INFO Komunikasi Lebih Lancar & Pasti Sampai via Email ke AnjingDijual@gmail.com (Prioritas, dibalas lebih cepat!)
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
06 Feb 2014 11:47:47
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Breed Of This Week : Saint Bernard

foto

Saint Bernard adalah anjing yang berukuran sangat besar, kuat, dan secara proporsional tinggi. Kuat dan berotot baik, adalah kualitas yang diperlukan untuk anjing seperti Saint Bernard yang harus menempuh perjalanan bermil-mil di salju yang tebal. Bulunya terdiri dari 2 jenis, yaitu kasar dan halus, kedua jenis bulu sangat padat dan muncul dalam warna putih dengan marking coklat, merah, mahogany, brindle, dan hitam, semua dalam berbagai kombinasi. Pada jenis bulu kasar, bulunya lebih panjang sedikit dan ada bulu-bulu di bagian paha dan kaki.

Saint Bernard adalah anjing yang kalem, easygoing, lembut dan sabar disekitar anak-anak, meskipun tidak terlalu aktif. Jenis ini ditujukan untuk keluarga dan bersedia untuk menyenangkan. Kadang bisa keras kepala.

foto
Saint Bernard awalnya digunakan sebagai anjing search and rescue para wisatawan hilang di negara asalnya

Negara asal : Swiss
Jenis Family : livestock dog, sheepdog, mastiff
Tahun Asal : Abad pertengahan
Awalnya berguna sebagai : penarik gerobak, search and rescue
Saat ini berguna sebagai : companion
Ukuran rata-rata Jantan : Tinggi 69.8 cm. Berat 54.4-90.7kg .
Betina : Tinggi 63.5cm. Berat 54.4-90.7kg.
Nama lain: St. Bernhardshund, Alpine mastiff

foto


Tingkat energi : rendah
Kebutuhan akan latihan/Exercise : rendah
Tingkat keaktifan : cukup aktif
Keramahan terhadap anjing lain : ramah
Keramahan terhadap hewan peliharaan lain : sangat ramah
Keramahan terhadap orang asing : ramah
Kemudahan untuk dilatih : cukup mudah dilatih, tetapi gampang lelah
Kemampuan Watchdog : rendah
Kemampuan Melindungi / Protection : tidak terlalu protektif
Kebutuhan Grooming : sedang
Toleransi terhadap dingin : tinggi
Toleransi terhadap panas : rendah

foto

Perawatan dan Kesehatan
Anjing Saint Bernard membutuhkan latihan setiap hari untuk menjaganya tetap fit. Kebutuhannya bisa dipenuhi dengan jalan kaki jarak sedang dan berlari pendek. Sebaiknya dibesarkan di outdoor, untuk menghindari permukaan yang licin. Puppy yang tinggal di indoor dan kelebihan berat badan lebih rentan terhadap masalah pinggul. Anjing ini menyukai cuaca yang dingin dan kurang baik dengan cuaca panas. Jenis ini biasa tinggal di outdoor dengan cuaca sedang ke dingin, tetapi yang paling baik jika dibolehkan memiliki akses untuk ke dalam rumah dan ke halaman. Bulunya baik panjang atau pendek, perlu disikat setiap minggu, dan lebih sering ketika masa rontok/shedding. Semua anjing Saint Bernard berliur.

Major concerns untuk masalah kesehatan : CHD, gastric torsion, entropion, ectropion, distichiasis, elbow dysplasia, osteosarcoma
Minor concerns untuk masalah kesehatan : OCD, diabetes, heart conditions, cardiomyopathy, pyotraumatic dermatitis
Masalah kesehatan yang jarang terlihat : epilepsy
test kesehatan yang disarankan : hip, elbow, cardiac, eye
Lama usia : 8-10 tahun
catatan: Saint Bernard tidak bisa mentolerir panas dengan baik

Sejarah Asal Mula
Saint Bernard mungkin berasal dari anjing Roman Molossian, tapi tidak sampai antara tahun 1660 dan 1670 ras ini dikembangkan untuk menjadi anjing luar biasa yang bertanggung jawab menyelamatkan banyak nyawa. Pada sekitar waktu tersebut, anjing-anjing besar ini pertama kali tiba di St. Bernard Hospice, sebuah tempat berlindung untuk wisatawan yang melintasi antara Swiss dan Itali. Ras Saint Bernard awalnya datang untuk membantu menarik gerobak dan untuk memutarkan alat yang digunakan untuk memanggang makanan pada jaman itu dan juga digunakan sebagai anjing pengawas atau teman peliharaan, namun para biarawan tidak lama kemudian mengetahui bahwa anjing Saint Bernard bisa mencari jejak dibalik salju yang tebal.

foto

Anjing-anjing yang mahir pun ditempatkan di lokasi wisatawan yang hilang. Ketika anjing ini menemukan seseorang, ia akan menjilati wajah dan berbaring disampingnya, untuk menghangatkan dan menyelamatkan orang tsb. Anjing-anjing ini terus bertugas melakukan pekerjaan mulia ini selama tiga abad, menyelamatkan lebih dari 2,000 nyawa. Yang paling terkenal dari semua Saint Bernard adalah Barry, yang sangat berjasa karena telah menyelamatkan 40 nyawa. Sebelum kematian Barry, anjing-anjing tsb dikenal dengan beberapa nama, termasuk nama hospice dog, tetapi setelah kematian Barry, anjing-anjing tersebut dipanggil Barryhund untuk menghormatinya.
foto
Anjing Barry yang ada di Natural History Museum of Bern

Pada awal 1800an, banyak anjing yang hilang karena cuaca yang sangat buruk, penyakit, dan perkawinan sedarah/inbreeding. Beberapa anjing yang tersisa disilangkan dengan ras Newfoundland tahun 1830. Sebagai hasilnya, jenis Saint Bernard berbulu panjang pertama muncul. Meskipun kelihatannya bulu panjang dapat membantu anjing di salju yang dingin, tetapi kenyataannya kondisi bulu panjang ini malah menghambat anjing karena es salju menempel pada bulunya. Karenanya, anjing jenis bulu panjang ini tidak dapat digunakan untuk tugas penyelamatan.

Anjing Saint Bernard pertama kali datang ke Inggris sekitar tahun 1810 dan disebut dengan banyak nama berbeda, diantaranya adalah sacred dog (anjing suci). Tahun 1865, nama Saint Bernard sudah umum digunakan dan menjadi nama resmi ras ini tahun 1880. Pada waktu tsb, Saint Bernard sangat populer. Meskipun sejak itu popularitas sempat turun naik, namun Saint Bernard tetap menjadi salah satu anjing raksasa paling populer.



Sumber:
http://www.animalplanet.com
http://www.dogbreedinfo.com


Last Edited : 13 May 2014 12:38:29

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.