AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
27 Feb 2014 14:56:58
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

GDV atau Bloat: Kembung pada Anjing yang Dapat Mematikan

Apa itu Bloat?

Ketika bloat (kembung) terjadi, lambung anjing penuh terisi dengan udara, cairan, dan/atau makanan. Lambung yang membesar memberi tekanan pada organ lain, yang dapat menyebabkan kesulitan untuk bernapas, dan akhirnya bisa mengurangi suplai darah ke organ vital anjing.

foto

Bloat (kembung) sebenarnya mengacu pada dua kondisi. Yang pertama adalah pembesaran lambung/dilatasi (gastric dilatation), yaitu lambung membesar atau membengkak karena terisi dengan gas dan cairan yang berlebihan. Yang kedua adalah volvulus atau biasa disebut GDV (Gastric Dilatation Volvulus), kondisi dimana lambung yang membesar terjadi disertai dengan lambung yang berputar (melilit). GDV adalah kondisi mematikan yang membutuhkan pengobatan segera. GDV dapat menyebabkan tanda-tanda klinis yang cepat dan kematian hanya dalam beberapa jam. Bahkan meski dengan perawatan segera, menurut ASPCA.org bahwa sekitar 25-40 persen anjing mati karena kondisi medis ini. Deteksi dini dan Pengobatan segera adalah Kuncinya.

foto

Tidak semua anjing yang mengalami dilatasi/pembesaran lambung akan berakhir dengan volvulus. Ada anjing yang lambungnya terisi dengan gas dan cairan namun lambung tetap berada pada posisi. Namun jika pembesaran lambung disertai dengan volvulus maka lambung akan berputar 180 derajat atau kurang (secara teknis disebut torsion). Dan, pada kondisi yang lebih parahnya Volvulus bisa berputar 180 derajat sampai 360 derajat atau lebih.

Posisi lambung yang melilit ini akan menekan usus dua belas jari (duodenum) dan menyebabkan cairan dan udara yang terjebak dalam lambung tidak bisa keluar melalui saluran pilorus. Bersamaan dengan itu, saluran gastroesofagus menjadi terlilit dan terhambat, membuat anjing tidak bisa bersendawa dan muntah. Gas dan cairan yang terjebak dalam lambung yang tertutup rapat akan menjadi semakin membesar. Sirkulasi darah juga ikut terganggu akan menyebabkan nekrosis pada dinding perut. (nekrosis= kematian sel/jaringan hidup).

foto

Urutan ini menghasilkan sejumlah masalah lain, termasuk dehidrasi akut, bacterial septicemia (keracunan darah oleh bakteri), shock peredaran darah, aritmia jantung (laju jantung yang tidak teratur), gastric perforation (lambung berlubang), peritonitis (radang selaput rongga perut) dan kematian.

Bloat dapat terjadi pada berbagai anjing di setiap usia berapapun, tetapi kebanyakan terjadi pada usia paruh baya sampai usia tua. Anjing-anjing ras besar dengan anatomi dada sempit dan dalam memiliki kecenderungan terhadap penyakit ini. Ras-ras tsb meliputi: Great Dane, German Shepherd Dog, St Bernard, Labrador Retriever, Irish Wolfhound, besar Pyrenees, Boxer, Weimaraner, Old English Sheepdog, Irish Setter, Collie, Bloodhound, dan Standard Poodle. Chinese Shar-peo dan Basset Hound memiliki kemungkinan tertinggi di antara ras anjing menengah. Anjing ras kecil sangat jarang terkena, kecuali Dachshund yang juga memiliki dada dalam dan sempit.

Bloat bisa muncul tiba-tiba, biasanya pada anjing yang sehat dan aktif. Anjing tersebut mungkin memakan makanan dalam jumlah besar, olahraga terlalu semangat sebelum atau sesudah makan, atau minum dalam jumlah besar segera setelah makan.

Tanda atau Gejala Bloat
Tanda-tanda yang umum adalah gelisah dan mondar-mandir, berliur berlebihan, muntah-muntah, memuntahkan sesuatu yang tidak ada, dan perut yang membesar. Anjing akan merengek atau merintih saat Anda menekan perutnya. Perut mengeluarkan bunyi.

Sayangnya, tidak semua kasus bloat muncul dengan tanda-tanda yang khas. Pada awalnya anjing yang mengalami bloat mungkin tidak membuncit perutnya, tetapi perut biasanya terasa agak ketat. Anjing kelihatan lesu, tidak nyaman, berjalan dengan kaku, tetapi tidak terlalu kelihatan cemas atau stres. Pada awal-awalnya tidak mungkin bisa membedakan apakah itu dilatasi/pembesaran lambung atau GDV.

Tanda-tanda sudah tahap parah biasanya meliputi gusi dan lidah pucat, denyut jantung cepat, nadi lemah, napas cepat dan sesak, lemas dan kolaps/pingsan.

Jika anjing masih mampu bersendawa atau muntah, kemungkinan besar masalahnya bukan karena volvulus, tetapi hal ini hanya bisa ditentukan oleh pemeriksaan drh.

