Komunikasi Lebih Lancar & PASTI sampai via email ke anjingdijual@gmail.com | Fitur Baru! Sundul Iklan via E-mail, Praktis & GRATIS!
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
07 Feb 2014 11:40:57
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Penyebab Mengapa Anjing yang Semula Bersahabat Menjadi Agresif

foto

Perilaku agresi pada anjing biasanya merupakan produk dari rasa takut atau protektif. Anjing Anda yang sebelumnya dapat bersosialisasi dengan baik dan bersahabat, mungkin bisa tiba-tiba menjadi agresif tanpa diketahui jelas penyebabnya, tetapi harus diingat bahwa selalu ada alasan dibalik perilaku agresi pada anjing. Dalam kasus dimana perilaku agresi pada anjing tiba-tiba muncul dan diluar karakter biasanya, penyebabnya mungkin terlalu samar sehingga pemilik tidak mengetahuinya. Pantau anjing Anda secara cermat untuk mencari tahu penyebabnya. Jika tidak berhasil, cari bantuan profesional.

Rasa sakit
Sebuah penelitian dari Universitas Barcelona pada Juni 2012 menemukan bahwa rasa sakit adalah salah satu penyebab paling utama dari perilaku agresi yang tiba-tiba muncul pada anjing yang tidak memiliki riwayat perilaku agresif sebelumnya. Jika Anda melihat anjing Anda kesulitan untuk bergerak normal, tidak makan, atau kelihatan tidak sehat, bawalah ke drh untuk diperiksa. Sikap agresi yang muncul padanya mungkin berkaitan dengan rasa sakit yang dialaminya. Hal ini sangat mungkin jika ia menjadi agresif ketika Anda menyentuhnya atau ketika ia harus bergerak.

Melindungi Teritorial
Anjing adalah hewan berkelompok (Pack) dan sudah menjadi naluriah mereka untuk melindungi kelompok dan rumah mereka. Anda mungkin tidak menyadarinya, tetapi sesuatu hal bisa menyebabkan anjing Anda merasa perlu melindungi. Sebagai contoh, tetangga baru yang suka menyapa saat berjalan melewati rumah, tukang koran baru yang masuk ke halaman rumah Anda atau hal lainnya yang bisa menjadi potensi penyebab agresi pada anjing Anda yang mungkin belum tentu Anda sadari atau perhatikan.

foto

Ketakutan
Ketakutan adalah penyebab umum dari sikap agresi anjing. Anjing biasanya memberikan kita banyak tanda saat mereka takut. Mereka membungkuk, menghindari kontak mata dan menjilati bibir mereka. Tetapi tanda-tanda ini mungkin mudah dilewatkan atau tidak disadari oleh Anda. Sebagai contoh, jika anjing Anda takut dengan suara blender yang baru saja Anda beli, ia mungkin akan memberikan bahasa tubuh yang memberikan tanda bahwa ia ketakutan, namun Anda yang sedang berkonsentrasi dengan blender mungkin akan melewatkannya. Sebelum Anda sempat mengetahuinya, ia sudah beralih dari takut menjadi agresif.

Perubahan Rutinitas
Pelatih anjing terkenal Cesar Millan percaya bahwa kurangnya latihan/exercise dapat berkontribusi terhadap sikap agresi, dimana anjing menyalurkan kelebihan energi yang terpendam dalam cara yang negatif. Jika Anda baru-baru ini menerima pekerjaan baru atau hal lainnya yang mengubah rutinitas Anda dimana Anda tidak lagi mempunyai waktu untuk membawa anjing Anda berjalan-jalan atau latihan, hal ini yang kemudian menjadi penyebab sikap agresinya muncul.

