INFO Komunikasi Lebih Lancar & Pasti Sampai via Email ke AnjingDijual@gmail.com (Prioritas, dibalas lebih cepat!)
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
12 Mar 2014 12:13:47
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Penyakit Flu pada Anjing

foto

Virus yang menyebabkan flu anjing, Influenza Tipe A (H3N8), pertama kali diidentifikasi di Florida tahun 2001. Virus ini terutama menyerang sistem pernafasan dan sangat menular. Tahun 2009, sebuah vaksin yang disebut Nobivac ® Canine Flu H3N8 mendapat lisensi penuh oleh United States Department of Agriculture untuk melawan flu anjing (canine influenza). Beberapa anjing dapat terkena virus dan melawan infeksi tanpa menunjukkan tanda-tanda klinis.

Apa saja tipe dan gejala-gejala dari flu anjing?
Anjing yang terkena virus influenza, bisa mengembangkan dua sindrom berbeda:

- Tipe Ringan - Anjing tipe ini memiliki batuk yang biasanya batuk basah dan ingusan. Kadang-kadang, bisa juga berupa batuk kering. Pada kebanyakan kasus, gejala ini akan berlangsung 10-30 hari dan biasanya akan hilang dengan sendirinya.

- Tipe Parah - Umumnya, anjing tipe ini akan mengalami demam tinggi (diatas 104 derajat Fahrenheit atau 40 derajat celcius) dan gejala-gejalanya berkembang dengan cepat. Penyakit Pneumonia, khususnya hemorrhagic pneumonia bisa berkembang dari tipe ini. Virus influenza berdampak pada kapiler di paru-paru sehingga anjing bisa batuk darah dan memiliki kesulitan bernafas jika ada pendarahan di dalam alveoli (kantung udara). Penderita juga akan terinfeksi dengan bakteri pneumonia, yang dapat semakin mempersulit kondisinya.

Gejala-gejala umum dari penyakit flu anjing meliputi:
- batuk
- bersin
- anoreksia
- demam
- badan lesu
- kesulitan bernapas/napas cepat

Mata merah dan/atau berair dan pilek dapat dilihat pada beberapa anjing. Pada kebanyakan kasus, anjing yang terkena adalah anjing yang memiliki riwayat pernah kontak dengan anjing lain yang membawa virus.

Bisakah manusia tertular flu dari anjing mereka dan sebaliknya?
Meskipun manusia dan anjing bisa tertular virus flu, tetapi keduanya memiliki kerentanan terhadap strain virus yang berbeda. Oleh karena itu, pemilik anjing tidak perlu khawatir akan tertular dari anjing mereka, kata Rubin Donis, PhD, kepala cabang molekuler dan vaksin di CDC kepada WebMD.

"Kami jelas tetap mengawasi hal itu, tetapi sejauh ini belum pernah ada bukti bahwa manusia bisa tertular virus dari anjing mereka," Kata Rubin.

Tetapi ada beberapa bukti bahwa anjing mungkin bisa tertular flu dari manusia, kata Rubin. Tetapi tidak ada cukup data pada hal tersebut.

Seberapa serius penyakit flu anjing ini?
Jika anjing Anda terkena flu, jangan panik. Virus ini tidak terlalu berbahaya, kata Edward Dubovi, PhD, Direktur laboratorium virologi di Cornell University College of Veterinary Medicine.

Tetapi sama seperti manusia, anjing bisa mengembangkan infeksi sekunder yang bisa berkembang menjadi penyakit pneumonia yang mengancam jiwa. "Infeksi bakteri sekunder adalah kondisi bahaya yang sebenarnya" kata Edward. "Tetapi sebagian besar anjing, dengan perawatan drh yang tepat, tidak terkena dampak parah."

Menurut WebMD, Para ahli memperkirakan tingkat kematian pada 1% sampai 5%. Masalah sebenarnya adalah karena anjing tidak pernah terpapar virus sebelumnya, sehingga mereka tidak memiliki imun. Jadi, hampir 100% anjing yang terpapar virus flu akan terkena, dan 80% akan menunjukkan gejala-gejalanya dalam waktu 4 hari.

Seberapa besar kemungkinan anjing terkena flu anjing?
Anjing-anjing yang berinteraksi dengan banyak anjing memiliki tingkat resiko tinggi terkena virus flu.

Bagaimana mengobati anjing yang terkena flu?
Pengobatan untuk flu anjing sangat mirip dengan manusia. Karena antibiotik tidak bekerja untuk virus, saran yang diberikan biasanya adalah banyak istirahat dan banyak minum. Tetapi antibiotok bisa diresepkan bila ada infeksi sekunder, kata Edward.

