AnjingDijual.com
INFO: Sundul Iklan via SMS mengalami gangguan 2 minggu terakhir. Kendala Penerimaan SMS dari dan ke Nomor Tri <=> Telkomsel
Buat Thread Baru Kirim Komentar
01 Apr 2014 14:12:51
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

8 Alasan Mengapa Memelihara Anjing Baik Bagi Anak-Anak

Beberapa orang mungkin masih ragu dan menanyakan, apakah baik jika anak-anak tumbuh dengan anjing peliharaan? Sebenarnya, ada banyak alasan positif mengapa anak-anak harus memiliki anjing peliharaan. Tidak hanya karena anjing peliharaan mengajarkan banyak keterampilan hidup kepada anak-anak, mereka juga sahabat yang mengagumkan. Berikut 10 alasan mengapa anak Anda harus memiliki anjing peliharaan:

1. Mengajarkan Tanggung Jawab

foto
Anak-anak yang memiliki anjing peliharaan akan mengembangkan rasa tanggung jawab dan peduli terhadap sesuatu selain diri mereka sendiri. Anjing memerlukan perawatan dan perhatian sepanjang waktu. Merawat anjing mungkin bisa terasa sulit tapi sangat memuaskan. Ketika anak Anda perlu memastikan bahwa anjing mereka mendapatkan makanan (kontrol porsi dan semuanya) dan air setiap hari, mereka mulai menyadari bahwa anjing bergantung kepada mereka, anjing memerlukan mereka untuk bertahan hidup. Mereka belajar bahwa ketika mereka gagal melakukan "pekerjaan mereka", anjing yang sangat mereka sayangi, merasakan efek dari kelalaian mereka. Anak-anak yang aktif membesarkan anjing mereka biasanya akan belajar tentang bagaimana berempati dan berbelas kasih. Belajar bagaimana untuk bertanggung jawab atas makhluk hidup lain akan memungkinkan anak-anak untuk mengurus diri mereka lebih baik juga.

Penting bagi orangtua untuk membantu anak-anak mereka merawat anjing peliharaan, baru secara bertahap dari waktu ke waktu melepaskan tanggung jawab kepada mereka. Ketika mereka masih kecil, anak-anak bisa membantu orangtuanya mengisi mangkuk air atau mangkuk makanan. Seiring usia mereka bertambah, tugas mereka secara bertahap juga bertambah.

2. Kepercayaan diri

foto
Seiring dengan tanggung jawab terhadap peliharaannya akan terbangun juga rasa kepercayaan diri. Ketika anak-anak berhasil membesarkan peliharaannya, mereka akan merasa senang dengan diri mereka sendiri. Pada akhirnya, kepercayaan diri mereka terus meningkat. Mereka merasa bangga dengan prestasi mereka.

3. Kerentanan terhadap alergi dan Asma Berkurang

foto
Beberapa penelitian selama bertahun-tahun telah menunjukkan bahwa anak-anak yang tumbuh dengan hewan peliharaan lebih sedikit kerentanan terkena alergi dan asma. Ketika terkena serpihan kulit mati (dander) dan alergen lainnya dari anjing peliharaan sebelum usia 1 tahun, anak-anak cenderung untuk mengembangkan sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat. Hasil yang dikeluarkan dari inClinical dan Experimental Allergy menyatakan bahwa anak laki-laki yang tumbuh dengan hewan peliharaan hanya setengah kemungkinan untuk mengembangkan alergi parah di kemudian hari.

4. Olahraga dan Bermain

foto
Anjing membutuhkan olahraga dan bermain. Anak-anak biasa paling suka saat bermain dan melakukan kegiatan fisik bersama dengan anjingnya. Hal ini membuat anak-anak tetap fit. Pada umumnya, keluarga yang memiliki anjing biasanya menghabiskan lebih banyak waktunya di luar. Matahari dan udara segar sangat baik untuk semua orang. Belajar tentang perlunya olahraga bagi anjing agar tetap sehat membantu anak-anak menerapkan konsep yang sama mengenai kesehatan mereka sendiri.

