INFO Komunikasi Lebih Lancar & Pasti Sampai via Email ke AnjingDijual@gmail.com (Prioritas, dibalas lebih cepat!)
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
01 Feb 2014 11:31:35
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Breed Of This Week : Dogo Argentino

foto

Dogo Argentino adalah anjing super kuat, besar, berotot, dan energik. Bulu tebal, halus, mengkilap, berwarna putih dan single coat. Ia merupakan tipe anjing yang memiliki tingkat aktifitas yang tinggi dan memerlukan pekerjaan untuk dilakukan. Anjing Dogo Argentino memiliki prey drive yang tinggi, insting melindungi yang kuat, dan sifat alami teritorial. Karena itu tidak cocok untuk pemilik yang masih pemula atau kurang berpengalaman. Kadang-kadang beberapa Dogo bisa memiliki spot hitam di kepala yang dikenal dengan "pirata".

Anjing Dogo adalah anjing yang memiliki kekuatan sekaligus kepribadian yang luar biasa. Ia merupakan anjing penjaga rumah dan keluarga yang hebat dan anjing pemburu yang cekatan. Dibalik sosok yang kuat dan cekatan, ia juga memiliki pribadi yang menyenangkan, setia, dan sangat cerdas. Dogo sangat mudah dilatih jika pemilik konsisten dan memberikan cinta disertai dengan sikap yang tegas. Dogo Argentino bukan jenis ras yang cocok untuk semua orang. Dengan pemilik yang tepat, anjing dominan seperti Dogo bisa menjadi patuh dan baik terhadap semua manusia dan binatang. Jenis ini membutuhkan seorang pemilik yang bisa memperlihatkan pack leader atau kepemimpinan yang tegas, percaya diri dan konsisten. Ia membutuhkan aturan yang harus diikuti dan batasan-batasan yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Dogo baik dengan hewan peliharaan lain jika mereka dibesarkan bersama sejak kecil. Sosialisasi dini sangat penting untuk ras ini.
foto


Negara asal : Argentina
Jenis Family : Mastiff
Tahun Asal : 1900-an
Awalnya berguna sebagai : anjing pemburu dan penjaga
Saat ini berguna sebagai : anjing pemburu, penjaga, pengawas, anjing SAR, anjing polisi, deteksi narkoba, anjing militer, anjing pemandu, anjing terapi, anjing kompetisi kepatuhan, tracking dan Schutzhund
Ukuran rata-rata Jantan : Tinggi 61-69 cm. Berat 36-45 kg
Betina : Tinggi 61-69 cm. Berat 36-45 kg
Nama lain: Argentina Mastiff, Argentina Dogo

Tingkat energi : tinggi
Kebutuhan akan latihan/Exercise : tinggi
Tingkat keaktifan : cukup aktif
Keramahan terhadap anjing lain : pemalu
Keramahan terhadap hewan peliharaan lain : pemalu (kecuali jika sudah dibesarkan bersama sejak kecil)
Keramahan terhadap orang asing : pemalu
Kemudahan untuk dilatih : cukup mudah dilatih dan latihan wajib dilakukan
Kemampuan Watchdog : Tinggi
Kemampuan Melindungi / Protection : Tinggi
Kebutuhan Grooming : rendah
Toleransi terhadap dingin : rendah
Toleransi terhadap panas : medium

foto


Perawatan dan Kesehatan
Anjing Dogo membutuhkan latihan setiap hari. Mereka harus dibawa jalan atau jogging jauh setiap hari. Akan sangat baik jika ia memiliki halaman yang cukup besar untuknya bermain. Dogo termasuk anjing yang sangat senang jika bisa berdekatan dengan keluarganya.

Dogo Argentino termasuk ras anjing yang tidak terlalu banyak memiliki masalah kesehatan. Kondisi yang pernah terlihat pada ras ini meliputi hypothyroidism dan tuli. Dogo juga bisa rentan terhadap glaucoma dan laryngeal paralysis. Dan, sama seperti ras besar lainnya, Dogo bisa mengalami hip dysplasia. Lama usia : 10-12 tahun.