Mengobati Bloat
Saat Anda curiga meskipun sedikit bahwa anjing Anda sepertinya mengalami Bloat, segera bawa ke rumah sakit hewan (jangan ditunda!). WAKTU adalah KUNCINYA.

foto

Pembesaran lambung (dilatasi) tanpa volvulus dapat diketahui dengan memasukkan selang panjang karet atau plastik melalui mulut ke dalam lambung anjing. Ini merupakan cara paling cepat untuk mendiagnosa bloat. Begitu selang memasuki lambung, ada percikan udara dan cairan dari selang yang disemburkan dan kemudian Lambung akan dibersihkan. Anjing tidak boleh makan atau minum selama 36 jam ke depan dan perlu dibantu dengan cairan infus. Jika gejala tidak kembali, maka pola makan dapat dipulihkan secara bertahap.

Diagnosa untuk dilatasi atau volvulus paling bagus melalui X-rays pada perut. Anjing dengan masalah dilatasi yang sederhana memiliki banyak gas di dalam perut, tetapi pola gas normal. Anjing dengan masalah volvulus memiliki "doube bubble" pola gas pada X-ray, dengan gas dalam dua bagian yang dipisahkan oleh jaringan yang terlilit.

Jika anjing memiliki volvulus, operasi darurat diperlukan segera setelah anjing di anestesi. Goalnya adalah untuk mereposisi lambung dan limpa, atau untuk membuang limpa dan bagian lambung jika organ-organ ini telah mengalami nekrosis (sel yang telah mati).

Mencegah Bloat
Anjing yang telah disembuhkan dengan pengobatan non-bedah memiliki 70 persen kemungkinan mengalami masalah bloat lagi di kemudian hari. Beberapa masalah bloat ini dapat dicegah dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

foto

- Bagilah rasio makanan menjadi 3 bagian dengan jumlah yang sama, dalam waktu yang berbeda.
- Hindari memberi makan dogfood kering yang kandungan lemaknya tertera diantara 4 baris pertama dalam daftar label ingredient.
- Hindari makanan yang mengandung asam sitrat
- Batasi akses air minum pada 1 jam sebelum dan sesudah makan.
- Jangan pernah biarkan anjing Anda meminum air dalam jumlah besar sekaligus dalam sekali minum.
- Hindari latihan atau olahraga berat saat perut anjing sedang kenyang.

Sumber:
http://pets.webmd.com/dogs/gastric-volvulus-bloat-dogs-life-threatening-emergency
http://www.aspca.org/pet-care/dog-care/bloat
http://healthypets.mercola.com/sites/healthypets/archive/2011/01/25/gastric-dilatation-volvulus-or-twisted-stomach-in-pet-dogs.aspx

Sumber foto:
blog.animalloverfunding.com
drstephenbirchard.blogspot.com
gsrne.org
www.mygoldendoodleinfo.com
petsurg.com

