INFO Komunikasi Lebih Lancar & Pasti Sampai via Email ke AnjingDijual@gmail.com (Prioritas, dibalas lebih cepat!)
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
28 Feb 2014 11:53:48
#1
Avatar IndraSen
IndraSen
Total Post : 4

Help GSD ku bulu nya rontok

Permisi & salam kenal dari newbie buat para pencinta GSD ...
Mohon bimbingan dan pencerahannya ya. saya punya Herder jantan usia 1 Tahun 6 Bulan.
Sudah saya pelihara selama 1tahun 2 bulan tepatnya. dan ini adalah herder pertama yang saya pelihara.

Tetapi dari awal saya beli bulunya rontok (setiap kali kalau ane usap / di elus bulunya selalu banyak yang rontok). Ane pernah tanyakan pada petshop tempat saya beli dikatakan bahwa itu sedang shading. 2 bulan ternyata tetap tidak ada perubahan, sampai pernah saya bawa ke dokter dan di jawab hal yang sama pula.

Saya sudah browsing untuk cari info sana sini dan sudah diusahakan yang bisa ane usahakan. Mulai dari pemberian obat cacing rutin, pemberian vitamin bulu mulai dari Vi-Sorb*ts, derm*trix, c*fortan sampe obat kutu juga sudah. Pernah juga ane mencoba mengganti makan nya dengan Raw food karena banyak yang bilang raw food itu makanan paling baik untuk kulit dan bulu serta kesehatan dogie nya.

Tapi smuanya tetep aja ga ada perubahan sama sekali. Sampai skrng usianya sudah 1 thn 6 bulan pun tetap sama saja. Apa masa shading itu mmng lama seperti ini?
Mohon bimbingannya suhu2x dan teman teman pencinta GSD smua, saya sudah hampir frustasi tidak tahu harus mengusahakan apa lagi.

cara perawatan yang saya lakukan skrng :
- Kibble yang saya gunakan sekarang merk nutr* source super performance
- Pemberian F*rtan Cervico setiap kali pemberian makan sesuai dosis dalam kemasan.
- Pemberian obat cacing rutin sebulan sekali.
- GSD saya sering saya bawa jalan pagi & sore walaupun tidak selalu (tidak rutin) selebihnya diem di dalam kandang.
- Grooming 1 bulan - 2 bulan sekali

Mohon di koreksi suhu2x GSD apa ada yang salah dengan cara pemeliharaan saya? ato mungkin salah dalam pemberian pakannya & perawatannya.

Terima kasih sebelumnya

28 Feb 2014 13:54:35
#2
Avatar 006444
006444
Total Post : 1
@agan diatas ? ente kaga salah obat cacing sebulan sekali ??? bisa jadi bubur lambung dan usus GSD ente
01 Mar 2014 10:32:00
#3
Avatar bruno_the_dachshund
bruno_the_dachshund
Total Post : 18
Grooming 2 minggu skli
01 Mar 2014 11:47:41
#4
Avatar IndraSen
IndraSen
Total Post : 4
@ agan di atas (006444)
Iya gan, tapi saya berikan sebulan sekali karena terakhir pakannya saya berikan raw food. Menurut saran dari forum tetangga sebelah raw food mempertinggi potensi dogie terkena cacing, dan untuk mengantisipasinya pemberian obat cacing harus lebih sering dan berkala (1 bulan sekali).
Dan "katanya" juga bulu rontok bisa jadi salah satu penyebabnya adalah cacingan.

Memang sempat saya baca ada yang pro dan kontra juga. Oleh karena itu saya ingin meminta bimbingan temen-temen disini.

@agan bruno_the_dachshund
Apa ga bikin kelembaban kulit dogie nya berkurang gan kalau keseringan mandi?
02 Mar 2014 12:52:26
#5
Avatar 008634
008634
Total Post : 6
Mngkn kandangnya diluar ato suhu agak panas, jadi bulunya selalu rontok tambal sulam, saya jg piara khusus Herder, kalo herder yg unt show biasanya kandangnya harus dingin ato di kasih AC spy bulu tdk rontok
02 Mar 2014 14:28:52
#6
Avatar Rottfan1
Rottfan1
Auto Banned
Total Post : 905
udah coba pak proplan? bukan masa rontok yah? rottieku juga rontok, rottie double coat. Masa dokter gak tahu?. Emang sih makanan berkualitas dan perawatan sgt berpengaruh. Kelebihan vitamin dll bisa jadi penyebabnya. Biasanya df kyk pro plan udah ada vit dll lengkap. semoga bergunasmile. sorry purina itu termasuk produsen proplan, maklum pemula hehehe
Last Edited : 02 Mar 2014 14:52:56
03 Mar 2014 16:54:30
#7
Avatar Kinoi
Kinoi
Total Post : 4
Hi Bro Indra, salam kenal...
GSD betina sy skrg2 ini bulunya jg rontoknya banyak, padahal baru usia 11 bulanan. Tp mmg bener, krna dia di luar rumah jd kena suhu panas. Kl sy sih menyiasatinya dg grooming 2 mggu sekali, dg bgtu rontoknya jauh lbh sdkit jika jarak groomingnya smpe 1 bln.
03 Mar 2014 17:38:42
#8
Avatar IndraSen
IndraSen
Total Post : 4
@Bro 008634
Hi... salam kenal yah. Kalau untuk kandang sih saya simpan di dalam rumah bro. Jadi di bagian belakang rumah ada ruangan semodel kamar saya jadikan kandang, beralaskan acian yang saya bikin kasar. Ventilasi kandang menghadap ke arah taman. Kalau suhu sih kurang lebih Rata-rata 26-27 kalau normal. Kalau musim hujan bisa 24 an deh kayanya kurang lebih. Kalau suhu segitu apa termasuk kategori panas juga bro? Atau lembab juga bisa jadi faktor penyebab rontok? soalnya posisi ventilasi dekat kolam ikan >.<