Bulu pendek dan single coat seperti Dogo sangat mudah dirawat. Sikat bulu seminggu sekali. Dogo memiliki tingkat kerontokan yang sedang.

Sejarah asal mula
foto

Dogo Argentino berasal dari impian seorang pemuda berusia 17 tahun, Antonio Nores Martinez dari Argentina yang ingin menciptakan jenis anjing pemburu binatang besar yang cocok untuk segala medan di negaranya, yaitu pengunungan terjal dan dataran yang berbatu. Dimulai dari mengawinkan ras Fighting Dog of Cordoba (sekarang sudah punah) dengan beberapa ras lain untuk meningkatkan tinggi, kemampuan penciuman, kecepatan, insting berburu dan sifat supel. Anjing yang diinginkan Norez adalah anjing yang serbaguna, mampu berburu binatang besar, mengusir hama dan menjaga properti.

foto

Norez ingin membiakkan Cordoba dog yang memiliki kemampuan berkelahi dan menggantinya dengan kemampuan berburu. Untuk itu tahun 1927, ia mulai dengan 10 anjing betina Cordoba, mengawinkannya dengan ras Pointer, Boxer, Great Dane, Bull Terrier, Bulldog, Irish Wolf Hound, Dogue de Bordeaux, Great Pyreness, Spanish Mastiff untuk menciptakan anjing ideal yang diinginkannya. Ia menuliskan standar untuk ras ini tahun 1928. Pemburu di Argentina dan Amerika selatan lainnya mulai menggunakan anjing ini untuk melacak jejak babi hutan untuk jarak yang jauh, kemudian menyudutkan mangsa yang ditemukan dan menahannya sampai pemburu tiba. Sayangnya, Norez Martinez tewas dalam upaya perampokan sebelum ia bisa melihat ras yang dihasilkannya diakui oleh Cynologic Federation of Argentina and Argentina Rural Society tahun 1964. Argentina Kennel Club Mengakui ras ini tahun 1973.

Sekarang ini, anjing Dogo Argentino telah aktif dalam banyak kegiatan selain berburu. Mereka telah bekerja sebagai anjing militer dan polisi, anjing pemandu, anjing terapi, anjing search and rescue, dan telah berpartisipasi dalam kompetisi kepatuhan (obedience), schutzhund dan tracking. Dogo Argentino Club of Amerika didirikan pada 1985.




Sumber/diterjemahkan dari:
http://www.animalplanet.com
http://www.dogbreedinfo.com/dogo.htm
http://www.vetstreet.com/dogs/dogo-argentino
foto dari berbagai sumber

Last Edited : 13 May 2014 12:31:34
02 Feb 2014 00:52:46
#2
Avatar 013005
013005
Total Post : 3
Apa benar dogo itu ada yang old type dan new type??
10 Feb 2014 15:37:17
#3
Avatar Batagoririe
Batagoririe
Total Post : 3
Maksudnya old type new type gimana?
15 Feb 2014 10:03:54
#4
Avatar Rottfan1
Rottfan1
Auto Banned
Total Post : 905
maksudnya apa ras asli dr dulunya atau gak kali yah?
rottweiler udah ada sejak jaman romawi kuno, dipake buat narik grobak farming, wrengling and cattling, nenek moyangnya di duga dr awal mastiff atau anjing yg di pake suku hun dr asia, perkawinan silang dan jadi rottie. dobbermen itu rekayasa genetica dr rottie. mini pincher dr dobbermen.
Yang termasuk baru yah american bully dan bull terrier, keduanya hasil mix dari pittbull dan beberapa jenis anjing lain. Pittbull sendiri kalo gak salah berumur 300 tahun, mix bulldog dan terrier. Poodle aja banyak jenisnya sekarang ada 60 an. Selain rottie, husky juga umurnya ribuan tahun. manusia terus merekaya genetika. ini bagus gak yah? rekayasa genetika maksudnya. dogo besar deh, aku pernah lihat di video cedar milan, sm anjing laen agressive kebanyakan. dogo termasuk baru, lebih muda dari pittbull berdasar data artikel di atas smile

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.