foto

Perubahan Lingkungan
Munculnya anjing baru atau orang baru di rumah mungkin menyebabkan anjing Anda yang sebelumnya bersahabat menjadi agresif. Terutama jika orang baru atau anjing baru tsb tidak terbiasa berurusan dengan anjing. Anjing biasanya adaptif dan bisa menerima perubahan dengan cukup mudah, tetapi jika perubahan itu menciptakan gangguan besar, maka anjing Anda akan membentuk hubungan negatif dengan orang baru atau anjing baru tsb. Sebagai contoh, seluruh anggota keluarga tahu bahwa saat anjing Anda sedang makan tidak boleh diganggu, tetapi anjing baru atau orang baru mungkin tidak mengetahui kebiasaan itu. Anjing baru mungkin akan mengendus makanan anjing Anda atau orang baru mungkin dengan polosnya membelai anjing Anda saat sedang makan. Hal yang mungkin tampaknya sepele ini, bisa menyebabkan anjing Anda merasa harus mengaktifkan radar penjagaannya.

Artikel lainnya:
Alasan Anjing Menjilati Bibirnya
Pemahaman Perilaku Agresif pada Anjing by Cesar Millan
Tanda-Tanda Perilaku Agresif dan Jenis-Jenisnya
Kenali Bahasa Tubuh Anjing Anda
Memperbaiki Masalah Anjing: Dimulai dgn Membina Hubungan Anda dan Anjing Anda

Sumber/diterjemahkan dari:
http://dogcare.dailypuppy.com/can-social-dog-become-aggressive-reason-1870.html
foto dari berbagai sumber