5. Menghilangkan Stres

foto

Anjing merupakan sahabat penghilang stres yang sangat baik. Berada di sekitar anjing bisa menjadi terapi yang sangat baik bagi seluruh keluarga. Hanya dengan memeluk anjing dapat membawa rasa aman dan menenangkan bagi anak-anak, dan anggota keluarga lainnya. Mereka menjadi pendengar yang baik karena mereka tidak pernah membantah dan tidak pernah mencoba untuk memberikan saran seperti ketika Anda berbicara kepada manusia. Ketika melihat keluarganya sedih atau sakit, mereka hanya duduk disamping atau berbaring di kaki kita dan seolah berkata, "Aku disini. Semua akan baik-baik saja." Hanya dengan keberadaan mereka saja sudah dapat menenangkan orang-orang yang sedang pusing dan stres.

6. Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak

foto
Banyak anak-anak yang lebih nyaman membaca dengan suara keras untuk anjing peliharaannya daripada untuk orang lain. Mungkin hal itu karena anjing tidak pernah menghakimi atau mengoreksi anak-anak dan membuat mereka membaca kembali. Hal dasar untuk meningkatkan kemampuan membaca adalah dengan berlatih berulang-ulang. Semakin sering anak membaca, semakin baik mereka memahaminya. Pada usia yang lebih kecil, sangat baik bagi anak-anak untuk membaca dengan suara keras sehingga mereka bisa mendengarnya sendiri.

Ketika anjing digunakan untuk membantu anak-anak membaca, mereka merupakan pendukung penting untuk meningkatkan kelancaran membaca. Anak-anak yang praktek secara lisan saat membaca untuk anjing mereka membantu mereka menjadi pembaca yang fasih, sehingga menghasilkan pemahaman yang lebih baik tentang apa yang mereka baca.

7. Belajar Tentang Konsekuensi

foto
Merawat anjing peliharaan bisa mengajarkan anak-anak banyak hal tentang konsekuensi. Ketika anjing tidak dirawat dengan baik, hasilnya nyata atau bisa terlihat dan mudah bagi anak-anak untuk memahaminya. Misalnya, jika anjing tidak berolahraga, anjing akan gelisah dan banyak hal lainnya.

8. Belajar tentang Komitmen

foto
Tumbuh bersama dengan anjing peliharaan adalah komitmen besar yang menjadi bagian dari hidup pemilik. Anjing bukan barang yang bisa ditaruh anak-anak di rak ketika mereka bosan dan lelah merawat mereka. Mereka perlu diberi makan, dimandikan, diajak olahraga, bermain dan dicintai setiap hari. Memiliki anjing peliharaan adalah komitmen total dan tidak bisa diperlakukan seperti pekerjaan part-time. Hal ini mengajarkan anak-anak untuk berkomitmen dan mengerjakan semua tugas.

Ada banyak alasan mengapa anak-anak bisa mendapat manfaat dari memelihara anjing. Ada banyak ketrampilan hidup yang mereka pelajari dari merawat makhluk hidup lain dan menumbuhkan komitmen untuk bertanggung jawab. Dan lagi sebagai bonus tambahan, dengan memelihara anjing, anak-anak juga bisa berbagi masa muda mereka dengan sahabat terbaik manusia yang tidak diragukan lagi kesetiaan dan cinta yang dapat mereka berikan.

Sumber/diterjemahkan:
http://womanitely.com/reasons-your-children-should-own-a-pet/10/
www.boston.com/lifestyle/moms/blogs/tubalub/2014/02/7_reasons_why_every_kid_should.html

Last Edited : 01 Apr 2014 14:34:39
07 Apr 2014 08:39:12
#2
Avatar joey.lucyan
joey.lucyan
Total Post : 6
bukan buat anak nya saja tp jg bisa buat org tua nya jg
07 Apr 2014 12:59:22
#3
Avatar Rottfan1
Rottfan1
Auto Banned
Total Post : 905
udah terbukti mamalia cerdas macam lumba2 buat terapi anak autis dan terbelakang,mengalami kemajuan pesat di banding di latih manusia. Dolphin highly social animal, dan anjing juga. Tp kalo di promo nanti pada beli anjing udah gt di telantarin kalo gak di perluin. kalo pada tahu hehehe. interaksi manusia dgn mamalia cerdas seperti anjing bisa saling meningkatkan kualitas hidup masing2 atau kebalikannya. kalo anjing di sayang dan di perlakuin kyk anggota keluarga, di sosialisasi dan dilatih, anjing akan memberikan balasan berlipat2

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.