Last Edited : 27 Feb 2014 15:38:03
12 Mar 2014 17:35:41
#2
Avatar Gungde.Indriawan
Gungde.Indriawan
Total Post : 8
Saya pernah mengalami masalah seperti ini pada anjing saya yang berakhir pada kematian sekalipun sudah ditangani oleh dokter hewan. Sungguh itu suatu pengalaman yang sangat menyedihkan sekali, ketika melihat anjing sakit dan meninggal perlahan-lahan dengan rasa sakit yang sangat menyiksa. Dengan adanya artikel ini saya pikir mencegah adalah jauh lebih baik dari pada mengobati. Dengan memberikan pakan dalam jumlah yang tidak banyak tetapi sering (3 atau 4 kali sehari) serta dengan mengatur pemberian air minumnya saya yakin hal atau kejadian seperti tersebut dapat diminimalisir. Terimakasih atas informasinya
23 Jan 2016 10:24:54
#3
Avatar anjing-dijual171
anjing-dijual171
Total Post : 1
Saya baru saja mengalami hal serupa, ini malag terjadi pada beagle yg baru berusia 2bln, ciri2 sama persis dgn penjelasan diatas, ϑάπ ini terjadi hanya selang seminggu, satu persatu anak anjing saya mati dg kasus yg sama, hanya kembung dlm kueun wkt 20jam, ϑάπ akhirnya meregang nyawa, ϑάπ berhati2 dalam memilih dokter, pilihlah dokter yg emang berkompeten ϑάπ memang dokter yg lulusan kedokteran hewan bkn dokter abal2, hati2 dg modus dokter panggilan, yg hanya mendiagnosa sekedarnya saja
10 Oct 2016 15:51:22
#4
Avatar anjing-dijual275348
anjing-dijual275348
Total Post : 1
Mas cara sederhana pengobatan dirumah untuk mencegah agar perut anjing tidak kembung gimana ya.
Setelah saya membaca artikel mas,semuanya benar seperti yg anjing saya alami sekarang.
Mohon bantuan mencegah penyakitnya dengan sederhana dirumah caranya gimana ya tanpa perlu kedokter hewan.
Sekian,
Terima Kasih
15 Oct 2016 10:38:40
#5
Avatar anjing-dijual395
anjing-dijual395
Total Post : 1
Anak anjing saya baru mengalami nya dua hari yang lalu. 5 mnit sebelum nya dia terlihat semangat sekali bermain d garasi. Sampai saat tunangan saya mau prgi klr..dia minta untuk ikut d bawa. Tidak ada tanda2 bhwa dia sdang sakit. Tdak lama kemudian..stlh tunangan saya pergi..entah knpa, dia jd gelisah bolak balik masuk k kmar saya dengan nafas terengah engah. Lalu dia k ruangan lagi dan tiduran d lantai. Stlh itu saya mendengar suara nya seperti menangis kecil. Seperti tidak ada tenaga nya lagi. Saya klr dari kamar. Saya dapati dia terbaring d lantai dengan tatapan sayu. Dan sebelum nya ntah knpa dia malah pup d ruangan itu. Saya kaget..krn tidak biasa nya dia jorok sprti itu. Saya lgsg angkat anjing itu. Saya peluk dan dia tidak merespon. Badan nya dingin semua. Saya menangis..saya takut kehilangan dia. Dengan kebingungan tdk tau mau berbuat apa..dan brpikir jika langsung d bawa k dktr, jarak tmpuh dr rmh ckup jauh, saya makin tdk tau harus berbuat apa. Gusi nya sudah pucat skli. Lidah nya pun tdk merah sprti biasa. Sambil menelpon tunangan saya spya segera k rumah lagi, saya menggosokan minyak kayu putih ke perut nya berkali kali. Dan saya beri madu dua sendok makan. Smbil saya angetin trs daerah perut nya. Lalu saya meminta nya mencium bau minyak ky ptih yg ada d tangan saya. Akhir nya dia mau bangun..berdiri, sambil trs saya beri minyak d perut nya. Stlh tunangan saya sampai d rmh..kami lgsg membawa nya k dkter. Namun dktr pun tdak bisa mendiagnosa penyakit nya. Krn bbrp hr sblm nya dia br saja d vaksin. Jd mnrt doktr mgkin dia alergi dgn vaksin. Dan kmi hnya diberi obat alergi yg smpai skrg msih d ksih k anjing nya. Tp saya ttap msih khawatir dgn kesehatannya. Krn anjing ini tdak mau makan dr kmrn. Sdh saya ksih makanan yg dia suka..tp tdk mau. Sampai skrg pun dia msih blm mau makan. Tp setiap pagi dia trlihat bersemangat membangun kan saya sprti hari2 biasa nya. Tp saat d beri makan..dia malah memilih untuk tiduran. Adakah yg bisa bntu saya..bagaimana cara memberi nya makan. Dan makanan apa yg baik untuk kondisi anjing yg lg sprti ini. Tksh
Last Edited : 15 Oct 2016 10:44:34
02 Mar 2017 11:37:48
#6
Avatar br3woks.85
br3woks.85
Total Post : 1
Mau tanya min, perut anak anjing golden saya membesar seperti terisi cairan gitu. Tapi selera makan tetap, tidak ada tanda2 di mulut berbusa. Bahkan masih aktif samapai sekarang. Kira2 sudah 2 minggu lamanya. Hanya jika di raba, tulang rusuknya terasa. Kira2 itu kenapa ya min? Kalo bisa kirim jwb ke emai saya ya min. [email protected]

Tks sebelumnya
28 Mar 2017 20:23:30
#7
Avatar christineivana96
christineivana96
Total Post : 1
Halo, anak anjing saya belum genap 2 bulan, namun ibunya sudah meninggal, jadi saya kasih susu formula, selang beberapa hari salah satunya mengalami perut yg berbunyi dengan keras, lalu dia muntah , sekarang ke 4 nya perutnya berbunyi , tidak menunjukan gejala yg lain, bisa tolong jelaskan ini kenapa ya ? Terimakasih
03 May 2017 07:42:38
#8
Avatar weawsome179
weawsome179
Total Post : 1
Anjing saya mengalami itu juga min kalau dibiarkan bisa kenapa?
12 Apr 2018 13:15:46
#9
Avatar bereimma
bereimma
Total Post : 2
Slmt siang..anak anjing saya sdh seminggu tdk bisa tidur karena saat tidur dia merintih kesakitan dan berteriak..tapi meski ngantuk karena sdh seminggu.tdk tidur napsu makannya normal...sakit apakah anjing saya dok
12 Apr 2018 13:22:27
#10
Avatar bereimma
bereimma
Total Post : 2
Sudah saya bawa ke.dokter hewan.dan.disuntik.tapi anjing.saya cuma tenang sesaat..setelah itu perutnya kembali bergetar kalo tidur...makanya waktu dia habiskan unk bermain daripada tidur karena dia kesakitan kalau tidur...padahal dia ingin.sekali.tidur dan jalannya sampai sempoyongan karena sdh seminggu tidak tidur

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.