INFO Komunikasi Lebih Lancar & Pasti Sampai via Email ke AnjingDijual@gmail.com (Prioritas, dibalas lebih cepat!)
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
14 Feb 2014 11:42:47
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Breed Of This Week : Collie

foto

Collie adalah anjing aktif, gesit, kuat yang menggabungkan kekuatan, kecepatan dan keanggunan. Gaya berlari yang sangat cepat dan kemampuannya untuk mengubah gerakan dan arah dengan cepat, merupakan syarat yang dibutuhkan oleh anjing jenis herding sepertinya. Bulunya terdiri dari 2 jenis, yaitu lembut (smooth) dan kasar (rough). Kedua jenis bulu tsb memiliki bulu lapisan dalam yang halus dan lebat. Untuk bulu lapisan luar pada jenis smooth adalah pendek, keras, dan lurus, sedangkan jenis rough adalah lurus, kasar, lebat dan panjang, terutama pada bagian leher. Ekspresi Collie merupakan ciri penting dari ras ini.

foto
rough collie (kiri) dan smooth collie (kanan)

Collie merupakan anjing yang lembut, setia dan bersahabat. Ini adalah anjing jenis working yang membutuhkan latihan mental dan fisik setiap hari atau ia bisa menjadi frustasi. Ia sensitif, pintar, dan bersedia untuk menyenangkan meskipun kadang-kadang agak keras kepala. Karena darah herding dalam dirinya, ia suka menggigit tumit ketika bermain. Beberapa ada yang sering menggonggong.

foto

Negara asal : Skotlandia
Jenis Family : livestock, herding
Tahun Asal : 1800-an
Awalnya berguna sebagai : penggiring domba
Saat ini berguna sebagai : herding trials
Ukuran rata-rata Jantan : Tinggi 61-66 cm. Berat 27-34kg
Betina : Tinggi 55-61cm. Berat 27-29.5kg.

foto

Tingkat energi : medium
Kebutuhan akan latihan/Exercise : medium
Tingkat keaktifan : cukup aktif
Keramahan terhadap anjing lain : ramah
Keramahan terhadap hewan peliharaan lain : sangat ramah
Keramahan terhadap orang asing : ramah
Kemudahan untuk dilatih : sangat mudah dilatih
Kemampuan Watchdog : tinggi
Kemampuan Melindungi / Protection : cukup protektif
Kebutuhan Grooming : tinggi
Toleransi terhadap dingin : tinggi
Toleransi terhadap panas : medium

foto

Perawatan dan Kesehatan
Jalan kaki atau jogging dengan leash atau sesi bermain yang menyenangkan diperlukan setiap hari. Jika memungkinkan, kegiatan herding atau menggiring merupakan latihan yang sangat baik. Anjing collie bisa hidup di luar ruangan dalam iklim yang sedang ke dingin, tetapi ini adalah anjing yang berorientasi pada keluarga yang sangat senang jika bisa tinggal dalam ruangan bersama keluarganya.

Bulu jenis smooth membutuhkan perawatan yang tidak banyak, sedangkan bulu jenis rough perlu disikat atau disisir setiap 2 hari sekali, dan lebih sering lagi ketika masa rontok.

Major concerns untuk masalah kesehatan : CEA
Minor concerns untuk masalah kesehatan : distichiasis, pyotraumatic dermatitis
Masalah kesehatan yang jarang terlihat : PDA, deafness, cerebellar abiotrophy (Rough)
test kesehatan yang disarankan : mata, (jantung), (pendengaran)
Lama usia : 8-12 tahun
Catatan: seringkali sensitif dengan Ivermectin. Collie warna Merle sebaiknya tidak dikawinkan dengan warna Merle lainnya karena homozigoy merle bersifat lethal (mematikan) atau membahayakan kesehatan.

foto'
warna blue merle

Sejarah asal mula
Anjing Collie berasal dari Skotlandia, khususnya dari daerah Highland. Ada beberapa panggilan untuknya dari Collis, Colley, Coally dan Coaly yang mungkin berasal dari kata Col atau Coll, yang merupakan kata dari bahasa Anglo-Saxon yang berarti hitam. Beberapa sejarahwan memperkirakan nama tersebut berasal dari Colley, yaitu domba skotlandia berwajah hitam, dimana anjing Collie digunakan untuk menjaga domba-domba tersebut.

Awalnya anjing Collie memiliki ukuran dan bentuk yang hampir sama dengan Border Collie sekarang ini, dan mereka didominasi dengan warna hitam. Pada waktu itu, kemampuan menggiring (herding) lebih penting daripada penampilan, sehingga anjing-anjing ini memiliki penampilan yang bervariasi.

Para nomaden pada zaman batu membawa anjing-anjing ini ke tempat yang sekarang ini dikenal dengan Southern England, dan dari sini muncul anjing tangguh dan cerdas yang digunakan untuk menggiring domba, sapi, kambing dan babi. Beberapa sejarahwan mengatakan bahwa nenek moyang Collie dibawa ke kepulauan Inggris oleh penjajah Romawi sekitar dua ribu tahun yang lalu.

Berkat Ratu Victoria Collie menjadi lebih dikenal. Tahun 1860, ratu Victoria mengunjungi perkebunannya di Skotlandia dan jatuh hati dengan kecantikan penampilan dan temperamen lembut dari anjing Collie yang dilihatnya. Ia kemudian membawa pulang beberapa anjing Collie ke Inggris, dan disanalah pertama kali Collie mulai dikenal. Anjing-anjing ini kemudian dibiakkan dengan lebih mengutamakan penampilan dibandingkan kemampuan bekerjanya. Dibawah dukungan ratu Victoria, Collie menjadi populer tidak hanya di kalangan para penggembala yang menggunakan kemampuan menggiringnya tetapi juga dikalangan kelas atas yang terpikat dengan keindahan penampilannya. Mereka pertama kali dipamerkan tahun 1860 di acara dog show di Birmingham, Inggris pada kelas umum yang dikenal sebagai "Scotch Sheep-Dog".

Begitu ras ini menarik perhatian para penggemar anjing, jenis rough dan smooth-coated collie menjadi lebih tinggi dan lebih disempurnakan. Seekor anjing Collie bernama Old Cockie yang lahir tahun 1867, dianggap memainkan peran dalam karakteristik jenis anjing Rough Collie yang dikenal saat ini, dan ia juga diyakini sebagai awal yang memperkenalkan bulu berwarna sable pada ras ini.

foto

Tahun 1878, sekali lagi ratu Victoria membuat ras ini menjadi pusat perhatian dengan memasukkan dua Collie di Westminster Dog Show. Hal ini mendorong para kalangan elit Amerika untuk bergabung dengan klan Collie dan dengan segera Collie sudah bisa ditemukan di beberapa wilayah paling bergengsi di Amerika. Collie kemudian semakin populer ketika anjing jenis rough collie muncul sebagai bintang TV bernama Lassie, yang membuat anjing rough collie menjadi salah satu anjing favorit sepanjang masa di Amerika. Sayangnya, jenis smooth collie tidak mendapat popularitas yang sama dengan saudaranya.



Sumber:
http://www.animalplanet.com
dogtime.com/dog-breeds/collie

Last Edited : 14 Feb 2014 12:23:47

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.