Last Edited : 07 Feb 2014 11:56:16
11 Feb 2014 11:47:36
#2
Avatar Christiaan.Nugroho
Christiaan.Nugroho
Total Post : 9
Masalah saya justru kebalikan. Selama ini saya memelihara Rottweiler dan Herder. kalau di sayang-sayang mereka jadi manis-manis, mau dipegang siapa saja. Saya pingin punya anjing yg galak dan penjaga rumah yang baik. Satu2nya yang mendekati harapan itu hanya seekor anjing Kintamani yang pernah saya punya tapi sdh saya berikan teman. Anaknya juga tdk segalak induknya.
11 Feb 2014 23:00:20
#3
Avatar Rottfan1
Rottfan1
Auto Banned
Total Post : 905
@Christiaan.Nugroho
coba lepasin rottie nya sendirian di pekarangan kalo malam atau anda gak ada. karakter rottie itu agressive kalo gak ada yang punyanya berani masuk teritorinya. Aku juga dulu mikir gitu pas rottie aku gak pernag gonggongin orang, di pegang orang asing dr luar pagar mau aja, jinak.. Itu krn dia selalu nyariin aku, gak mungkin dia mau di tempat yang aku gak ada, pas sadar aku gak ada langsung nyariin, ditutup di pekarangan dia nubruk teralis dan berkaing2 jadi aku buka lagi. Aku selalu ada di dekat dia dan pas itu emang di belakangnya. aku belum lepas sendirian krn masih 4 5 bulanan, masih kecil, tp udah mau aku lepas dan latih sendirian itu beda dengan di cuekin. bukan artinya gak di sayang pemiliknya, ada kayaknya artikel di andi ttg ini
karakter masing2 anjing pasti berbeda2 dalam satu litternya. Dari yang paling dominan sampe kebalikannya. Semua tergantung cara latihan dan sosialisasinya sedini mungkin
Last Edited : 03 Mar 2014 01:36:55
24 Jul 2014 11:04:40
#4
Avatar angelkwan
angelkwan
Total Post : 1
selamat siang, anjing saya suka mengigit ekornya. kalo ada tamu, dia langsung mengigit ekornya sendiri.. semakin lama luka diekor semakin parah.. dan dia menjadi galak terhadap orang2 disekitarnya.. sampai sudah di bawa ke dokter hewan pun, dokter tidak bisa menjinakannya, mau dibius pun sulit... apa yang harus saya lakukan ya? bagaimana cara mengobatinya.. kalo disentuh saja dia sudah mengeram..
activate javascript
28 Jan 2015 16:34:54
#5
Avatar kisel.sembiring.366
kisel.sembiring.366
Total Post : 1
sore mas .saya puny pitbul baru beli ,,,saya sangat sayang sama dia .cuma yang buat saya kesel dia suka membunuh anjing lain seperti anjing kampung ...sangking saya marahnya saya pukuli deh anjing pitbul gw .yang lebih sadis saya juga potong ekor anjing pitbull gw ...tapi tetap aja dia .gada kapok kapoknya ...dia sampe sekarang masih mau to gigit anjing gmnaa ya solusinya untuk menghindari hal tsb ...trims
09 Apr 2015 23:10:26
#6
Avatar Christo.Pdg
Christo.Pdg
Total Post : 1
Hallomas, saya punya malinois,golden n mix american bulldog,yg aneh knapa malinois saya tiba2 galak kalo liat tmennya makan padahal biasanya gk gtu, trs sekarang juga jadi agak gaalakaan, mohon bantuannya master2. Thx
18 Jul 2015 11:56:26
#7
Avatar Ksa.Sbyind
Ksa.Sbyind
Total Post : 1
Cara menjinakkan anjing terhadap orang baru gimana ya? Karena setia ada tamu datang kerumah. Selalu Anjing saya tidak berhenti2 menjenggong. Tolong solusinya. Terima kasih
23 Oct 2015 05:20:21
#8
Avatar Intan.Felani
Intan.Felani
Total Post : 1
Hallo mau nanya info nih....saya ada anjing kintamani dia galak sm orng ga di kenal sama saya dan staff saya dia sayang sekali suka nangis klo di tinggal pergi...tapi kenapa ya sejak habis di kebiri dia jadi galak dan masih berusaha untuk menaiki anjing husky perempuan saya..siapapun yg dekat husky dia marah dan sekarang suka gigit orng2 yg dia sayang selama ini...seperti dia hilang ingatan ga kenal lagi ke kita dan ga nice lagi
Terima kasih
23 Sep 2016 22:34:00
#9
Avatar nicolasmogot49
nicolasmogot49
Total Post : 1
Saya punya anjing labrador, saya memeliharanya dari kecil saat kecil anjing tersebut bisa bersahabat dengan siapapun namun baru-baru ini sikapnya berubah menjadi tempramen, tidak tenang, tidak bisa dipegang-dipegang.
Apakah ada yang memiliki saran ataupun masukan?
Terima Kasih.
13 Nov 2016 22:26:00
#10
Avatar anjing-dijual468257
anjing-dijual468257
Total Post : 1
Saya mau tanya, anjing saya mmg agak hyper active, tapi dia tidak pernah ketakutan dgn manusia. hr ini dia sangat banyak aktivitas dan bahkan dia hari ini sgt bnyk berlari. saat malam saya menggoda nya dgn suara2, tiba2 dia melihati saya dgn sangat dan tiba2 menjadi histeris ketakutan (spt anjing yg terjepit) itu kenapa ya? apakah itu juga ketakutan?
26 Jan 2017 07:19:26
#11
Avatar abas.basti24
abas.basti24
Total Post : 1
Anjing ku sepasang, jadi yg betina lagi mens trus tak pisahin (dimasukin kandang secara bergantian).. Tapi kok anjing yg jantan, malah galak brani buat nyerang? Padahal sebelumnya baik.baik aja. Mohon komentarnya mas/mbak.. Tengkyu
30 Dec 2017 10:01:48
#12
Avatar mariapalupi1406
mariapalupi1406
Total Post : 2
saya mau tanya anjing saya ini galak kalo soal makanan bahkan sering menggeram memperlihatakan giginya bahkan tak segan2 untuk menggigit, dan pernah bertengkar dengan anjing saya yg satunya. bagaimana cara menenangkannya ya? mohon bantuannya

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.