@Bro Rottfan1
Ho bro Rottfan1 salam kenal yah. proplan dulu saya penah coba juga. Hanya mmng tidak lama pakainya. Dulu pernah sekali saya beli yang kemasan 8kilo, begitu habis saya ganti lagi dengan merk lain. Keseringan konsultasi jadi bikin bingung juga DF mana yang bagus. ada yg bilang sih proplan kurang baik, malah temen saya juga lebih menganjurkan Raw Food , makanya sehabis itu saya ga beli lagi pindah mencoba raw food.
Iya Bro bingung juga nih dokter cuman bilang penyebab rontok banyak soalnya. Bisa suhu, bisa masa shading, bisa cacingan, bisa penyakit kulit, bisa kutu, bisa juga makanan katanya.
Kalau kutu, penyakit kulit sih saya yakin tidak ada masalah. Kalo cacingan, suhu, makanan, agak bingung juga.

@Bro Kinoi.
Salam kenal juga Bro kinoi, coba mulai skrng saya mandi kan 2 minggu sekali deh. Apa pake shampoo khusus bro?
Btw trims ya share nya.

008634
03 Mar 2014 23:31:18
#9
Avatar Julia11
Julia11
Total Post : 9
Hi bro.. Saya juga pelihara herder (2) yg usia 3 thn jantan bulunya paling suka rontok .. Saya share ya, mgkn bisa jadi pertimbangan. Saya amati dan pelajarin ada bbrp hal yg bisa dilakukan untuk meminimalkan shading pd herder sy yakni dgn memandikan 2 mgg sekali, dan DF nya saya ganti dari chicken menjadi lamb/mixed .. Sy kdg memakai DF Nutri## atau Eagl##. Setelah sy terapkan kan hal ini agk berkurang bulu rontoknya. Seminggu 2-3 x sy ksh vit omega & calsium. Kl vit omega kemahalan bisa diganti dgn minyak ikan scott ... GSD sy yg usia 1.5 thn jantan bulunya tdk terlalu rontok to badanya agk kurus. Yg usia 3thn bdnya berisi dan selalu olahraga rutin lempar bola .. Bro Indra apa yg sdh dilakukan tdk salah sdh ok hanya dibenahi saja spt DF cari yg favor lamb ato mixed, grooming dgn shampo yg cocok (trial & error), obat cacing utk usia herder 1 thn 6 bln tdk perlu setiap bulan, kasian lambungnya .. Obat cacing rutin sebenarnya sdh bisa 6bln sekali (aturan pakai sesuaikan BB herder-nya), obat kutu spt Front## bisa diksh rutin 2 bln sekali. Hanya kalo GSD 'herder jgn terlalu dikurung lama dlm ruang kandang dia perlu udara bebas utk bergerak dan berolahraga (lari2) ... Herder sy di rumah juga suka saya jemur 1 jam dibwh matahari pagi jam 7-8 pagi ... Supaya tulang dan kulitnya sehat dan kuat ... Itu saja sih yg sy lakukan ...
Last Edited : 03 Mar 2014 23:42:16
04 Mar 2014 11:54:51
#10
Avatar Oennovianto
Oennovianto
Total Post : 2
coba ganti DF sekelas acana/ orijen, jemur yg cukup, klo bisa dilepas aja di halaman ( jangan terlalu lama dikurung )
05 Mar 2014 09:24:41
#11
Avatar IndraSen
IndraSen
Total Post : 4
@Bro Julia11
Hi Bro Julia11 salam kenal yah smile
Trims banget sharingnya yah bro, izin di coba sarannya yah bro mudah2x an ada perbaikan.

@bro Oennovianto
Salam Kenal bro Oennovianto
Terima Kasih banyak juga buat masukan2x nya...

Terima kasih juga buat semua temen2x lain atas sharing dan info nya... smile
17 Nov 2016 15:23:13
#12
Avatar anjing-dijual961
anjing-dijual961
Total Post : 16
Hampir sama kasus nya dgn GSD ku...ketemu penyebab nya ternyata jamuran, setelah dilakukan pengobatan selama 3 minggu, akhirnya sembuh total...recovery memakai supplemen F*rtan Cervico dan DF nutr* source puppy...skrg bulu lebat banget dan sehat...

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.