kental.. Itu kenapa ya? Mohon info ya
11 Mar 2016 09:21:27
#6
Avatar anjing-dijual407956
anjing-dijual407956
Total Post : 1
Mau nanya doggy ku akhir" pup nya rda keras n kering gt keliatan nya wrna nya kuning tp bentuk nya kyk pup kambing gt, itu knp ya?
11 Mar 2016 18:21:24
#7
Avatar jackarc2
jackarc2
Total Post : 1
anjingku kok habis makan cepet lgsg pup banyak dan besar , bau,, knapa ya?
04 Jun 2016 23:12:33
#8
Avatar stevanyshena19.ss
stevanyshena19.ss
Total Post : 1
Ajing saya pupnya warna hitam dan ada cacingnya. Harus bagaimana? Apakah bisa mati?
30 Jul 2016 19:39:08
#9
Avatar anjing-dijual888118
anjing-dijual888118
Total Post : 2
Saya punya puppies klo saya kasih lacmil kencingnya berubah warna putih bening...klo saya kasih Llm sgm kencingnya kuning bening....yg seharusbya gimana yg sehat untuk pupies....karena klo dikasih llm gsm aja.suka ga mau karena ga ada rasa.klo dikasih lacmil doyan banget karena manis rasanya.tolong pencerahannya.
08 Aug 2016 17:33:48
#10
Avatar siloretta26
siloretta26
Total Post : 1
Dog saya pipisnya berlendir dan ada darah tapi tidak banyak darahnya dan warna darahnya tidak segar. Baru saya lihat bbrp hari ini. Anjing saya sudah berumur 18tahun dan tidak mampu berjalan lagi. Tolong Info ya. Tks
29 Sep 2016 07:05:15
#11
Avatar eniastini99
eniastini99
Total Post : 1
Puppy saya pupnya kental,, tp dia hanya pup sekali dlm sehari... Tidak seperti diarie yg pup berkali2..  Trkdg jg muntah,,, dia sdikit lemas tidak sprti biasanya,,, sdh dibawa ke klinik hewan tp ga ada perubahan.. mohon sarannya
Last Edited : 29 Sep 2016 07:05:44
04 Oct 2016 15:25:36
#12
Avatar maximumadvanture
maximumadvanture
Total Post : 1
Sama mau tanya kenapa pup husky saya berwarna kuning dan jemek seperti pup pada sapi bentuknya, apakah tidak cocok pada dogfood atau karna adaptasi lingkungan, sebab saya baru pindah rumah
15 Feb 2017 16:33:52
#13
Avatar Heny.Sugianto
Heny.Sugianto
Total Post : 1
Saya punya husky setiap abis makan terus pup, kl makannya banyak dlm se hari bisa 5x pup, punya lembut berwarna kuning. Apakah normal?
16 Mar 2017 10:10:34
#14
Avatar anjing-dijual966601
anjing-dijual966601
Total Post : 1
Bos anjing Pitbull sya kok di kasi df kering cm di bau aja kyak males bngt makan eek nya terakhir berlendir kyak cair tp berbentuk g cair.itu knp y apa di kasi obat cacing?promag?ato diatab buat diare tlong info dong sesama pecinta hewan
19 Apr 2017 10:21:16
#15
Avatar vivilie126
vivilie126
Total Post : 1
Anjing aku akhir2 ini males mkn trus pup ny berlendir kenapa ya
11 May 2017 14:52:46
#16
Avatar Lingg.Hartati
Lingg.Hartati
Total Post : 5
Puppy ku pup nya bisa beberapa kali dlm sehari tapi ga nentu baru mau msk 3 bln lumayan aktif kadang pupnya agak solid kdg pupnya ada lendir setitik di akhirnya kadang pupnya cair agak kehijauan, kencingnya kdg kuning tua tpi sedikit kadang agak bykan kuning muda atau bening, itu kenapa ya ? Ada yg bisa info kan ? Apakah dia sehat atw ada masalah ?
Last Edited : 11 May 2017 14:53:05
27 May 2017 19:08:35
#17
Avatar ivandewajuana97
ivandewajuana97
Total Post : 1
anjing saya terlihat lemas nafsu makan hilang ,dan air kencingnya berwarna kuning kemerahan sperti ada kandungan darahnya itu ,kenapa yaa ?? sudah saya bawa ke dpkter tapi tetap saja tidk ada perubahan
10 Jul 2017 14:27:04
#18
Avatar ayuputrinov
ayuputrinov
Total Post : 1
anjing saya sangat aktif, suka bermain, semangat sekali, tapi saya agak aneh karna pupnya yang selalu ada cairan kental warna coklat, kapan lalu bahkan pupnya mengeluarkan darah dan cacing cuma sehari aja, hari2 berikutnya pupnya sudah mulai normal lagi cuma selalu ada cairan coklat tadi. kira kira itu kenapa ya? mohon infonyasmile
16 Sep 2017 11:07:01
#19
Avatar 025054
025054
Total Post : 11
Kalo kadang kencing anjingnya warnanya bening itu menandakan apa ya? Apa anjingnya sakit?
05 Oct 2017 10:41:05
#20
Avatar Christ.Agustinus
Christ.Agustinus
Total Post : 1
Anjing saya bbrp hari ini pupnya berubah jd lbh basah dan terlihat benyek, tp bentuknya msih utuh.. Cm ini uda 2x di pupnya ada selaput bening gitu.. Itu knp ya? Kalo warna pup sih msh normal.. Coklat muda n coklat tua gt...

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.