INFO Komunikasi Lebih Lancar & Pasti Sampai via Email ke AnjingDijual@gmail.com (Prioritas, dibalas lebih cepat!)
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
24 Feb 2014 14:19:21
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Apakah Aman Memberikan Air Es untuk Anjing Anda?

foto

Banyak pemilik anjing yang selalu mengatakan bahwa jangan pernah memberikan air es kepada anjing. Lalu, apa alasan mengapa anjing tidak boleh meminum air es? dan apakah benar bahwa air es tidak aman untuk anjing?

Jika Anda coba mencari tahu lewat internet untuk mendapatkan informasi tentang air es untuk anjing, maka Anda akan menemukan banyak informasi yang saling bertentangan. Banyak pandangan umum yang mengatakan bahwa jangan pernah memberikan semangkuk air es kepada anjing Anda, bahkan meskipun mereka sudah berlari di bawah panasnya terik matahari. Tetapi, apakah memang ada alasan sebenarnya yang membuat kita harus menghindarinya?

Mitos
Berdasarkan mitos yang beredar selama ini, memberikan anjing Anda air es bisa menyebabkan kembung yang mana dapat mengarah pada kondisi gastric dilation volvulus (GDV) atau bloating. GDV adalah kondisi dimana usus memelintir dengan sendirinya sehingga berpotensi mengurangi suplai darah anjing Anda.

GDV memang adalah kondisi yang sangat serius, tetapi apakah benar bahwa kondisi ini juga bisa disebabkan karena air es? Menurut drh yang diwawancarai oleh situs Sheknows.com. Faktanya adalah kondisi GDV kemungkinannya lebih disebabkan karena anjing meminum terlalu banyak air, terlalu cepat, dan menelan cukup banyak udara.

foto

Memang terkadang muncul kebutuhan untuk memberikan air es ketika anjing Anda selesai melakukan sesi bermain yang melelahkan/berat, terutama jika mereka cenderung menjadi panas ketika mereka sedang tidak aktif. Namun meskipun tidak berkaitan dengan bahaya GDV, kami tidak merekomendasikan hal ini.

Pertama, karena memberikan terlalu banyak minum kepada anjing Anda benar-benar dapat berbahaya. Biasanya, anjing yang minum terlalu banyak air, terlalu cepat akan memuntahkannya kembali, tetapi jika tidak memuntahkannya, berarti bloat/GDV adalah masalahnya. Tetapi coba Anda pikir: jika Anda kepanasan dan langsung meneguk segelas air es dengan cepat, apa yang akan terjadi? Rasa dingin air es tadi bisa menyebabkan rasa sakit dan tidak nyaman. Hal ini mungkin tidak berbahaya, tetapi mengapa harus membuat Anda (atau anjing Anda) sengsara.

Efek samping lain dari air es
- Gigi retak - Dr. Kathryn Primm dari Applebrook Animal Hospital di Tennessee mengatakan ia sering melihat sejumlah kasus gigi patah dalam prakteknya. Meskipun ia mengakui bahwa tidak selalu berkaitan dengan es, ia memperingatkan untuk tidak membiarkan anjing mengunyah es (sama halnya dokter gigi Anda mungkin akan memberitahu Anda hal yang sama). "Gigi patah sangat menyakitkan dan butuh dicabut sehingga tidak worth it jika melihat resiko dalam kasus ini," katanya.

- Vasokontriksi (penyempitan pembuluh darah) - Dr. Jeffrey Levy mengatakan bahwa dingin dapat menyebabkan beberapa vasokonstriksi. Selain menjadi kontraproduktif ketika anjing sedang mencoba untuk mendinginkan tubuhnya, dingin juga bisa menghambat pertukaran panas dan perfusi nutrisi ke jaringan. Dan, juga bisa memperlambat kegiatan metabolisme dalam sel dan menghambat kontraksi komponen otot pada organ-organ tertentu (dan aktifitas saraf yang berhubungan dengan organ). Ia juga mengatakan dingin dan penyempitan buruk bagi aktifitas limfosit, yaitu sel yang bersifat sebagai pelindung imun.

- Menutupi masalah yang mendasari - jika anjing Anda selalu kepanasan (meski tidur di atas lantai, terengah-engah menjulurkan lidah meski saat musim dingin, dsbnya), bisa jadi itu adalah tanda dari masalah lain. Dr. Cathy Alinovi mengatakan bahwa sebagian besar masalah ini bisa diatasi dengan diet. Ia mengatakan bahwa "bahan-bahan makanan bisa membuat anjing Anda lebih panas (seperti ayam) atau lebih dingin (seperti ikan)." Konsultasikan kepada drh jika anjing Anda memiliki masalah dalam pengaturan suhu tubuh mereka.

Jadi berikan air es atau tidak? Meskipun air es bukan penyebab dari apa yang orang asumsikan selama ini (mitos bloating atau GDV yang dibahas tadi), tetap tidak disarankan memberikan air es kepada anjing Anda, kecuali drh Anda menginstruksikan untuk memberikannya kepada anjing Anda.

Sumber/terjemahan dari:
http://www.sheknows.com/pets-and-animals/articles/1023643/is-ice-water-safe-for-dogs

Last Edited : 24 Feb 2014 14:30:32
09 Mar 2014 11:12:50
#2
Avatar andy.super
andy.super
Total Post : 43
Gimana ya mengatasi anjing suka mandi terkadang bak mandi pas penuh air anjing saya mix golden suka mau masuk ke bak mandi sehingga terpaksa bak mandi airnya di buang minta bantuan nya jawaban
16 Sep 2014 17:57:35
#3
Avatar Rebecca.Camelia.Ezperansa
Rebecca.Camelia.Ezperansa
Total Post : 12
ini sama kasusnya kayak temnku kak, emang gitu karakter golden kak, tutup aja pintu kamar mandinya kak atau sering diawasi dan gaboleh masuk ke rumah
24 Feb 2018 10:00:08
#4
Avatar lilycutepisces14
lilycutepisces14
Total Post : 2
Kalau anjing muntah dan pop nya mencret gimana ya cara mengatasi nya?

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.