Jika anjing Anda terkena flu maka sebaiknya pisahkan dia dari anjing lain agar tidak menularkan ke anjing lain. Setiap anjing yang terinfeksi virus flu harus dipisahkan dari anjing lain selama 10-14 hari dari sejak timbulnya gejala. Waktu yang paling menular adalah sebelum gejala jelas terlihat dan bisa terus menularkan virus selama sekitar 10 hari. Ini artinya pada saat gejala terlihat, anjing lain mungkin sudah terkena.

Haruskah anjing saya mendapatkan vaksin flu anjing?
Edward mengatakan vaksin tidak akan mencegah anjing terkena virus, tetapi akan mengurangi tingkat keparahan dan durasi penyakit ini. Pilihan untuk vaksin atau tidak adalah pilihan pribadi, katanya. "Jika saya tinggal di kota New York dan saya sedang bersiap-siap untuk membawa anjing saya berlibur, maka saya pasti akan memberinya vaksin," kata Edward. "Tetapi jika saya tinggal di Minneapolis, dimana tidak pernah ada terdiagnosis kasus flu, maka saya mungkin tidak akan menggunakannya."

Bagi kebanyakan anjing, flu adalah lebih kepada rasa tidak nyaman, kata Cynda Crawford, asisten profesor shelter medicine di Universitas Florida. "Orang-orang tidak perlu panik tentang hal itu. Masyarakat hanya perlu menyadari bahwa anjing juga bisa terkena flu" ujarnya. "Tetapi ini sangat mirip dengan flu yang dirasakan manusia. Pemilik hanya perlu konsultasi dengan drh mereka tentang resikonya dan apakah memerlukan vaksin."

Sumber/diterjemahkan dari:
http://pets.webmd.com/dogs/features/dogs-and-flu-what-you-need-to-know
http://www.petmd.com/dog/conditions/respiratory/c_dg_canine_influenza
http://www.aspca.org/pet-care/dog-care/canine-influenza-viruscanine-flu

Last Edited : 12 Mar 2014 12:19:08
09 Jan 2016 19:22:17
#2
Avatar anjing-dijual643574
anjing-dijual643574
Total Post : 1
Anjingq beringus bgt. Kental dan susah keluar.. sampe susah napas. Aq kasih doxycline di air minumx. Tolong saran obatx..
20 Dec 2016 11:07:14
#3
Avatar anjing-dijual305739
anjing-dijual305739
Total Post : 1
Tolong informasinya, anak anjing sy flu, sy kasih obat kok sepertinya dia malah bingung g bisa tidur,, dosis yg yg berikan ud sesuai petunjuk 0,5ml. Mohon pencerahannya, terimakasih.
05 Sep 2017 17:11:45
#4
Avatar pudanzamasi
pudanzamasi
Total Post : 1
Anjing saya baru saja mati. Gejalanya gk mau makan, muntah, taik matanya berlebihan bahkan sampai berkerak tebal. Ujung2 ny mati
Kami coba kasih makan roti, bubur, tapi gk mau juga.
Kira2 anjing ny sakit apa ya? Soalnya kejadian ni uda sering terjadi sama anjing2 peliharan saya. Belum ada dokter hewan di sini. Tolong infonya ya
16 Oct 2017 13:51:43
#5
Avatar Rafael.Guty
Rafael.Guty
Total Post : 1
anjing saya kena flu, hidung induknya keluar ingus berwarna kekuningan.. berjangkit ke anaknya, jadi lesu, jadi gk nafsu makan dan kotoran di matanya banyak.. dari 4 anak, sudah mati 1. yang 3 juga sdh terjangkit..kira2 obat yang cocok apa yaa, mksih
12 Jan 2018 08:58:07
#6
Avatar rachelhelenabauromi
rachelhelenabauromi
Total Post : 1
Anjing saya awalnya flu , tapi knpa ingusnya kluar dari mata , sdh di berikan obat mata dn obt flu tetapi tdk ada perubahannya , bagaimana cara mengatasi , terimakasih
21 Jan 2018 08:31:54
#7
Avatar juliyapyap
juliyapyap
Total Post : 1
anjing saya sudah pilek sekitar 3 hari, dia ga nafsu makan.. alhasil jd kurusan.. smlm tb2 muntah, gaya muntah spt manusia gt, pelan2 terasa mau muntah2 br di muntahin gt. atress banget.. krn apa ya guys kira2 kalau spt ini? harus kah sampai d bawa k doctor?

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.