Komunikasi Lebih Lancar & PASTI sampai via email ke anjingdijual@gmail.com | Fitur Baru! Sundul Iklan via E-mail, Praktis & GRATIS!
AnjingDijual.com
Buat Thread Baru Kirim Komentar
28 Jan 2014 11:42:56
#1
Avatar Nikita
Nikita
Total Post : 842

Kehamilan Palsu pada Anjing

foto

Kehamilan palsu atau Pseudopregnancy, adalah istilah yang digunakan untuk sebuah kondisi dimana anjing betina yang tidak hamil menunjukkan gejala-gejala kehamilan, mengalami masa menyusui tanpa menghasilkan anak anjing. Anjing betina yang mengalami kondisi ini memperlihatkan gejala-gejala ini sekitar satu atau dua bulan setelah masa haidnya selesai. Ketidakseimbangan hormon diperkirakan berkaitan besar dengan kondisi ini. Tergantung tingkat keparahannya, gejala-gejala tsb mungkin berlangsung selama lebih dari sebulan.

Gejala-gejala yang muncul pada kehamilan palsu
- Perubahan perilaku
- Anjing betina yang tidak hamil dapat menunjukkan gejala-gejala aktifitas seperti anjing hamil
- Gelisah
- perut membesar
- kelenjar susu membesar
- muntah
- depresi
- hilang nafsu makan
- keluarnya air atau cairan kecoklatan dari kelenjar susu

Penyebab hamil palsu pada anjing
Penyebab pasti untuk kondisi ini tidak diketahui. Namun, ketidakseimbangan hormon, terutama progesterone dan prolaktin, diperkirakan memainkan peran penting dalam perkembangan kondisi ini. Beberapa anjing betina ditemukan menunjukkan gejala-gejala abnormal seperti ini pada kurun waktu tiga atau 4 hari setelah menjalani operasi pengangkatan indung telur dan rahim (ovariohysterectomy)

foto

Diagnosis
Anda harus memberikan histori detail tentang kesehatan anjing Anda dan kapan munculnya gejala tsb. Vet akan melakukan beberapa pemeriksaan fisik secara menyeluruh untuk mengevaluasi seluruh sistem tubuh dan kesehatan anjing Anda secara keseluruhan. Tes darah rutin mencakup pemeriksaan darah lengkap, profil biokimia dan urinalisis (tes urin), yang biasanya memperlihatkan hasil yang normal, kecuali ada penyakit yang mendasarinya. Dan, diagnosis dengan X-ray dan USG digunakan untuk mencari tahu apakah ada infeksi rahim atau kehamilan normal.

Pengobatan
Kecuali gejala terus berlangsung, pengobatan untuk kondisi ini biasanya tidak diperlukan. Kalau tidak, biasanya vet akan menyarankan untuk suplemen hormonal atau ovariohysterectomy (pengangkatan ovarium dan rahim) untuk mencegah kondisi ini berlanjut lebih jauh.

Hal yang bisa dilakukan dirumah
Untuk mengurangi sekresi pada kelenjar susu, vet akan menyarankan Anda untuk menggunakan cold atau warm packs untuk meminimalkan rangsangan yang mendorong laktasi (laktasi = produksi, sekresi dan pengeluaran asi). Elizabeth collar (cone) juga dapat membantu mencegah anjing dari perilaku menjilat puting yang bisa merangsang laktasi. Pada beberapa pasien, mengurangi asupan makanan harian bisa membantu mengurangi produksi susu.

Bagi pemilik yang tidak berencana untuk mengawinkan anjingnya dan tidak ingin anjing betinanya melahirkan di masa depan, maka ovariohysterectomy direkomendasikan untuk mencegah terjadi kembali hamil palsu di masa depan. Prognosis secara keseluruhan baik dan sebagian besar anjing akan membaik dalam waktu dua atau tiga minggu, bahkan tanpa pengobatan.

Catatan:
hamil palsu berbeda dengan hamil anggur. Hamil anggur atau Mola Hidatidosa adalah kehamilan abnormal berupa tumor jinak yang terbentuk akibat kegagalan pembentukan janin. (dikutip dari http://id.wikipedia.org/wiki/Mola_hidatidosa)


Sumber/diterjemahkan dari:
http://www.petmd.com/dog/conditions/reproductive/c_dg_false_pregnancy
foto dari berbagai sumber

Last Edited : 28 Jan 2014 11:57:56
20 May 2015 14:59:50
#2
Avatar ayukyurisa
ayukyurisa
Total Post : 2
anjing saya shih zhu dy kawin tgl 15 maret tp smpe tgl 20 mei blom lahir apakah masa kehamilanna bs 3bln karna ni khamilan pertama dan ttangga saya ad yg sampe hamil 3bln anjingna. trima kasih
03 Jan 2017 17:11:58
#3
Avatar psikel.klaus
psikel.klaus
Total Post : 1
Sy punya rottweiler umur 3 thn, 6 bulan yg lalu dipacak pake pawang tp hamil palsu. Skrg udh mens lg trs dipacak.. Kalo dihitung skrg udh masuk usia 3 minggu semenjak hari pemacakan, gejalanya sama seperti yg pertama; puting membengkak berwarna pink, vagina tetap membengkak, lebih manja. Kira2 apa hamil palsu pada anjing bisa terjadi berturut2?

Kirim Komentar
Mohon maaf, Fasilitas "Post Reply" sedang maintenance untuk performa yg lebih baik. Please come back later.